Timnas Indonesia Jamu Vietnam, Marselino: Ini Soal Harga Diri!

Timnas punya modal bagus

Jakarta, IDN Times - Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan sudah tak sabar meladeni Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024). Duel tersebut, begitu dinantikan karena diprediksi bakal berjalan sulit.

Terlebih, Vietnam kini bagaikan musuh bebuyutan skuad Garuda. Maka dari itu, Marselino menjadikan kemenangan sebagai harga mati, demi menjaga harga diri skuad merah putih.

"Tekanannya lebih besar setiap melawan Vietnam, ditambah kita satu wilayah di ASEAN. Ini soal harga diri juga, pastinya kita gak mau kalah," kata Marselino pada media day Timnas, Selasa (19/3/2024).

1. Giliran Timnas Indonesia yang harus dominasi Vietnam

Timnas Indonesia Jamu Vietnam, Marselino: Ini Soal Harga Diri!Potret Jordi Amat saat Timnas Indonesia melawan Vietnam, Jumat (19/1/2024). (Dok. PSSI).

Menilik 11v11, Indonesia selalu kesulitan mengimbangi Vietnam, bahkan tidak pernah menang dalam periode 2016-2023. Namun, rekor buruk itu patah usai Timnas Indonesia membungkam Vietnam 0-1 di Piala Asia 2023, 19 Januari 2024 lalu.

Marselino tak mau catatan kelam itu kembali terukir dalam rapor skuad Garuda. Baginya, sudah waktunya Indonesia mendominasi atas Vietnam.

"Kita putus rekor jelek di Piala Asia, karena sebelumnya sering kalah sama mereka. Kami berjanji memberikan yang terbaik untuk mempertahankan tren positif," ujar Marselino.

Baca Juga: Jersey Timnas Dinilai Kuno, Marselino Gak Mau Ambil Pusing  

2. Pertahankan performa di Piala Asia

Timnas Indonesia Jamu Vietnam, Marselino: Ini Soal Harga Diri!Timnas Indonesia lawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Kemenangan atas Vietnam juga menjadi faktor yang mengantarkan Rafael Struick dan kawan-kawan ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Dengan performa seperti itu, Marselino optimistis Indonesia bisa kembali membungkam Vietnam di SUGBK.

"Kami harus mempertahankan performa di Piala Asia. Teman-teman lain juga sangat menantikan pertandingan ini," kata eks pemain Persebaya Surabaya tersebut.

3. Marselino senang dapat pesaing hebat

Timnas Indonesia Jamu Vietnam, Marselino: Ini Soal Harga Diri!Thom Haye saat mengunjungi Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada 29 Desember 2023. (Dok. PSSI.org)

Dalam laga nanti, Marselino sepertinya harus memberikan segalanya di atas lapangan andai dimainkan Shin Tae Yong. Sebab, Marselino kedatangan pesaing kuat, yakni Thom Haye.

Namun, Marselino juga senang Thom menjadi bagian Timnas Indonesia. Kehadirannya akan memotivasi pemain lain, khususnya di sektor gelandang untuk terus menyempurnakan diri.

"Itu sangat baik buat kami karena bisa berkompetisi di dalam tim dalam mencari tempat. Persaingan itu bisa meningkatkan tim juga. Gak ada masalah siapa saja yang datang," kata Marselino.

Baca Juga: Nathan Tjoe-A-On Ancam Posisi Shayne dan Pratama Arhan di Timnas

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya