Shin Tae Yong Desak Piala AFF U-23 Dihapus, Bikin Rugi

Ganggu kompetisi lokal

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, melontarkan kritik pedas kepada Sub-konfederasi Asia Tenggara, AFF. Shin dengan tegas meminta agar Piala AFF U-23 dihapus.

Shin beranggapan turnamen ini merugikan kelangsungan kompetisi lokal negara peserta. Pun, Shin juga kesulitan untuk mempersiapkan tim dan baru mulai pemusatan latihan (TC) pada Kamis (10/8/2023).

"Saya berharap turnamen ini tidak ada lagi ke depannya," kata Shin saat memimpin latihan perdana di Jakarta, Kamis sore.

1. Merugikan banyak pihak

Shin Tae Yong Desak Piala AFF U-23 Dihapus, Bikin RugiPotret Thomas Doll memberikan instruksi kepada pemain Persija saat menghadapi Persikabo, di Stadion Pakansari, Minggu (9/7/2023). (Dok. Persija).

Shin menilai, banyak pihak yang dirugikan dari Piala AFF U-23. Shin juga yang rugi karena dibuat pusing untuk menyiapkan tim. Terlebih, sejumlah klub Liga 1 tak bersedia melepas pemain andalannya karena Piala AFF U-23 tak masuk ke dalam kalender FIFA. Dengan begitu, klub tentu punya landasan kuat untuk tidak melepas pemain.

"Para pemain U-23 pasti banyak yang bermain di Liga 1 dan menjadi pilar inti juga di klub masing-masing. Dengan adanya turnamen ini, ya sebenarnya merugikan kompetisi dan mengganggu perkembangan sepak bola sebuah negara," kata Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Santai 6 Pemain Absen di TC Perdana Timnas U-23

2. Tidak terlalu prestisius

Shin Tae Yong Desak Piala AFF U-23 Dihapus, Bikin RugiVietnam saat menjuarai AFF U-23 2022. (twitter.com/AFFPresse)

Menggelar Piala AFF U-20, Shin setuju. Sebab, di level U-20, pemain butuh pengalaman bertanding di panggung internasional. Pun, tak banyak pemain di kategori usia tersebut yang menjadi pilar utama klub.

Di sisi lain, Piala AFF U-23 tidak bergengsi. Itu alasan Shin bisa lebih santai dalam menyikapi sejumlah klub yang enggan melepas pemain andalannya ke Timnas U-23.

"Untuk U-20 lebih oke, karena mereka harus banyak bertanding dan berpengalaman di turnamen internasional. Tapi, kalau U-23, saya harap tidak ada lagi," ujar Shin.

Baca Juga: 6 Pemain Timnas U-23 Masih Absen Latihan, Sumardji Ngamuk

3. Misi Shin di Piala AFF U-23

Shin Tae Yong Desak Piala AFF U-23 Dihapus, Bikin RugiShin Tae Yong rencanakan TC Timnas Indonesia U-23 bergulir 8 Agustus 2023. (IDN Times/Tino).

PSSI juga tidak memberikan target kepada Shin di Piala AFF U-23. Maka dari itu, dia bakal memanfaatkan ajang ini untuk memberikan jam terbang kepada pemain yang belum pernah tampil bersama Timnas.

"Saya tidak fokus di Piala AFF U-23. Paling, melalui turnamen ini saya mau mencari pemain-pemain baru saja," kata Shin.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya