Troussier Dipecat Gegara Indonesia, Shin Tae Yong Beri Simpati

Troussier dipecat VFF karena gagal angkat performa Vietnam 

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, turut prihatin atas nasib Philippe Troussier yang dipecat dari Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF). Namun, menurut Shin, pemecatan itu merupakan risiko dari seorang pelatih.

Shin iba karena pemecatan Troussier disiarkan tepat setelah Vietnam dibantai Timnas Indonesia dengan skor 0-3 di My Dinh National Stadium pada Selasa, 26 Maret 2024 malam WIB. Dilansir Bongdaplus, Troussier dan VFF sepakat pisah setelah laga tersebut.

“Secara pribadi, saya tidak begitu senang dengan kabar pelatih tersebut dipecat,” kata Shin Tae Yong ketika ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (27/3/2024).

1. Bentuk tanggung jawab

Troussier Dipecat Gegara Indonesia, Shin Tae Yong Beri SimpatiPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, saat tiba bersama anak-anak asuhnya di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng (IDN Times / Tino Satrio)

Menurut Shin, pemecatan itu memang sebuah risiko seorang pelatih yang menjadi nahkoda di dalam tim. Pelatih harus bertanggung jawab ketika ketika gagal memenuhi ekspektasi.

"Posisi pelatih kepala memang seperti itu, harus bertanggung jawab atas hasil tim," ujar Shin Tae Yong.

Baca Juga: Pesan Terakhir Troussier ke Vietnam

2. Troussier gagal jadi suksesor Park Hang Seo

Troussier Dipecat Gegara Indonesia, Shin Tae Yong Beri SimpatiPelatih Vietnam, Philippe Troussier (IDN Times/Naufal Fathahillah)

Fans Vietnam memang tidak puas dengan kinerja Troussier yang gagal meneruskan keberhasilan Park Hang Seo. Bahkan, saat menjamu Timnas Indonesia , mereka memajang spanduk bertuliskan Troussier Get Out di tribune My Dinh.

Troussier juga sadar akan posisinya. Tepat sebelum melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pria asal Prancis itu merasa 80 persen fans Vietnam berharap dirinya dipecat.

"Saya pikir di Vietnam ada banyak orang, mungkin sekitar 80 persen, yang mengharapkan Vietnam kalah di laga lawan Indonesia ini, dan berpikir kapan VFF akan memecat saya. Mereka menunggu kapan saya digantikan," kata Troussier dalam sesi jumpa pers pada Rabu, 20 Maret 2024.

3. Vietnam era Troussier loyo di hadapan Indonesia

Troussier Dipecat Gegara Indonesia, Shin Tae Yong Beri SimpatiSelebrasi Jay Idzes usai jebol gawang Vietnam, Selasa (26/3/2024). (Dok. PSSI).

Bisa dibilang, Timnas Indonesia menjadi momok Vietnam di era Troussier. Vietnam selalu dibuat bertekuk lutut skuad Garuda dalam tiga pertemuan terakhir.

Di era Troussier pula, Vietnam untuk pertama kalinya keok dari Indonesia di My Dinh National Stadium sejak 20 tahun terakhir.

Baca Juga: Troussier Akui Timnas Indonesia Lebih Kuat dari Vietnam

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya