Skenario Timnas U-20 Lolos ke Fase Gugur Piala Asia

Garuda Muda dibayang-bayangi Irak U-20

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-20 masih berpeluang untuk melaju ke fase gugur Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan. Namun, Garuda Muda harus melewati jalan yang terjal untuk lolos dari Grup A.

Itu karena Hokky Caraka harus melewati ujian berat di laga pamungkasnya. Timnas U-20 wajib meraih tiga poin atas tuan rumah, Uzbekistan, saat berduel di Stadion Istiqlol, Selasa (7/3/2023).

1. Indonesia wajib menang

Skenario Timnas U-20 Lolos ke Fase Gugur Piala AsiaPenggawa Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023. (Dok. AFC).

Kemenangan itu menjadi harga mati bagi Garuda Muda untuk memastikan diri lolos ke fase gugur. Sebab, Indonesia harus bersaing dengan Irak U-20 untuk mengamankan tempat runner-up Grup A.

Irak U-20 menjadi pesaing ketat bagi Indonesia. Itu karena Indonesia dan Irak sama-sama memiliki tiga poin dari dua laga.

Baca Juga: Bersua Uzbekistan, Kekuatan Mental Timnas U-20 Jadi Kunci

2. Seri lawan Uzbekistan juga bisa lolos

Skenario Timnas U-20 Lolos ke Fase Gugur Piala AsiaTimnas U-20 lawan Suriah di Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Pun, jika menang lawan tuan rumah, Indonesia harus berharap Irak U-20 tidak menang lawan Suriah U-20 di laga pamungkasnya. Sebab, Indonesia kalah head to head dari Irak, usai menyerah dengan skor 0-2.

Ronaldo Kwateh dan kolega sebenarnya juga bisa lolos bila duel kontra Uzbekistan berakhir imbang. Dengan syarat, Suriah U-20 harus mengalahkan Irak U-20.

3. Uzbekistan masih sempurna

Skenario Timnas U-20 Lolos ke Fase Gugur Piala AsiaSuporter Indonesia di Piala Asia U-20 Uzbekistan. (Dok. AFC)

Selaku tuan rumah, Uzbekistan menjadi lawan paling berat bagi tim asuhan Shin Tae Yong. Mereka masih sempurna di Grup A, dengan menyapu bersih dua laga dengan kemenangan.

Pun, Uzbekistan juga memiliki pertahanan yang kokoh lantaran selalu mencatat clean sheet dalam dua laga sebelumnya. Tentu, ini menjadi ujian bagi para juru gedor Timnas U-20 untuk unjuk gigi.

Baca Juga: Jelang Duel Lawan Uzbekistan, Timnas U-20 Sudah Lebih Tenang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya