Xabi Alonso Bisa Jadi Pelatih Termahal di Dunia

Xabi Alonso pantas dibanderol tinggi?

Jakarta, IDN Times - Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, ternyata berpeluang untuk memecahkan rekor baru. Alonso bisa saja tercatat sebagai pelatih termahal, andai menerima tawaran Liverpool atau Bayern Munich.

Itu karena Liverpool dan Bayern digadang-gadang siap menggelontorkan banyak uang demi mendapatkan jasa juru taktik asal Spanyol tersebut. Lalu, berapa sih banderol yang ditetapkan Leverkusen?

1. Berapa harga Xabi Alonso?

Xabi Alonso Bisa Jadi Pelatih Termahal di DuniaXabi Alonso (bundesliga.com)

Demi mendatangkan Alonso, Liverpool dan Bayern perlu membayarkan kompensasi kepada Leverkusen karena masih terikat hingga 2026 mendatang. Leverkusen sebenarnya juga mengikat Alonso dengan klausul pelepasan sebesar 15 juta euro, setara Rp256,2 miliar. Hanya saja, klausul tersebut baru bisa aktif saat masa bakti Alonso menyisakan semusim lagi.

Pada dasarnya, Werkself belum rela kehilangan Alonso. Namun, dilansir Daily Mirror, Leverkusen bisa saja melepas Alonso. Namun, harganya akan sangat mahal dan mencapai dua kali lipat dari klausulnya.

Dengan nominal tersebut, Alonso dipastikan menjadi pelatih termahal di dunia. Mahar Alonso bakal melewati rekor Graham Potter dan Julian Nagelsmann.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Bayern dan PSG Lolos ke Perempat Final

2. Pelatih memang tak semahal pemain

Xabi Alonso Bisa Jadi Pelatih Termahal di DuniaXabi Alonso (bundesliga.com)

Potter ditebus Chelsea sekitar 25,1 juta euro atau setara 428,9 milar pada September 2022 lalu. Sementara, Nagelsmann dibeli Bayern Munich sedikit lebih mahal, yakni 25,4 juta euro atau senilai Rp434 miliar pada April 2021 lalu.

Memang, jumlah itu hanya seharga pemain yang tak begitu terkenal. Tapi, dalam sejarah sepak bola, klub lebih sering mengontrak pelatih atau manajer yang statusnya free transfer.

3. Xabi Alonso pantas dibanderol mahal

Xabi Alonso Bisa Jadi Pelatih Termahal di Duniapemain Bayer Leverkusen (instagram.com/bayer04fussball)

Menilik kinerja impresifnya bersama Leverkusen, angka puluhan juta untuk menebus Alonso terasa murah. Bayangkan saja, meski tak diperkuat banyak bintang, Leverkusen berhasil disulap Alonso menjadi tim yang disegani di Eropa.

Leverkusen kokoh di puncak klasemen Bundesliga tanpa terkalahkan, dengan koleksi 64 poin. Tak hanya Bundesliga, Granit Xhaka dan kolega juga belum terkalahkan di seluruh kompetisi musim ini!

Baca Juga: Bayern Pede Salip Liverpool dalam Perburuan Xabi Alonso

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya