Skuad Timnas U-23 Berpotensi Belum Komplet Kontra UEA dan Arab

Pemain di luar negeri diprediksi baru kumpul 8 April

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 bakal melakoni dua laga uji coba dalam pemusatan latihan (TC) di Dubai. Garuda Muda akan menjajal kekuatan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) jelang berlaga di Piala Asia U-23 pada 15 April hingga 3 Mei 2024 mendatang.

Timnas U-23 dijadwalkan melawan Arab lebih dulu, pada 5 April 2024. Kemudian, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan bakal diuji UEA, tiga hari setelahnya.

"Pada 5 April 2024 lawan Arab Saudi, tiga hari setelahnya lawan UEA," kata Shin Tae Yong saat ditemui di Hotel Le Meridien, tempat Timnas menginap, Senin (1/4/2024).

Baca Juga: Sederet Kontroversi Jersey Timnas Indonesia Milik Erspo

1. TC mulai efektif per 2 April 2024

Skuad Timnas U-23 Berpotensi Belum Komplet Kontra UEA dan ArabSelebrasi Ragnar Oratmangoen usai cetak gol debut bersama Timnas Indonesia, Selasa (26/3/2024). (Dok. PSSI).

Shin bersama 22 pemain yang berkarier di Liga 1 sudah bertolak ke Dubai lebih dulu pada Senin sore (1/4/2024). Karena harus menempuh beberapa jam penerbangan, Timnas baru efektif menggelar TC pada 2 April 2024.

Timnas U-23 tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan tim. Namun, Shin berjanji untuk memaksimalkan tim sebaik mungkin.

"Jujur, waktunya memang kurang. Tetapi, namanya pelatih harus tetap bisa memaksimalkannya. Dengan waktu yang sikat ini, kami harus mencari cara bagaimana membentuk tim lebih menjadi lebih baik harus dimanfaatkan sebaik mungkin," ujar Shin.

2. Pemain di luar negeri bisa ikut uji coba?

Skuad Timnas U-23 Berpotensi Belum Komplet Kontra UEA dan ArabTimnas Indonesia kalahkan Vietnam 1-0 di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Timnas U-23 berpotensi tanpa pemain yang merumput di luar negeri, seperti Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner, Ivar Jenner, Rafael Struick dan Marselino Ferdinan, dalam uji coba pertama. Mereka baru memungkinkan tampil kala jumpa UEA.

Asisten pelatih Timnas U-23, Nova Arianto, sempat menyebut keenam pemain tersebut baru berkumpul pada 8 April 2024. Namun, Shin tak menutup kemungkinan sebagian dari mereka bisa tiba lebih dulu.

"Semua akan kumpul dalam waktu yang berbeda-beda, karena juga dilepas terpisah," kata pria 53 tahun tersebut.

3. Shin belum mau umbar janji

Skuad Timnas U-23 Berpotensi Belum Komplet Kontra UEA dan ArabPotret Shin Tae Yong di pinggir lapangan saat Timnas Indonesia tekuk Vietnam 1-0 di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Mengenai target di Piala Asia U-23, Shin belum mau umbar janji. Sebab, untuk saat ini, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu lebih memilih fokus untuk mematangkan tim demi meraih hasil yang manis.

"Waktu yang singkat ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Saya juga bukan Tuhan, tetapi pasti akan berusaha semaksimal mungkin agar dapat hasil yang baik," kata Shin.

Baca Juga: Liga 1 Ditunda karena Shin Tak Komunikatif dengan Klub?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya