Shin Tae Yong Ungkap PR Timnas U-23 Jelang Piala Asia

Shin fokus sempurnakan tim

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 masih punya pekerjaan rumah jelang berkiprah di Piala Asia U-23 2024 Qatar. Hal tersebut menjadi fokus pelatih Shin Tae Yong dalam pemusatan latihan (TC) di Dubai selama 10 hari.

TC Garuda Muda sudah berjalan efektif per Selasa (2/4/2024). Rangkaian tersebut akan berlangsung hingga 10 April 2024, dengan melakoni dua kali laga uji coba, yakni bersua Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Setelah itu, Timnas U-23 langsung berkiprah di Piala Asia U-23 pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

Shin ingin memanfaatkan waktu yang sikat semaksimal mungkin demi membenahi kekurangan anak asuhnya. Fokus utamanya adalah membuat Rizky Ridho dan kawan-kawan menjadi tim yang solid.

1. Timnas U-23 harus kompak

Shin Tae Yong Ungkap PR Timnas U-23 Jelang Piala AsiaPotret latihan perdana Timnas Indonesia U-23 di Dubai, Selasa (2/4/2024). (dok. PSSI)

Menilik catatan pada latihan Timnas U-23 perdana pada Selasa, 2 April 2024, Shin menyebut anak asuhnya masih kurang padu. Juru taktik asal Korea Selatan itu pun memakluminya, karena mereka baru berkumpul sehari.

"Kondisi para pemain terlihat baik, tetapi saat di klub tentu mereka mendapatkan taktik (program) berbeda-beda. PR-nya adalah harus satu dan menjadi kompak. Jadi, kami harus fokus untuk menjadi satu kesatuan," kata Shin Tae Yong.

Baca Juga: PSSI: Shin Yakin Bisa Melebihi Target di Piala Asia U-23

2. Gak cari menang dalam uji coba

Shin Tae Yong Ungkap PR Timnas U-23 Jelang Piala AsiaPotret latihan perdana Timnas Indonesia U-23 di Dubai, Selasa (2/4/2024). (dok. PSSI)

Tak pelak, Shin pun tidak mencari kemenangan kala Timnas U-23 menjajal kekuatan Arab (5 April 2024) dan UEA (8 April 2024). Pelatih berusia 53 tahun itu hanya ingin melihat Witan Sulaeman dan kolega bisa bermain kolektif dalam kedua laga tersebut.

"Memang ada dua kali uji coba, tapi kami tidak fokus ke dua pertandingan itu. Fokus kami tetap ke pertandingan pertama di Piala Asia U-23 tanggal 15 April nanti. Jadi, fokus saya saat ini adalah bagaimana meningkatkan kekompakan para pemain selama dua uji coba ini," ujar Shin.

3. Skuad Timnas U-23 segera komplet

Shin Tae Yong Ungkap PR Timnas U-23 Jelang Piala AsiaRafael Struick dan Ivar Jenner (instagram.com/pssi)

Di sisi lain, Shin mendapat kabar baik jelang bersua Arab dan UEA. Itu karena sejumlah pemain yang merumput di luar negeri bisa menyusul lebih cepat ke Dubai.

Ivar Jenner dan Rafael Struick akan bertolak dari Belanda pada hari ini, Rabu (3/4/2024). Kemudian, sehari setelahnya, giliran Pratama Arhan yang menyusul ke Dubai.

Namun, Shin belum bisa memastikan kapan Justin Hubner (Cerezo Osaka) dan Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen) bergabung. PSSI belum mendapat konfirmasi lebih lanjut dari klub mereka.

Baca Juga: Shin Tae Yong soal Kans Timnas di Piala Asia U-23: Saya Bukan Tuhan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya