3 Alumni Akademi Southampton yang Mentas di Bundesliga 2023/2024

Ada yang hanya tampil singkat di akademi Southampton

Southampton harus mengalami nasib buruk setelah terdegradasi dari English Premier League (EPL) 2022/2023. Meski sudah tidak mentas lagi di kasta tertinggi sepak bola Inggris, mereka masih disegani karena mempunyai salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia yang kerap mengorbitkan talenta-talenta hebat. Bukan hal yang mengejutkan jika banyak alumni The Saints mampu mengembangkan karier di liga top Eropa.

Bundesliga jadi salah satu tujuan bagi para alumni The Saints untuk merasakan persaingan ketat di kompetisi elite Eropa. Ada sekitar tiga pemain jebolan akademi Southampton yang mentas di kasta tertinggi sepak bola Jerman tersebut. Siapa saja pesepak bola yang dimaksud dan seperti apa kinerjanya sejauh ini untuk masing-masing tim. Yuk, mari baca tulisan di bawah ini!

1. Jamal Musiala bertransformasi jadi instrumen penting Bayern Munich

3 Alumni Akademi Southampton yang Mentas di Bundesliga 2023/2024Jamal Musiala (bundesliga.com)

Jamal Musiala merupakan gelandang serang yang tengah naik daun berkat performa impresifnya. Tak banyak orang tahu, pesepak bola kelahiran Stuttgart ini ternyata pernah menimba ilmu di akademi milik Southampton. Namun, pemain yang akrab disapa Bambi tersebut hanya tampil singkat bersama The Saints.

Bertahan kurang lebih selama semusim, Jamal Musiala memutuskan untuk hengkang secara gratis ke Chelsea pada 2011. Bersama skuad junior The Blues, dirinya mulai menunjukkan performa yang menjanjikan sehingga menarik perhatian beberapa tim Eropa. Bayern Munich jadi yang beruntung karena bisa mengamankan tanda tangan talenta hebat ini pada musim panas 2019.

Tak langsung gabung skuad utama, Jamal Musiala harus tampil di berbagai kelompok umur bersama Bayern Munich. Dirinya ternyata makin menunjukkan kematangan permainan sehingga mendapat promosi ke tim inti The Bavarians pada 2020. Gelandang serang 20 tahun ini juga masih menyisakan kontrak sampai 2026 untuk bertahan di Allianz Arena.

Meski masih muda, Jamal Musiala mampu bertransformasi jadi instrumen penting dalam permainan Bayern Munich pada 2023/2024. Dirinya sering dipercaya oleh Thomas Tuchel untuk tampil sebagai starter di berbagai ajang. Hingga minggu ke-16, pesepak bola 20 tahun ini telah berkontribusi dalam 18 laga dengan mencetak 5 gol dan 3 assist. Sejauh ini, Musiala total mencatatkan penampilan sebanyak 143 pertandingan dengan mengukir 36 gol dan 26 assist bersama The Bavarians.

2. Christoph Klarer jadi sosok kunci di area pertahanan SV Darmstadt 98 pada 2023/2024

3 Alumni Akademi Southampton yang Mentas di Bundesliga 2023/2024Christoph Klarer (instagram.com/svdarmstadt1898 dan christophklarer)

Christoph Klarer adalah bek tengah jebolan dari akademi Southampton. Pemain kebangsaan Austria ini sudah tampil membela berbagai kelompok umur. Kariernya tak berjalan mulus, dia sempat menjalani masa peminjaman ke SKN St Polten demi mendapat jam terbang. Tak sampai mendapat promosi ke skuad utama The Saints, dirinya memilih pergi setelah menerima tawaran dari Fortuna Dusseldorf pada musim panas 2020.

Christoph Klarer lebih sering duduk di bangku cadangan pada awal kedatangannya membela Fortuna Dusseldorf. Namun, seiring berjalannya waktu, dia bisa bertransformasi jadi sosok penting di jantung pertahanan Die Flingeraner. Performa solid tersebut membuat SV Darmstadt 98 merekrutnya pada musim panas 2023. Dia juga langsung dipagari kontrak sampai 2027.

Tak butuh waktu lama, Christoph Klarer langsung dipercaya untuk menembus skuad utama dari SV Darmstadt 98. Dirinya berhasil jadi sosok kunci sehingga kerap dipasang sebagai starter dan tampil selama 90 menit bersama Die Lilien. Sampai pekan 16, bek tengah 23 tahun tersebut sudah diturunkan sebanyak 16 pertandingan dengan menyumbang 2 assist di berbagai kompetisi.

3. Nathan Tella mendapat kontrak jangka panjang sampai 2028 bersama Bayer Leverkusen

3 Alumni Akademi Southampton yang Mentas di Bundesliga 2023/2024Nathan Tella (instagram.com/nathantella11)

Nathan Tella adalah penyerang sayap lulusan akademi sepak bola Southampton. Pemain kelahiran Stevenage ini telah menunjukkan kemampuannya di berbagai kelompok umur dan mendapat promosi ke skuad utama dari The Saints pada 2020. Dirinya ternyata kesulitan tampil secara reguler sehingga harus menjalani masa peminjaman ke Burnley.

Nathan Tella lantas benar-benar dilepas secara permanen untuk bergabung dengan Bayer Leverkusen pada musim panas 2023. Pesepak bola kebangsaan Nigeria ini dianggap sebagai rekrutan penting sehingga langsung disodori kontrak jangka panjang sampai 2028. Kedatangannya berpotensi menambah variasi serangan lini depan Die Werkself.

Sejauh ini, Nathan Tella masih kesulitan tampil secara reguler bersama Bayer Leverkusen di Bundesliga 2023/2024. Namun, dirinya selalu diturunkan oleh Xabi Alonso menjadi starter saat Die Werkself mentas di Europa League. Meski posisi aslinya penyerang sayap, dia juga beberapa kali pernah mengemban tugas jadi gelandang kanan dan bek kanan tergantung kebutuhan tim. Hingga pekan ke-16, Tella bermain dalam 16 pertandingan dengan membuat 2 gol di berbagai ajang.

Ketiga alumni akademi Southampton di atas mentas di Bundesliga 2023/2024. Jamal Musiala dan Christoph Klarer berhasil mendapat menit bermain yang banyak dan sukses menembus skuad utama timnya masing-masing. Sementara itu, Nathan Tella tak selalu tampil secara reguler bersama Bayer Leverkusen. Meski begitu, mereka semua berusia muda sehingga masih berpeluang besar jadi bintang hebat pada masa mendatang.

Baca Juga: 13 Potret Nathan Tella, Winger Anyar Bayer Leverkusen asal Inggris

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya