Xabi Alonso: Bayer Leverkusen Layak Raih Treble Winner

Dari Neverkusen, jadi Treblekusen

Jakarta, IDN Times - Bayer Leverkusen bisa mengakhiri musim 2023/24 dengan manis. Itu karena Leverkusen berpotensi mengukir sejarah baru, yakni meraih treble winner untuk pertama kalinya.

Peluang itu terbuka lebar setelah tim asuhan Xabi Alonso menyingkirkan AS Roma dengan agregat 4-2 untuk melaju ke final Liga Europa, Jumat (10/5/2024) dini hari WIB.

Keberhasilan itu cukup dramatis, karena Roma nyaris comeback di leg kedua. Roma mendapat dua penalti yang dieksekusi dengan mulus oleh Leandro Paredes menit 43 dan 66, untuk mengungguli Leverkusen 2-0 sekaligus menyamakan agregat.

Namun, 'Xabi Times' kembali hadir dalam laga ini. Leverkusen mampu membuyarkan kemenangan Roma lewat gol bunuh diri Gianluca Mancini (82') dan gol telat Josip Stanisic (90+7').

1. Leverkusen pantas raih treble

Xabi Alonso: Bayer Leverkusen Layak Raih Treble WinnerXabi Alonso (bundesliga.com)

Dengan begitu, Leverkusen berkesempatan untuk mengawinkan gelar Bundesliga musim ini dengan trofi Liga Europa dan DFB Pokal.

Die Werkself dinanti Atlanta di final Liga Europa dan Kaiserslautern di final DFB Pokal. Menilik performa, Leverkusen tentu lebih difavoritkan. Xabi Alonso pun merasa anak-anak asuhnya pantas untuk itu.

"Kami punya peluang memenangkan tiga gelar. Anak-anak saya memang layak untuk meraih treble winner tersebut," kata Xabi Alonso dilansir resmi UEFA.

Baca Juga: Bayer Leverkusen Pecahkan Rekor 59 Tahun Milik Benfica

2. Mampu treble dengan sempurna?

Xabi Alonso: Bayer Leverkusen Layak Raih Treble WinnerRibuan suporter Bayer Leverkusen turun ke lapangan untuk merayakan gelar Bundesliga 2023/24, Minggu (14/4/2024). (X/@bayer04_en).

Meski belum terealisasi, Leverkusen bahkan sudah dijuluki Treblekusen. Para pencinta sepak bola kagum dengan tim besutan Alonso yang begitu garang di seluruh kompetisi.

Lebih dari itu, Leverkusen juga berkesempatan untuk meraih treble dengan sempurna. Mengingat, mereka belum ada tim yang mampu mengalahkan Die Werkself sejak awal musim!

3. Bisa sejajar dengan Bayern

Xabi Alonso: Bayer Leverkusen Layak Raih Treble WinnerBayer Leverkusen (bayer04.de)

Andai tak ada aral melintang, Leverkusen bisa menasbihkan diri untuk sejajar dengan Bayern Munich. Itu karena Die Roten merupakan satu-satunya tim Jerman yang pernah meraih treble.

Bayern sudah merasakan treble, yakni musim 2012/13 dan 2019/20. Seluruh treble itu diraih dengan cara mengawinkan gelar Bundesliga, DFB Pokal dan Liga Champions.

Baca Juga: Ribut-Ribut Wasit dalam Laga Real Madrid vs Bayern Muenchen

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya