Shin Tae Yong Kelelahan Tangani 2 Tim Sekaligus

Shin Tae Yong harus bolak-balik Solo-Surabaya

Jakarta, IDN Times - Shin Tae Yong akhirnya merasakan dampak dari kesibukannya sepanjang September 2023. Dia kelelahan, karena harus menangani dua kategori Timnas Indonesia, U-23 dan senior.

Shin harus bolak-balik Surabaya-Solo. Itu karena tim senior bakal menghadapi Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo dan Timnas U-23 mengarungi Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan.

"Jujur, tubuh saya sekarang kelelahan karena perjalanan lumayan jauh, antara Solo dan Surabaya," kata Shin dalam jumpa pers jelang hadapi Turkmenistan, Kamis (7/9/2023).

1. Capek Shin Tae Yong terbayarkan

Shin Tae Yong Kelelahan Tangani 2 Tim SekaligusPemain Timnas Indonesia latihan di Stadion Sriwedari jelang kualifikasi Piala AFC U-23. (IDN Times/Larasati Rey)

Kendati lelah, Shin merasa senang dengan kesibukannya tersebut. Itu karena Timnas U-23 mengalami perkembangan yang signifikan, jelang menghadapi Taiwan dan Turkmenistan di Grup K Kualifikasi Piala Asia.

"Tapi, hati dan mental saya tetap senang karena Timnas U-23 itu perkembangannya luar biasa," ujar Shin.

Baca Juga: Jelang Lawan China Taipei, Timnas Indonesia U-23 Fokus Pada Taktik

2. Beban Shin diringankan asisten pelatih

Shin Tae Yong Kelelahan Tangani 2 Tim SekaligusPelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae Yong di Piala Asia U-20. (Dok. AFC).

Beruntung, beban Shin diringankan Choi In Cheol selaku asistennya. Dalam beberapa kesempatan, Choi menggantikan peran Shin saat memimpin latihan tim senior di Surabaya.

"Saat pertandingan (FIFA Matchday lawan Turkmenistan) coach Shin akan di bench. Namun, untuk latihan memang dipimpin asisten pelatih Choi In Cheol," ujar manajer Timnas, Endri Erawan, saat ditemui di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

3. Lebih utamakan Timnas U-23

Shin Tae Yong Kelelahan Tangani 2 Tim SekaligusPelatih Timnas U-23 Shin Tae Yong bersama Kapten Tim Rizky Ridho. (IDN Times/Larasati Rey)

Kehadiran Choi tentu sangat membantu Shin. Sebab, juru taktik asal Korea Selatan itu lebih mengutamakan Timnas U-23, lantaran mengarungi Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Shin ingin membawa Garuda Muda lolos ke Piala Asia untuk pertama kalinya. Maka dari itu, dia meninggalkan tim senior lebih cepat, jelang menghadapi Turkmenistan pada Jumat (9/8/2023).

"Posisi saya sekarang memang lebih fokus di Timnas U-23," ujar Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Jadi Mata-mata, Turkmenistan Kalem

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya