Shin Tae Yong: Ini Komedi, Bukan Pertandingan Sepak Bola

Shin merasa Timnas U-23 dicurangi wasit kontra Qatar

Jakarta, IDN Times - Pelatih Shin Tae Yong tak bisa menahan amarahnya selepas Timnas Indonesia U-23 keok 0-2 dari Qatar di Piala Asia U-23 2024, Senin (15/4/2024). Shin murka karena merasa wasit cenderung memihak tuan rumah.

Juru taktik asal Korea Selatan itu geleng-geleng kepala dengan keputusan kontroversial wasit Nasrullo Kabirov. Penalti yang didapat Qatar, serta kartu kuning kedua kepada Ivar Jenner dirasa konyol.

"Jika anda menontonnya, ini bukan pertandingan sepak bola. Ini seperti komedi," kata Shin Tae Yong selepas laga.

1. Ivar Jenner tidak layak kartu merah

Shin Tae Yong: Ini Komedi, Bukan Pertandingan Sepak BolaIvar Jenner (Instagram/ivarjnr)

Shin mengklaim Ivar tidak layak mendapat kartu kuning kedua. Sebab, tak ada kontak dalam insiden tersebut. Yang disesalkan, wasit tidak meninjau Video Assistant Referee (VAR) dalam mengambil keputusan krusial.

"Saya tidak mengerti. Kartu merah pertama yang kami dapatkan itu tidak ada kontak sama sekali. Untuk apa adanya VAR kalau tidak digunakan?" kata pelatih 53 tahun tersebut.

Baca Juga: Wasit yang Pimpin Duel Timnas U-23 vs Qatar Dirujak Warganet

2. Keuntungan tuan rumah terlalu mencolok

Shin Tae Yong: Ini Komedi, Bukan Pertandingan Sepak BolaTimnas U-23 lawan Qatar di Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI)

Shin juga sempat melampiaskan kekesalannya di pinggir lapangan. Shin melayangkan protes keras kepada Nasrullo saat Witan Sulaeman dilanggar dengan keras dari belakang oleh Saif Eldeen.

Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu tak menampik tuan rumah selalu mendapat keuntungan tersendiri. Namun, ini terlalu mencolok. 

"Tentu akan ada keuntungan sebagai tuan rumah. Namun, ini terlalu berlebihan. Saya tidak punya kata-kata untuk itu. Hal seperti ini seharusnya tidak boleh terjadi di level Asia," kata Shin.

3. Timnas U-23 pantang menyerah

Shin Tae Yong: Ini Komedi, Bukan Pertandingan Sepak BolaPelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong hadiri jumpa pers jelang laga Grup A Piala Asia U-23 Qatar, Minggu (14/4/2024). (Dok. PSSI).

Kendati dirugikan wasit, Shin menyatakan Timnas U-23 tak menyerah. Garuda Muda akan berjuang untuk mendapatkan hasil manis kala bersua Australia, Kamis (18/4/2024) meski tanpa Ivar dan Ramadhan Sananta yang juga mendapat kartu merah.

"Semoga, ke depannya kita tidak melihat pertandingan seperti ini lagi. Saya mengatakan kepada pemain, mereka telah melakukan pekerjaan bagus di lapangan hari ini. Kami tidak boleh kehilangan kepercayaan diri," ujar Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Ngarep Hubner dan Nathan Susul Timnas U-23

Topik:

  • Satria Permana
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya