Urusan Harga Pemain, Timnas Lebih Mewah Ketimbang Vietnam

Harganya lebih mahal dua kali lipat!

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia bakal menjamu Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (21/3/2024) malam WIB. Berduel di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Pasukan Garuda tentu lebih diunggulkan.

Terlebih, Timnas memiliki modal bagus karena unggul secara head to head. Atmosfer panas yang bakal tersaji di SUGBK pun diyakini dapat membantu Rafael Struick dan kawan-kawan untuk mempertegas dominasinya atas Vietnam.

Modal Timnas tidak hanya dari kedua faktor tersebut. Pelatih Shin Tae Yong juga harus lebih percaya diri untuk membukukan kemenangan, mengingat skuadnya terbilang mewah.

1. Nilainya lebih mahal dua kali lipat

Urusan Harga Pemain, Timnas Lebih Mewah Ketimbang VietnamTimnas Indonesia lawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Menilik Transfermarkt, skuad Timnas untuk melawan Vietnam memiliki harga pasar sebesar Rp202,06 miliar. Jumlah tersebut jauh lebih mahal ketimbang Vietnam, yang hanya senilai Rp112,98 miliar.

Terasa lebih mengesankan, karena Timnas mencapai angka tersebut dengan bermodalkan 26 pemain saja. Sementara, Vietnam yang memboyong 28 pemain, bahkan hanya mampu mencapai setengah dari harga skuad Timnas.

Baca Juga: Cyrus Margono Pede Dobrak Persaingan Panas Kiper Timnas

2. Siapa pemain paling mahal?

Urusan Harga Pemain, Timnas Lebih Mewah Ketimbang VietnamThom Haye saat mengunjungi Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada 29 Desember 2023. (Dok. PSSI.org)

Timnas bisa unggul telak dari Indonesia setelah Thom Haye sah menjadi WNI. Andalan SC Heerenveen itu memiliki nilai pasar paling mahal, senilai Rp52,14 miliar.

Sebelumnya, status tersebut dipegang oleh Sandy Walsh. Nilai pasar bintang KV Mechelen itu saat ini ditaksir senilai Rp26,07 miliar.

Sementara, kiper Filip Nguyen menjadi pemain paling mahal di skuad Vietnam. Namun, nilai pasar pria 31 tahun itu hanya menyentuh Rp10,43 miliar.

3. Waspadai kejutan Vietnam, Timnas!

Urusan Harga Pemain, Timnas Lebih Mewah Ketimbang VietnamJumpa pers jelang laga Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK, Rabu (20/3/2024). (IDN Times/Tino)

Timnas memang mengungguli banyak hal, namun Vietnam tidak boleh diremehkan. Sandy Walsh memperingatkan rekan-rekannya untuk mewaspadai kejutan dari Golden Star Warriors tersebut.

"Kami tahu ada rivalitas dengan Vietnam, termasuk saat di Piala Asia. Kami juga sadar seberapa pentingnya pertandingan ini. Vietnam selalu memberi perlawanan berat ke Indonesia dan saya yakin hal serupa juga akan terjadi besok," dalam jumpa pers jelang laga, Rabu (20/3/2024).

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Jelang Duel Panas Timnas Indonesia vs Vietnam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya