Skenario Timnas Lolos ke Fase Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Simak caranya Timnas untuk ke fase ketiga

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia sukses mempermalukan Vietnam dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bertandang ke My Dinh National Stadium pada Selasa 26 Maret 2024, skuad Garuda mampu menang telak 0-3.

Gol kemenangan Timnas Indonesia diceploskan Jay Idzes (9'), Ragnar Oratmangoen (23') dan Ramadhan Sananta (90+8'). Kontribusi mereka membantu Timnas untuk berburu runner up Grup F.

Kemenangan ini sekaligus memperlebar asa Timnas Indonesia untuk lolos ke fase ketiga.

1. Harus kalahkan Filipina

Skenario Timnas Lolos ke Fase Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026Selebrasi Ragnar Oratmangoen usai cetak gol debut bersama Timnas Indonesia, Selasa (26/3/2024). (Dok. PSSI).

Timnas tinggal menyisakan dua laga di Grup F, yakni kontra Filipina dan Irak. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan cukup diuntungkan, karena kedua laga tersebut bakal dihelat di Indonesia, pada Juni 2024 mendatang.

Melihat peta persaingan, Timnas hanya butuh mengalahkan Filipina. Dengan begitu, mereka tinggal tutup mata dengan hasil kontra Irak dan tak terpengaruh dengan hasil dari laga tim lain.

Baca Juga: Timnas Indonesia Pecahkan Catatan Buruk 20 Tahun di Hanoi

Baca Juga: Timnas Ciamik, Keberhasilan Program Naturalisasi PSSI

2. Timnas Indonesia nyaman di peringkat kedua Grup F

Skenario Timnas Lolos ke Fase Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026Aksi pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, coba melewati pemain Vietnam. (Dok. PSSI)

Skenario itu berkat Timnas Indonesia yang berhasil menorehkan tujuh poin untuk bertengger di peringkat dua di klasemen sementara Grup F. Hanya posisi runner up yang bisa diperebutkan, karena Irak sudah dipastikan menjadi juara grup dengan koleksi 12 poin.

Kemenangan atas Filipina otomatis membuat Timnas Indonesia menyudahi laga Grup F sebagai runner up. Sebab, torehan 10 poin mustahil dikejar Vietnam yang saat ini hanya mengantongi tiga angka.

3. Bagaimana kalau imbang lawan Filipina?

Skenario Timnas Lolos ke Fase Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026Selebrasi Jay Idzes usai jebol gawang Vietnam, Selasa (26/3/2024). (Dok. PSSI).

Andai hanya mampu imbang kontra Filipina, Timnas Indonesia wajib mengamankan satu poin kala menjamu Irak. Tambahan dua poin wajib mereka amankan, jika tak ingin disodok Vietnam yang masih berpotensi meraih sembilan poin.

Berikut klasemen sementara Grup F, usai Timnas mempermalukan Vietnam.

1. Irak (12 poin, +11 gol)
2. Indonesia (7 poin, +0 gol)
3. Vietnam (3 poin, -3 gol)
4. Filipina (1 poin, -8 gol)

Baca Juga: 3 Catatan dari Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam di Hanoi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya