Shin Tae Yong: Pemain Puasa Saja, Tak Ganggu Persiapan Timnas Kok

Puasa tak halangi persiapan Timnas Indonesia kontra Vietnam

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mempersilakan pemainnya yang beragama Islam tetap menjalankan Ibadah Puasa Ramadan. Dia menilai, ibadah Puasa tak menganggu persiapan tim jelang bentrok dengan Vietnam, Kamis (21/3/2024).

Terlebih, duel melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dilangsungkan pada pukul 20.30 WIB. Jadwal latihan Timnas juga dimulai pada malam hari, guna lebih optimal.

"Ibadah puasa ya berjalan saja, tidak ada masalah," kata Shin Tae Yong selepas latihan, Senin (18/3/2024).

1. Yang penting jaga nutrisi

Shin Tae Yong: Pemain Puasa Saja, Tak Ganggu Persiapan Timnas KokPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Namun, Shin mengingatkan kepada Witan Sulaeman dan kawan-kawan tetap memenuhi nutrisinya. Cukup krusial, karena performa mereka bakal terganggu andai kekurangan nutrisi.

"Secara nutrisi harus dijaga, kami juga memberikan yang terbaik dalam keadaan ini. Pertandingan dua kali ini memang sangat penting bagi kami, jadi pemain pun akan berusaha semaksimal mungkin," kata Shin.

Baca Juga: Pemain Vietnam yang Ledek Timnas Indonesia Rasa Belanda Dicoret!

2. Prediksi duel kontra Vietnam bakal sulit

Shin Tae Yong: Pemain Puasa Saja, Tak Ganggu Persiapan Timnas KokPotret Hokky Caraka saat Timnas Indonesia melawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI).

Selain menjaga nutrisi, skuad Garuda juga dituntut berlatih menjaga fokus. Sebab, Shin meyakini Vietnam bakal menyulitkan Timnas Indonesia di SUGBK.

Mereka datang dengan misi balas dendam setelah dibungkam di fase grup Piala Asia 2023, 19 Januari 2024 lalu. Shin pun meyakini, Vietnam akan menghadirkan kejutan untuk meraih hasil maksimal.

"Sudah dua bulan berlalu sejak kita mengalahkan Vietnam. Mereka pasti mempersiapkan yang terbaik, begitu pun kita. Tentu kedua tim akan menunjukkan yang terbaik di lapangan, kita lihat saja nanti bagaimana hasilnya," ujar Shin.

3. Fokus pemulihan dan kekompakan

Shin Tae Yong: Pemain Puasa Saja, Tak Ganggu Persiapan Timnas KokLatihan Timnas Indonesia di Stadion Madya. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Di sisi lain, Shin harus putar otak karena persiapan yang mepet. Dia berharap tidak ada pemain lagi yang cedera, setelah Jordi Amat, Elkan Baggott dan Yance Sayuri dipastikan absen.

"Kami akan mempersiapkan tim ini untuk melawan Vietnam agar meraih kemenangan. Pastinya ada dampak negatif (absennya Jordi, Elkan dan Yance. Tapi, saya percaya dengan pemain-pemain yang ada di sini," kata pelatih 53 tahun tersebut.

Baca Juga: Shin Tae Yong Sentil Vietnam Soal Sindiran Timnas Bak Belanda

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya