Shin Tae Yong Realistis soal Target Lolos 16 Besar Piala Asia: Sulit

Harus tahan imbang Jepang dan kalahkan Vietnam

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mulai realistis terkait targetnya ke 16 besar Piala Asia 2023. Peluang Pasukan Garuda menipis, usai digilas Irak dengan skor 1-3 pada laga perdananya di Grup D pada Senin (15/1/2024).

Kekalahan ini memang menjadi pukulan telak buat Timnas. Skenario Timnas melaju ke fase gugur kian rumit, karena berada di posisi buncit klasemen Grup D.

"Tapi harus diakui, kekalahan ini memang membuat situasi menjadi lebih sulit bagi kami untuk menuju ke babak 16 besar," kata Shin Tae Yong selepas laga.

1. Tahan imbang Jepang dan kalahkan Vietnam, mampu?

Shin Tae Yong Realistis soal Target Lolos 16 Besar Piala Asia: SulitAksi pemain Timnas Jepang saat menang 4-2 atas Timnas Vietnam dalam laga Grup D Piala Asia 2023 Qatar yang berlangsung di Al Thumama Stadium, Minggu (14/1/2024). (jfa.jp)

Timnas masih harus berjumpa musuh bebuyutannya di ASEAN, Vietnam dan Jepang selaku Raja Asia. Untuk menjaga asa ke fase gugur, Witan Sulaeman dan kawan-kawan minimal membutuhkan empat poin.

Pada dasarnya, Shin memang ingin melaju ke 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik. Namun, setelah gagal mencuri poin dari Irak, Timnas perlu mengalahkan Vietnam dan memaksa Jepang bermain imbang.

"Situasinya menjadi lebih sulit karena kami masih harus menghadapi Vietnam dan Jepang," kata Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Jagokan Korea Selatan Jadi Juara Piala Asia 2023

2. Skenarionya sulit terwujud

Shin Tae Yong Realistis soal Target Lolos 16 Besar Piala Asia: SulitTimnas Indonesia lawan Irak di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Peluang Indonesia memang belum tertutup. Hanya saja, menilik permainan melawan Irak, skenario ini rasanya sulit terwujud karena Timnas loyo di segala aspek.

Pertahanan Timnas begitu rapuh. Kepanikan di lini belakang menghasilkan blunder yang pada akhirnya dieksploitasi Irak. Di sisi lain, meski berhasil menceploskan sebiji gol, lini depan Timnas kurang kreatif untuk menebar ancaman.

Menilik statistik, Timnas hanya mampu melepaskan satu tembakan tepat sasaran dalam 90 menit. Sedangkan, Irak mampu mencetak tiga gol dari lima temban tepat sasaran.

3. Erick Thohir minta Timnas evaluasi

Shin Tae Yong Realistis soal Target Lolos 16 Besar Piala Asia: SulitKetum PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Vietnam menjadi ujian Timnas berikutnya pada 19 Januari 2024 mendatang. Jelang laga nanti, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, meminta lini belakang yang digalang Jordi Amat dan kawan-kawan untuk evaluasi.

"Saya harap tim pelatih me-review hasil hari ini, kita masih optimistis masih bisa merebut poin di laga lawan Vietnam dan Jepang, namanya juga bola itu bundar," kata Erick.

Baca Juga: Ketum PSSI: Tolong Pertahanannya Ya, Timnas Indonesia

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya