Stamina Timnas Indonesia Loyo untuk Piala Asia 2023

Stamina Timnas lagi digembleng Shin Tae Yong

Jakarta, IDN Times - Kondisi fisik Timnas Indonesia masih menjadi sorotan pelatih Shin Tae Yong dalam pemusatan latihan (TC) di Turki. Stamina Pasukan Garuda dinilai masih kurang untuk bertempur di Piala Asia 2023.

Hal itu diutarakan pelatih fisik Timnas, Shin Sang Gyu. Alhasil, Witan Sulaeman dan kolega harus lebih sering berlatih di gym hotel.

"Saat ini, stamina mereka sangat kurang, penguatan ini sangat penting. Tapi, pemain punya potensi baik, maka dari itu kami latihan di gym terus," kata Shin Sang Gyu dilansir laman resmi PSSI.

1. Perkuat otot kecil

Stamina Timnas Indonesia Loyo untuk Piala Asia 2023Yacob Sayuri saat melatih fisik di gym. (pssi.org).

Demi mengatasi kondisi fisik yang masih di bawah standar, para pemain akhirnya digembleng untuk meningkatkan massa otot kecil. Shin Sang Gyu berjanji akan memaksimalkan latihan tersebut, meski waktunya singkat.

"Salah satunya adalah memperkuat otot-otot kecil. Dalam waktu yang diberikan ini, kami memaksimalkannya, supaya dapat hasil sempurna," ujar Shin Sang Gyu.

Baca Juga: Kaleidoskop 2023: Invasi Naturalisasi ke Timnas Indonesia

2. Tenaganya tidak akan meningkat signifikan

Stamina Timnas Indonesia Loyo untuk Piala Asia 2023Potret latihan Timnas Indonesia di Turki. (pssi.org).

Karena waktu singkat, hasil yang didapat tidak begitu signifikan. Namun, setidaknya berhasil membantu Timnas tak begitu kewalahan di Piala Asia pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang.

"Dalam waktu singkat ini, memang sulit juga untuk meningkatkan tenaganya secara langsung. Tapi, memang otot-otot kecil yang dikembangkan, akan berdampak ke stamina pemain sekarang," kata Shin Sang Gyu.

3. Biar enggak loyo, jangan makan mi instan

Stamina Timnas Indonesia Loyo untuk Piala Asia 2023Marselino Ferdinan saat latihan bersama Timnas Indonesia di Turki. (pssi.org).

Saat Timnas sedang fokus meningkatkan fisik, Marselino Ferdinan justru viral di media sosial. Itu karena Marselino mengunggah foto sedang memasak mi instan. Sikap konyol itu langsung memancing kemarahan Shin Tae Yong. Asisten pelatih Timnas, Nova Arianto, menyebut Shin langsung menyemprot semua pemain.

"Itu sudah kena tegur coach Shin. Tidak hanya pemain yang bersangkutan, tetapi semuanya. Semua pemain langsung diingatkan untuk menjaga kondisinya, karena kami sudah kerja keras selama di Turki. Kondisi jangan sampai hilang gara-gara asupan yang tidak baik," kata Nova saat dihubungi IDN Times.

Baca Juga: TC di Turki, Pemain Timnas Indonesia Viral Seduh Mi Instan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya