3 Gelandang Akademi West Ham yang Bela Tim EPL Lain pada 2023/2024

Declan Rice salah satunya

West Ham United dikenal sebagai gudangnya talenta-talenta muda menjanjikan. Bukan tanpa alasan, The Hammers mampu menjalankan program akademi sepak bola dengan baik. Rekam jejak mengesankan tersebut juga sukses melahirkan legenda, seperti Frank Lampard, Rio Ferdinand, John Terry, dan Michael Carrick.

Tak hanya sebagai regenerasi skuad West Ham United, para pemain lulusan akademi tersebut ternyata sering menarik perhatian pemandu bakat banyak tim. Bukan hal yang mengejutkan jika mereka akhirnya bisa tersebar dan membangun karier di berbagai liga top Eropa, termasuk English Premier League. Pada 2023/2024, ada tiga gelandang akademi West Ham yang bela tim EPL lain.

1. Declan Rice sulit tergantikan di lini tengah Arsenal 2023/2024

3 Gelandang Akademi West Ham yang Bela Tim EPL Lain pada 2023/2024Declan Rice (instagram.com/declanrice)

Declan Rice adalah gelandang bertahan yang pernah mengenyam pendidikan di akademi sepak bola West Ham United. Pemain asli London ini telah menunjukkan performa impresif di berbagai kategori umur. Dirinya lantas mendapat kesempatan emas untuk promosi ke skuad senior The Hammers pada musim panas 2017.

Benar saja, pesepak bola bertinggi 188 cm ini mampu menjelma sebagai faktor penting permainan West Ham United. Ini membuatnya sering dipasang selama 90 menit di semua ajang. Selai geladang bertahan, Declan Rice beberapa kali ditugaskan menjadi bek tengah sesuai kebutuhan taktik. Dia juga sempat dipercaya mengemban jabatan kapten The Hammers. Selain itu, dirinya ikut berkontribusi mengantarkan tim asal London tersebut mengukir sejarah dengan memenangkan UEFA Conference League 2023. Rice sendiri mencatatkan total penampilan sebanyak 245 laga dengan menorehkan 15 gol dan 13 assist.

Berkat performa mengesankan selama berseragam West Ham United, Declan Rice menjadi buruan banyak tim raksasa pada musim panas 2023. Pemain berusia 25 tahun ini lantas menerima tawaran Arsenal. Dirinya setuju menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2028. Kedatangannya membawa angin segar bagi The Gunners karena berpotensi menambah kekuatan, terutama di lini tengah.

Tak butuh waktu lama, Declan Rice berhasil mendapat kepercayaan Mikel Arteta sehingga sering mengisi starter Arsenal 2023/2024. Posisinya juga hampir sulit tergantikan di lini tengah The Gunners. Dirinya bisa ditugaskan menjadi gelandang bertahan dan gelandang tengah tergantung kebutuhan tim. Hingga pekan ke-28 musim ini, Rice telah bermain sebanyak 39 kali dengan menyumbang 6 gol dan 7 assist di berbagai kompetisi.

Baca Juga: Kinerja 4 Pemain Baru Arsenal pada Awal 2023/2024, Declan Rice Ciamik!

2. Josh Cullen tak selalu tampil reguler bersama Burnley 2023/2024

3 Gelandang Akademi West Ham yang Bela Tim EPL Lain pada 2023/2024Josh Cullen (instagram.com/josh.cullen)

Josh Cullen merupakan gelandang tengah jebolan akademi sepak bola West Ham United. Pemain kelahiran Westcliff-on-Sea ini telah menunjukkan kemampuan di berbagai kategori umur. Tak sia-sia, dirinya berhasil mendapat promosi untuk merumput bersama skuad senior The Hammers pada musim panas 2015.

Perjalannya tidak mudah, Josh Cullen kesulitan menembus skuad utama sehingga kerap menghuni bangku cadangan West Ham United. Minim kesempatan, The Hammers lantas meminjamkannya ke beberapa tim seperti Bradford City, Bolton Wanderers, dan Charlton Athletic. Ini demi membuatnya mendapat menit bermain yang banyak.

Setelah bertualang dengan status pinjaman ke beberapa tim, Josh Cullen kembali bergabung dengan skuad West Ham United pada musim panas 2020. Dirinya hanya membuat total penampilan sebanyak sepuluh laga bersama The Hammers. Namun, talenta 27 tahun ini tidak masuk rencana masa depan tim London tersebut sehingga dilepas secara permanen kepada RSC Anderlecht.

Josh Cullen ternyata langsung mendapat peran penting dan sering dipasang sebagai starter RSC Anderlecht. Pemain berkebangsaan Irlandia ini bisa diplot menjadi gelandang tengah dan gelandang bertahan. Dirinya berhasil mengoleksi total penampilan sebanyak 80 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 1 assist  bersama Paars-wit.

Pesepak bola bertinggi 175 cm ini memutuskan pergi dari RSC Anderlecht setelah menerima pinangan Burnley pada musim panas 2022. Keputusannya tepat, Josh Cullen sering dipercaya Vincent Kompany untuk masuk skuad utama. Dirinya ikut berkontribusi mengantarkan The Clarets menjuarai Championship sehingga mendapat promosi ke Premier League 2023/2024. Cullen sendiri juga setuju menandatangani perpanjangan kontrak hingga 2026.

Pada 2023/2024, Josh Cullen tak selalu tampil reguler bersama Burnley. Hal tersebut terjadi karena Vincent Kompany selaku pelatih kerap melakukan rotasi di lini tengah. Meski begitu, kehadirannya bisa mengisi posisi gelandang tengah dan gelandang bertahan sesuai kebutuhan The Clarets. Sampai pekan ke-29 musim ini, Cullen bermain sebanyak 19 kali dengan menyumbang 1 assist di semua ajang. Sejauh ini, dia mencatatkan total kontribusi dalam 69 laga dengan mencetak 1 gol dan 5 assist.

3. Pelly Ruddock Mpanzu sering menjadi pelapis di lini tengah Luton Town 2023/2024

3 Gelandang Akademi West Ham yang Bela Tim EPL Lain pada 2023/2024Pelly Ruddock Mpanzu (lutontown.co.uk)

Pelly Ruddock Mpanzu adalah gelandang bertahan yang pernah menimba ilmu di akademi sepak bola West Ham United. Dirinya merumput bersama skuad U-18 dan U-21 The Hammers. Pemain berkebangsaan Republik Demokratik Kongo ini sempat menjalani masa peminjaman kepada Luton Town pada musim panas 2013. Hal tersebut dilakukan untuk membuatnya mendapat jam terbang.

Setelah menyelesaikan masa peminjaman, pemain berusia 30 tahun ini kembali bergabung dengan skuad U-21 West Ham United. Pelly Ruddock Mpanzu ternyata tidak menjadi rencana masa depan The Hammers. Dirinya kemudian dilepas permanen untuk bergabung dengan Luton Town pada musim dingin 2014.

Pelly Ruddock Mpanzu mampu menambah kedalaman kekutan, terutama di area tengah Luton Town. Dirinya perlahan mendapat peran penting sehingga sering tampil sebagai starter. Pesepak bola kelahiran London ini menemani langkah The Hatters di berbagai divisi. Kesetiannya berbuah manis, dia ikut mengukir sejarah karena membawa tim asal Luton tersebut untuk pertama kali mentas di Premier League 2023/2024. Mpanzu sendiri masih menyisakan kontrak sampai 2025. 

Pada 2023/2024, Pelly Ruddock Mpanzu sering menjadi pelapis di Luton Town. Hal tersebut terjadi karena ketatnya persaingan di lini tengah sehingga memperoleh menit bermain yang tidak terlalu banyak. Hingga pekan ke-29, dia telah tampil sebanyak 26 kali di semua ajang. Sejauh ini, Mpanzu mencatatkan total kontribusi dalam 393 pertandingan dengan mencetak 23 gol dan 34 assist bersama The Hatters.

Ketiga gelandang akademi West Ham United di atas membela tim lain di English Premier League 2023/2024. Musim ini, Declan Rice langsung memegang peran kunci untuk permainan Arsenal. Sementara, Pelly Ruddock Mpanzu dan Josh Cullen posisinya kerap dirotasi oleh pelatih masing-masing tim.

Baca Juga: Gabriel Moscardo, Declan Rice dari Brasil yang Sedikit Lagi Gabung PSG

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya