3 Gelandang Jebolan RB Salzburg di Bundesliga 2023/2024

Dua di antaranya membela RB Leipzig

SV Austria Salzburg sempat mengalami krisis sehingga membutuhkan suntikan dana segar untuk bangkit. Krisis ini sendiri telah menimbulkan dampak negatif karena menyebabkan kemerosotan performa tim. Red Bull selaku perusahaan raksasa kemudian memanfaatkan situasi ini dengan mengakuisisi tim asal Austria tersebut pada 2005.

Red Bull juga memutuskan untuk mengganti nama SV Austria Salzburg menjadi RB Salzburg. Tak hanya itu, Die Roten Bullen kemudian melakukan pembenahan di berbagai sektor demi tampil kompetitif lagi. Benar saja, mereka perlahan mampu bangkit dari keterpurukan.

RB Salzburg menjelma sebagai kekuatan yang sangat diperhitungkan. Tim asal Austria ini mulai mendominasi dengan memenangkan berbagai gelar domestik. Keberhasilan tersebut bisa didapat karena Die Roten Bullen mampu mengelola akademi sepak bola dengan baik dari suntikan dana segar. Ini membuat mereka tak pernah kehabisan bibit-bibit muda menjanjikan.

Banyak pemain lulusan RB Salzburg yang akhirnya melebarkan sayap dengan membangun karier di berbagai liga elite Eropa. Salah satu kompetisi yang menjadi tujuan favorit adalah Bundesliga Jerman. Pada 2023/2024, ada sekitar tiga gelandang jebolan akademi Die Roten Bullen yang mentas di kasta tertinggi sepak bola Jerman. Tak jarang, mereka sukses bertransformasi sebagai pilar penting untuk masing-masing tim.

1. Konrad Laimer didapatkan secara gratis oleh Bayern Munich pada musim panas 2023

3 Gelandang Jebolan RB Salzburg di Bundesliga 2023/2024Konrad Laimer (instagram.com/konradlaimer)

Konrad Laimer adalah gelandang tengah lulusan akademi RB Salzburg. Putra daerah Salzburg ini telah menunjukkan kinerjanya di berbagai kelompok umur. Dirinya lantas mendapat kesempatan emas untuk promosi ke skuad senior Die Roten Bullen pada 2015.

Konrad Laimer awalnya sering menghuni bangku cadangan. Namun, seiring berjalannya waktu, dirinya menunjukkan performa yang menjanjikan sehingga kerap dipercaya sebagai starter. Talenta yang kini berusia 26 tahun ini juga berjasa mengantarkan Die Roten Bullen meraih berbagai gelar domestik. Laimer mencatatkan total penampilan sebanyak 77 kali dengan mencetak 8 gol dan 6 assist di semua ajang.

Rekam jejak mengesankan ini membuat RB Leipzig mendatangkan Konrad Laimer pada musim panas 2017. Perlahan, pesepak bola berkebangsaan Austria ini menjadi salah satu sosok kunci di lini tengah. Namun, performanya beberapa kali harus terhambat karena masalah cedera. Meski begitu, dia pernah ikut mempersembahkan DFB Pokal pada 2022 dan 2023. Laimer telah tampil dalam 190 laga dengan mencetak 15 gol dan 19 assist bersama tim Jerman tersebut.

Konrad Laimer tidak memperpanjang kontraknya bersama RB Leipzig sehingga dilepas gratis pada musim panas 2023. Dirinya kemudian melanjutkan karier dengan menerima pinangan Bayern Munich dan setuju menandatangani kontrak sampai 2027. Dia diharapkan menambah opsi kekuatan The Bavarians, terutama di lini tengah.

Laimer langsung menjadi salah satu instrumen penting Bayern Munich 2023/2024. Dirinya bisa memainkan beberapa posisi, seperti gelandang tengah, gelandang sayap, dan bek kanan sesuai kebutuhan tim. Ini tentu menambah pilihan bagi pelatih untuk melakukan rotasi. Sampai pekan ke-24, dia telah berkontribusi dalam 30 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 2 assist di semua kompetisi.

Baca Juga: 4 Pemain RB Salzburg yang Pindah ke Bundesliga pada Musim Panas 2023

2. Xaver Schlager makin sulit tergeser dari skuad utama RB Leipzig 2023/2024

3 Gelandang Jebolan RB Salzburg di Bundesliga 2023/2024Xaver Schlager (rbleipzig.com)

Xaver Schlager merupakan gelandang tengah yang pernah mengenyam pendidikan di akademi RB Salzburg. Pesepak bola kelahiran Linz ini tampil di berbagai kelompok umur. Performanya dianggap mengesankan sehingga mendapat promosi ke skuad senior Die Roten Bullen pada 2016.

Tak menyia-nyiakan kesempatan, Xaver Schlager perhalan menjelma sebagai figur penting dalam permainan Die Roten Bullen. Pesepak bola versatile tersebut sering diturunkan sejak menit pertama di berbagai kompetisi. Dirinya juga ikut mempersembahkan berbagai gelar domestik. Schlager telah tampil sebanyak 107 pertandingan dengan mencetak 11 gol dan 11 assist.

Xaver Schlager lantas memilih hengkang dari RB Salzburg setelah menerima tawaran VfL Wolfsburg pada musim panas 2019. Tak butuh waktu adaptasi lama, dirinya sering mendapat kepercayaan pelatih untuk tampil sebagai starter. Selain geladang tengah, dia bisa diturunkan sebagai gelandang serang dan gelandang bertahan. Schlager membuat total penampilan dalam 81 pertandingan dengan mencetak 3 gol dan 9 assist untuk Die Wolfe.

Bertahan singkat, Xaver Schlager dijual VfL Wolfsburg kepada RB Leipzig pada musim panas 2022. Dirinya disodori kontrak sampai 2026. Talenta berkebangsaan Austria tersebut mampu menjalankan peran penting di area tengah. Dia juga ikut membawa Die Roten Bullen memenangkan beberapa gelar domestik.

Pada 2023/2024, Xaver Schlager makin sulit tergeser dari skuad utama RB Leipzig. Dirinya sering dipercaya Marco Rose untuk bermain selama 90 menit di semua kompetisi. Dia juga diplot menjadi gelandang tengah dan gelandang bertahan sesuai kebutuhan tim. Hingga pekan ke-24, pemain bertinggi 174 cm ini telah tampil dalam 32 laga dengan mengukir 1 gol dan 5 assist. Sejauh ini, Schlager mencatatkan total kontribusi sebanyak 65 pertandingan dengan mencetak 2 gol dan 7 assist.

3. Nicolas Seiwald masih sulit mendapat kesempatan reguler bersama RB Leipzig 2023/2024

3 Gelandang Jebolan RB Salzburg di Bundesliga 2023/2024Nicolas Seiwald (instagram.com/nicolasseiwald)

Nicolas Seiwald adalah gelandang tengah yang menimba ilmu di akademi sepak bola RB Salzburg. Performanya telah ditempa di berbagai kelompok umur dan berhasil mendapat promosi ke skuad senior pada 2020. Dia awalnya sering menjadi pelapis sehingga memperoleh menit bermain yang minim.

Seiring berjalannya waktu, dirinya bisa menjadi tulang punggung Die Roten Bullen. Talenta yang kini berusia 22 tahun tersebut ikut menghadirkan banyak gelar domestik ke Red Bull Arena Salzburg. Seiwald total diturunkan dalam 108 pertandingan dengan 5 gol dan 15 assist di semua ajang.

Nicolas Seiwald memiliki rekam jejak yang meyakinkan sehingga diboyong RB Leipzig pada musim panas 2023. Dirinya setuju bergabung dengan durasi jangka panjang sampai 2028. Sejauh ini, dia masih sulit mendapat kesempatan reguler bersama Die Roten Bullen 2023/2024. Pesepak bola kelahiran Kuchl ini sering menjadi penghangat bangku cadangan. Sampai pekan ke-24, Seiwald baru tampil dalam 18 laga dengan mengukir 1 assist di berbagai ajang.

Ketiga gelandang jebolan RB Salzburg di atas mentas di Bundesliga Jerman 2023/2024. Konrad Laimer dan Xaver Schlager berhasil menjadi figur penting untuk masing-masing tim musim ini. Sementara, Nicolas Seiwald masih berjuang mendapat menit bermain bersama RB Leipzig. Menurutmu, siapakah yang nantinya paling sukses berkarier di kasta tertinggi sepak bola Jerman?

Baca Juga: RB Salzburg Diam-diam Jadi Penyedia Pemain Terbesar di Timnas Austria

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya