Thom Haye: Proses Naturalisasi Lama, tapi Sekarang Saya Senang

Tanding, terbang ke Indonesia, lalu ambil sumpah

Jakarta, IDN Times - Thom Haye begitu lega setelah merampungkan proses naturalisasinya, pada Senin (18/3/2024). Di tengah jadwal pertandingan yang padat, butuh perjuangan panjang bagi dia mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI)

Thom harus langsung melakukan penerbangan ke Jakarta usai membela SC Heerenveen bersua Go Ahead Eagles, Senin (18/3/2024) dini hari WIB. Sayang, Thom harus kecewa lantaran timnya keok 0-2 dalam laga lanjutan Eredivise ini.

"Prosesnya sudah lama, tapi saya senang akhirnya bisa selesai juga," kata Thom selepas pengambilan sumpah.

1. Sampai di Jakarta, gaspol urus sumpah dan paspor

Thom Haye: Proses Naturalisasi Lama, tapi Sekarang Saya SenangProses pengambilan sumpah Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. (pssi.org)

Selepas menempuh penerbangan belasan jam, Thom tiba di Jakarta pada Senin (18/3/2024) malam WIB. Namun, pemain keturunan Belanda itu tidak bisa langsung istirahat di hotel.

Thom harus segera bergegas ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta. Dia langsung mengambil sumpah kewarganegaraan bersama Ragnar Oratmangoen.

"Setelah bertanding, saya langsung pergi ke bandara dan melakukan penerbangan 18 jam. Kemudian, dari bandara saya langsung ke sini untuk selesaikan semuanya," ujar Thom.

Baca Juga: Shin Tae Yong Tunggu Aksi Thom dan Ragnar di Timnas

2. Habis sumpah, Thom urus paspor dan eKTP

Thom Haye: Proses Naturalisasi Lama, tapi Sekarang Saya SenangProses pengambilan sumpah Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. (pssi.org)

Setelah pengambilan sumpah, Thom dan Ragnar harus bergegas mengurus paspor dan KTP. Kini, perpindahan federasi mereka tengah diurus PSSI agar bisa tampil melawan Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Alhamdulillah Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Mereka juga sudah mendapatkan KTP dan paspor. Selanjutnya kedua pemain ini akan melewati proses perpindahan federasi," kata Erick Thohir di Instagramnya.

3. Bisa debut di SUGBK?

Thom Haye: Proses Naturalisasi Lama, tapi Sekarang Saya SenangThom Haye dalam sebuat pertandingan SC Heerenveen di Eredivisie musim 2022/23. (Instagram.com/thomhaye)

Kans Thom dan Ragnar menjalani debut bareng Timnas Indonesia saat menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (21/3/2024) tertutup. Dokumen yang dibutuhakn mereka untuk mendapat lampu hijau dari FIFA belum rampung.

"Kalau kami lihat penutupan pendaftaran itu kan 13 Maret 2024. Kemungkinan kalau, diambil sumpah (Senin) malam, mungkin teman-teman bisa mengartikan sendiri ya," kata Kepala Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji di Stadion Madya, Senin (18/3/2024).

Baca Juga: Thom dan Ragnar Debut Bareng Timnas pada 26 Maret, Nathan Lebih Dulu

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya