Shin Tae Yong Girang Dapat Pemain Naturalisasi Baru Buat Timnas

Nathan, Thom, dan Ragnar bisa tampil lawan Vietnam?

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia berpotensi diperkuat sejumlah pemain naturalisasi baru saat melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024 mendatang. Kedatangan mereka membuat pelatih Shin Tae Yong yakin Timnas bisa meraih hasil maksimal.

Saat ini, baru Nathan Toe-A-On yang sudah diambil sumpah dan diurus administrasi perpindahan federasinya. Sementara, Ragnar Oeratmangoen dan Thom Haye masih ditunggu prosesnya dan diharapkan bisa pula disertakan dalam skuad. Tapi, sebenarnya nama mereka sudah masuk ke dalam 28 daftar pemain yang dipanggil Shin.

"Saya berterima kasih atas usaha dari Ketua Umum PSSI (Erick Thohir) dan pemerintah Indonesia yang menambah pemain-pemain berdarah Indonesia untuk menjadi bagian Timnas," kata Shin usai bertemu Erick Thohir, Rabu (13/3/2024).

Baca Juga: Paes Bisa Main Juni, Naturalisasi Thom dan Ragnar Tuntas 13 Maret

1. Shin akan maksimalkan skuad yang ada

Shin Tae Yong Girang Dapat Pemain Naturalisasi Baru Buat TimnasJay Idzes (instagram.com/pssi)

Juru taktik asal Korea Selatan itu juga memanggil bek Venezia, Jay Idzes yang sudah menyandang status WNI sejak Desember 2023 lalu. Kehadirannya pun membuat Shin tersenyum lebar.

"Saya akan memaksimalkan kekuatan tim yang ada," kata Shin.

2. Kondisi pemain Timnas siap tempur

Shin Tae Yong Girang Dapat Pemain Naturalisasi Baru Buat TimnasTimnas Indonesia lawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Pekan lalu, Shin juga terbang ke Eropa untuk mencari pemain keturunan di Eropa. Dalam tugasnya, Shin meluangkan waktu untuk menonton laga anak-anak asuhnya.

Pemain yang ditemui adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, Sandy Walsh, hingga Marselino Ferdinan. Shin menyebut mereka dalam kondisi yang siap tempur.

"Secara keseluruhan kondisi pemain bagus. Beberapa pemain yang saya temui di Eropa, juga dalam keadaan terbaik," ujar Shin.

3. Menanti kepastian Thom dan Ragnar

Shin Tae Yong Girang Dapat Pemain Naturalisasi Baru Buat TimnasThom Haye dalam sebuat pertandingan SC Heerenveen di Eredivisie musim 2022/23. (Instagram.com/thomhaye)

Shin memang sudah menegaskan bakal memanfaatkan jasa pemain yang ada. Namun, kehadiran Thom dan Ragnar tentunya cukup dibutuhkan.

Masih menjadi tanda tanya, kapan keduanya bisa dinaturalisasi. Cukup krusial, apalagi proses pendaftaran pemain untuk laga lawan Vietnam makin mepet.

Setelah dinaturalisasi pula, Thom dan Ragnar perlu diurus kepindahan federasinya. Jadi, sampai sekarang belum pasti pula keduanya bisa main saat melawan Vietnam, 21 Maret 2024 nanti.

Baca Juga: Vietnam Sindir Proyek Naturalisasi Timnas: Lawannya Belanda?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya