3 Gelandang Baru yang Membela Olympique Lyon pada Musim Dingin 2024

Ada penggawa baru veteran

Olympique Lyon kesulitan mengarungi perjalanan paruh 2023/2024. Performa buruk tersebut berakibat dengan dipecatnya Laurent Blanc dari kursi kepelatihan pada September 2023. Posisinya digantikan oleh Jean-Francois Vulliez sebagai juru taktik sementara untuk Les Gones.

Olympique Lyon kemudian menetapkan pilihan kepada Fabio Grosso sebagai pelatih baru. Juru taktik kebangsaan Italia ini rencananya akan menemani langkah Les Gones hingga Juni 2024. Perjalanannya ternyata terjal, dirinya tak sampai menyelesaikan kontrak karena gagal memenuhi ekspektasi dari berbagai pihak.

Hanya bertahan kurang lebih selama 73 hari, Olympique Lyon memutuskan untuk mendepak Fabio Grosso sebagai pelatih pada November 2023. Juru taktik 46 tahun tersebut tidak bisa membuat perubahan yang signifikan terhadap performa Les Gones. Tim asal Prancis ini lantas bergerak cepat mencari pengganti dan berhasil mengamankan tanda tangan dari Pierre Sage.

Di bawah komando Pierre Sage, Olympique Lyon tampaknya langsung tancap gas untuk melakukan perombakan skuad besar-besaran pada musim dingin 2024. Mereka melepas banyak penggawa lama dengan status pindah permanen dan juga pinjaman. Sebagai gantinya, tim asal Prancis tersebut berhasil mendaratkan sekitar tujuh pemain ke Groupama Stadium. Ternyata, sebagian besar tenaga baru yang hadir memiliki posisi menjadi gelandang. Siapa saja gelandang anyar yang membela Les Gones ini? Berikut daftarnya!

1. Malick Fofana bisa menempati di berbagai posisi sesuai kebutuhan tim

3 Gelandang Baru yang Membela Olympique Lyon pada Musim Dingin 2024Malick Fofana (ol.fr)

Malick Fofana adalah gelandang sayap yang pernah menimba ilmu di akademi sepak bola KAA Gent. Dia menunjukkan kemampuannya di berbagai kategori umur dan berhasil mendapat promosi ke skuad senior pada 2022. Meski tak selalu menjadi pilihan utama, talenta 18 tahun tersebut bisa menempati berbagai posisi sesuai kebutuhan strategi tim. Dirinya total telah mencatatkan penampilan sebanyak 64 pertandingan dengan membuat 5 gol dan 10 assist bersama La Gantoise.

Malick Fofana ternyata berhasil memikat perhatian dari Olympique Lyon sehingga didaratkan pada musim dingin 2024. Pemain kebangsaan Belgia ini langsung dipagari kontrak dengan durasi sampai 2028. Talenta versatile tersebut lebih sering memulai laga sebagai pengganti. Hingga pekan ke-22 pada 2023/2024, Fofana sendiri telah diturunkan dalam 7 pertandingan dengan menyumbang 1 gol di semua ajang.

2. Orel Mangala dipinjamkan Nottingham Forest kepada Olympique Lyon dengan opsi pembelian

3 Gelandang Baru yang Membela Olympique Lyon pada Musim Dingin 2024Orel Mangala (instagram.com/j_mangala8)

Orel Mangala adalah gelandang tengah yang membela Nottingham Forest setelah dibeli dari VfB Sturrgart pada musim panas 2022. Dirinya menandatangani kontrak sampai 2026. Pemain kebangsaan Belgia ini menjelma sebagai salah satu pilar penting dari The Tricky Trees. Selain itu, dirinya juga kerap mengisi posisi menjadi gelandang bertahan tergantung kebutuhan tim. Pesepak bola 25 tahun tersebut total berkontribusi sebanyak 53 pertandingan dengan menyumbang 2 gol dan 1 assist.

Meski menunjukkan peran penting, Nottingham Forest justru setuju untuk meminjamkan Orel Mangala kepada Olympique Lyon pada tenggat waktu musim dingin 2024. Dia akan merumput bersama Les Gones hingga Juni 2024 dengan opsi pembelian. Pemain kelahiran Brussel ini berpotensi menambah daya kreativitas di lini tengah. Sampai pekan ke-22 pada 2023/2024, Mangala sendiri telah dipercaya tampil dalam 3 laga dengan mengukir 1 gol di berbagai kompetisi.

3. Nemanja Matic langsung menjadi bagian penting untuk Olympique Lyon

3 Gelandang Baru yang Membela Olympique Lyon pada Musim Dingin 2024Nemanja Matic (tengah) (ol.fr)

Nemanja Matic merupakan gelandang bertahan veteran yang membela Stade Rennais setelah dihadirkan dari AS Roma pada musim panas 2023. Meski sudah berusia 35 tahun, pesepak bola kebangsaan Serbia ini masih menunjukkan peran penting sehingga kerap dipasang sebagai starter di berbagai kompetisi. Selain itu, dia juga beberapa kali diplot untuk turun menjadi gelandang tengah. Matic sendiri total berkontribusi dalam 19 pertandingan dengan menyumbang 3 assist bersama Les Rennais pada paruh 2023/2024.

Hanya singkat berseragam Stade Rennais, Nemanja Matic memilih pergi setelah setuju menerima pinangan dari Olympique Lyon pada musim dingin 2024. Dirinya telah menandatangani kontrak sampai 2026. Sejauh ini, dirinya langsung menjadi bagian penting di area tengah tim asal Prancis tersebut. Hingga pekan ke-22 pada 2023/2024, Matic mencatatkan penampilan dalam empat pertandingan di semua kompetisi untuk Les Gones.

Ketiga gelandang baru tersebut membela Olympique Lyon pada musim dingin 2024. Mereka semua telah menunjukkan kontribusi terhadap performa Les Gones. Lini tengah nampaknya menjadi salah satu fokus pembenahan dari tim asuhan Pierre Sage ini agar tetap bisa tampil kompetitif pada sisa musim 2023/2024.

Baca Juga: 4 Pemain Tertua Stade Rennais pada 2023/2024, Ada Nemanja Matic

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya