Wasit Jepang Pimpin Laga Penutup Pekan 22 Liga 1

Bentuk kerja sama PSSI dan JFA

Jakarta, IDN Times - Suasana baru tersaji dalam lanjutan Liga 1 musim 2023/24. Terlihat ada wasit asal Jepang yang memimpin dua laga penutup pekan 22, Minggu (10/12/2023).

Wasit asing itu meniup peluit dalam laga Persib Bandung kontra Persik Kediri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), serta bentrok antara Persita Tangerang versus Persikabo 1973 di Indomilk Arena yang digulirkan mulai pukul 19.00 WIB.

1. Siapa wasit yang memimpin?

Wasit Jepang Pimpin Laga Penutup Pekan 22 Liga 1Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Kedua wasit yang memimpin di laga-laga itu adalah Futoshi Nakamura dan Yusuke Araki. Mereka merupakan perangkat pertandingan dari Federasi Sepak bola Jepang (JFA).

Nakamura memimpin jalannya duel di Bandung. Sementara, Araki mengadili laga di Tangerang. Untuk posisi asisten wasit, masih tetap dari Indonesia.

Baca Juga: LIB Luncurkan Liga Fan ID, Mudahkan Tracking Oknum di Liga 2

2. Untuk apa?

Wasit Jepang Pimpin Laga Penutup Pekan 22 Liga 1PSSI gelar seleksi wasit untuk Liga 1 musim 2023/24. (Dok. PSSI)

Bertugasnya Nakamura dan Araki dalam kedua laga malam ini termasuk dalam kerja sama yang terjalin antara PSSI dan JFA beberapa waktu lalu. Harapannya, keduanya itu bisa memberikan contoh kepada wasit Indonesia.

"Ini sebenarnya sudah lama karena bentuk kerjasama JFA dengan PSSI. Kita tahu kan Wakil Komite Wasit dari Jepang. Jadi, saat itu kami mencoba trial, membandingkan, dan cari pelajaran dari wasit Jepang yang diundang ke Indonesia," kata Exco PSSI, Arya Sinulingga, dalam keterangannya.

3. Sinyal pakai wasit asing di musim depan?

Wasit Jepang Pimpin Laga Penutup Pekan 22 Liga 1Logo Liga 1. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Memang, kinerja wasit lokal tengah menjadi sorotan karena kerap memberikan keputusan kontroversial. Banyak klub yang mengeluh karena wasit di kompetisi Indonesia kerap mengambil keputusan aneh.

Kecurigaan terkait adanya main mata dan tendensi negatif lainnya berseliweran, terutama di media sosial. Maka, dengan hadirnya wasit asing, diharapkan ada perubahan yang muncul. Hanya saja, wasit asing tak akan lagi dipakai hingga akhir musim. Cuma di dua laga ini, mereka bertugas.

"Kami tidak pakai wasit asing seterusnya. Tapi, ini karena bentuk kerjasama dengan JFA. Semoga dengan cara ini kami dapat masukan juga dari wasit Jepang di dua pertandingan," kata Arya.

Baca Juga: PSSI Parkir Enam Perangkat Pertandingan, Liga 2 Terbanyak!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya