Shin Tae Yong Sudah Kantongi Cara Singkirkan Korea Selatan

Shin mengaku kenal Korsel luar dan dalam

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, terlihat santai jelang bentrok dengan Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024, Jumat (26/4/2024). Shin menyatakan sikapnya itu dipengaruhi karena keyakinannya atas pemahaman gaya bermain Korea Selatan.

Maklum jika klaim itu keluar dari mulutnya, lantaran Shin merupakan legenda sepak bola Korea Selatan. Pelatih 53 tahun itu pun pernah memimpin Korea Selatan di berbagai level mulai dari U-20, U-23 dan senior.

"Saya tahu betul Korea Selatan seperti apa," kata Shin.

1. Dulu antar Korea Selatan ke final, kini harus mengalahkan

Shin Tae Yong Sudah Kantongi Cara Singkirkan Korea SelatanPelatih Timnas U-23, Shin Tae Yong. (Dok. PSSI)

Pertemuan antara Timnas U-23 versus Korea Selatan terasa begitu emosional buat Shin. Sebab, pelatih 53 tahun tersebut harus mengalahkan negaranya sendiri.

Kenangan manis yang pernah diukir Shin bersama Korea Selatan menambah bumbu emosional dalam laga nanti. Pada edisi 2016 lalu, Shin pernah mengantarkan Taeguk Warriors ke final Piala Asia U-23.

Namun, misi Shin membantu anak-anak asuhnya mengangkat piala dijegal Jepang. Korea Selatan harus puas dengan status runner-up usai keok lewat drama lima gol, 2-3.

Baca Juga: Duel Timnas U-23 vs Korea Selatan Terlalu Dini Bagi Shin Tae Yong

2. Timnas U-23 tanpa tekanan

Shin Tae Yong Sudah Kantongi Cara Singkirkan Korea SelatanTimnas U-23 lawan Yordania. (Dok. PSSI)

Kendati tahu betul seluk beluk Korea Selatan, Shin enggan sesumbar. Juru taktik kelahiran Yeongdeok itu janji bakal memaksimalkan persiapan agar Timnas U-23 mampu mengukir hasil yang manis.

"Kami cukup santai karena memiliki waktu istirahat satu hari lebih banyak. Kami akan bekerja keras untuk memetik hasil manis saat melawan Korea Selatan nanti," kata Shin.

3. Andai bisa milih, Shin mau jumpa Korea Selatan di final

Shin Tae Yong Sudah Kantongi Cara Singkirkan Korea SelatanKorea Selatan jumpa Timnas Indonesia U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024. (the-afc).

Shin sebenarnya cukup menyesalkan Timnas U-23 harus berjumpa Korea Selatan di perempat final. Dia berharap laga emosional itu tersaji di final Piala Asia U-23 2024. Dengan skenario itu, Shin bisa membuat Indonesia dan Korea Selatan ke Olimpiade.

"Saya sebenarnya ingin ketemu Jepang (di perempat final). Saya ingin ketemu Korea di final, jadi sama-sama lolos Olimpiade," ujar Shin.

Baca Juga: Korsel Ketar-Ketir Jumpa Timnas U-23, Semua Gegara Shin Tae Yong

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya