5 Alumnus J1 League yang Berkarier di Liga Eropa pada 2022/2023

Punya usia yang masih muda

J1 League adalah kompetisi sepak bola profesional dari Jepang. Liga ini menjadi salah satu yang terbaik di Asia. Tak jarang pencari bakat dari klub top Eropa tertarik dengan talenta pemain Negeri Sakura.

Pada 2022/2023, ada beberapa pemain Jepang yang memutuskan berkarier di liga Eropa. Jika para pemain tersebut bisa tampil luar biasa, maka hal tersebut juga akan menguntungkan Tim Nasional Jepang.

Siapa saja alumnus J1 League yang berkarier di liga Eropa pada 2022/2023?

1. Reo Hatate

https://www.youtube.com/embed/GMeBXYfUO04

Reo Hatate adalah gelandang asal Jepang. Ia pernah merasakan ketatnya J1 League dengan berseragam Kawasaki Frontale. Penampilan pemain berusia 24 tahun ini ternyata menarik minat tim asal Eropa.

Pada 2022, Hatate menandatangani kontrak dengan klub besar Skotlandia. Celtic FC harus menggelontorkan uang sebesar 1,4 juta pound sterling atau sekitar Rp24,2 miliar dengan durasi kontrak hingga 2026 mendatang. Ia mengikuti jejak Shunsuke Nakamura yang bergabung dengan Celtic FC.

Pada 2022/2023, Reo Hatate sendiri sering menjadi pemain utama. Sejauh ini, ia berhasil menyumbang satu gol untuk tim. Pemain asal Jepang ini juga berkontribusi membawa tim berjuluk The Bhoys berada di puncak klasemen Scottish Premiership untuk sementara.

2. Takefusa Kubo

https://www.youtube.com/embed/Am-LltcotOQ

Takefusa Kubo adalah pemain muda yang berposisi sebagai sayap kanan. Pemain asal Jepang ini pernah merasakan atmosfer J1 League dengan membela FC Tokyo dan Yokohama F. Marinos. Bakat Kubo kemudian masuk ke bawah radar tim top di Eropa.

Pada 2019, Real Madrid merekrut Kubo yang dianggap sebagai wonderkid Asia. Sayangnya, ia kesulitan menembus tim utama dan sering dipinjamkan ke klub lain untuk mendapatkan waktu bermain.

Takefusa Kubo lantas pindah secara permanen ke Real Sociedad pada 2022 ini dengan harga 5,5 juta pound sterling atau sekitar Rp95 miliar hingga 2027. Ia dianggap sebagai pemain muda dengan prospek menjanjikan. Kubo sering mendapatkan tempat utama dan sementara mengantarkan tim berjuluk Los Txuri-Urdin di peringkat keenam LaLiga Spanyol.

Baca Juga: 5 Klub LaLiga Spanyol yang Dibela Takefusa Kubo, Termasuk Real Madrid

3. Takehiro Tomiyasu

https://www.youtube.com/embed/x1Kk-BqsViY

Takehiro Tomiyasu merupakan bek kanan asal Jepang. Ia produk akademi Avispa Fukuoka. Tomiyasu lalu berhasil menembus tim senior dan merasakan ketatnya J1 League.

Pada 2018, sang pemain memutuskan untuk pindah ke Eropa dengan bergabung ke klub Sint-Truidense VV di Belgia. Ia hanya bertahan 1 musim di sana dan melanjutkan kariernya di Serie A Italia bersama Bologna.

Penampilan gemilang Takehiro Tomiyasu terpantau radar pencari bakat Arsenal. Pada 2021, ia pun merapat ke Emirates Stadium.

Takehiro Tomiyasu didatangkan Arsenal dari Bologna dengan harga 15,5 juta pound sterling atau sekitar Rp267,9 miliar hingga 2025 mendatang. Tim asal London Utara itu tampak melakukan pembelian yang tepat karena Tomiyasu berhasil tampil mengesankan. Pemain asal Jepang ini ikut mengantarkan tim berjuluk The Gunners menduduki puncak klasemen English Premier League (EPL) 2022/2023 untuk sementara.

4. Kaoru Mitoma

5 Alumnus J1 League yang Berkarier di Liga Eropa pada 2022/2023Kaoru Mitoma (instagram.com/kaoru.m.0520)

Kaoru Mitoma merupakan pemain sepak bola yang berposisi sebagai sayap kiri. Pemain Jepang satu ini pernah bergabung dengan Kawasaki Frontale di J1 League.

Pada 2021, bakat Mitomi menarik tim asal Inggris, Brighton & Hove Albion. Mereka mendatangkan penyerang asal Jepang satu ini dengan harga sekitar 2,5 juta pound sterling atau Rp43,2 miliar hingga 2025 mendatang.

Kaoru Mitoma tidak langsung bermain untuk Brighton. Ia harus menjalani masa peminjaman di tim asal Belgia, Union Saint-Gillois, selama 1 musim.

Pada 2022/2023, barulah Mitoma dipanggil kembali untuk memperkuat Brighton. Ia sering menjadi pilihan utama meski masih membutuhkan adaptasi untuk bermain di EPL. Tim berjuluk Seagulls ini untuk sementara berada di papan atas kasta tertinggi Liga Inggris.

5. Hiroki Ito

5 Alumnus J1 League yang Berkarier di Liga Eropa pada 2022/2023Hiroki Ito (vfb.de)

Hiroki Ito adalah bek yang pernah berkompetisi di J1 League. Ia membela dua tim selama di Jepang, yaitu Jubilo Iwata dan Nagoya Grampus.

Bakat pemain bertahan satu ini ternyata menarik salah satu tim yang bermain di Bundesliga Jerman. Pada 2021, VfB Stuttgart meminjam Ito selama 1 musim dari Jubilo Iwata.

Hiroki Ito tampil mengesankan selama masa peminjaman. Tim asal Jerman tersebut akhirnya memberi kontrak permanen hingga 2025 mendatang.

Pada 2022/2023, Stuttgart sering memberi tempat utama untuk Hiroki Ito sehingga bisa berkontribusi di lapangan. Kehadirannya diharapkan bisa memperkuat lini belakang tim dan menjaga kans klub berjuluk Die Schwaben bertahan di Bundesliga.

Kelima alumnus J1 League di atas berhasil tampil di liga Eropa pada 2022/2023. Mereka tidak ragu untuk bersaing dengan pemain berbakat lainnya demi mendapat tempat utama di tim.

Baca Juga: 5 Pemain yang Menggunakan Nomor 18 Arsenal sebelum Takehiro Tomiyasu

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya