3 Gelandang Jerman di Premier League 2023/2024

Semua menjadi penggawa inti masing-masing tim

Sepak bola menjadi olahraga paling populer bagi warga negara Jerman. Tak sia-sia, Die Mannschaft sukses membayar ekspektasi penggemar dengan torehan prestasi gemilang di berbagai ajang internasional. Selain itu, mereka juga mempunyai liga yang sangat kompetitif sehingga sering melahirkan talenta-talenta berkualitas pada tiap generasinya. Pencapaian luar biasa ini tentu memberikan dampak penting terhadap kemajuan tim nasional Jerman.

Berkat kualitas kompetisi dalam negeri yang mumpuni, banyak pesepak bola Jerman menjadi komoditas rebutan tim lain. Ini membuat mereka bisa tersebar di berbagai liga top Eropa, termasuk English Premier League. Kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut sangat menjanjikan untuk membangun karier. Pada 2023/2024, ada tiga gelandang Die Mannschaft yang sedang merumput di Premier League.

1. Kai Harvertz sempat kesulitan beradaptasi pada awal 2023/2024

3 Gelandang Jerman di Premier League 2023/2024Kai Harvertz (instagram.com/kaihavertz29)

Setelah mengantar Chelsea meraih berbagai gelar bergengsi, Kai Harvertz setuju untuk memulai petualangan baru dengan berseragam Arsenal pada musim panas 2023. Pesepak bola berkebangsaan Jerman ini dianggap sebagai rekrutan menjanjikan sehingga dipagari kontrak jangka panjang hingga 2028. Kedatangannya diproyeksikan untuk menambah kreativitas dan membantu sistem penyerangan The Gunners.

Tak langsung mulus, Kai Harvertz sempat kesulitan beradaptasi dengan skema taktik Arsenal pada awal 2023/2024. Ini membuatnya menjadi sasaran kritik dari banyak pihak. Meski begitu, gelandang serang yang kini berusia 24 tahun ini tidak menyerah dan sukses menjelma sebagai salah satu pilar kunci The Gunners. Hingga pekan ke-36 musim ini, Harvetz sendiri tampil sebanyak 49 kali dengan menyumbang 13 gol dan 6 assist di semua kompetisi.

Baca Juga: MU Berpotensi Catat Rekor Poin Terburuk Premier League

2. Vitaly Janelt hampir sulit tergeser dari skuad inti Brentford 2023/2024

3 Gelandang Jerman di Premier League 2023/2024Vitaly Janelt (instagram.com/janeltvitaly)

Vitaly Janelt adalah gelandang bertahan yang membela Brentford setelah diboyong dari VfL Bochum pada musim panas 2020. Tak butuh waktu lama, talenta yang kini berusia 25 tahun ini langsung mendapat peran penting di area tengah. Selain itu, dirinya juga ikut berjasa mengantar The Bees mendapatkan tiket promosi ke Premier League. Berkat etos kerja mengesankan tersebut, dia mendapat perpanjangan kontrak hingga 2026.

Pada 2023/2024, Vitaly Janelt hampir sulit digeser dari skuad inti Brentford. Dirinya sering diturunkan oleh Thomas Frank sebagai starter di semua ajang. Selain gelandang bertahan, pemain berkebangsaan Jerman ini juga mampu berperan menjadi gelandang tengah dan bek kiri sesuai skema taktik. Sampai pekan ke-36, pesepak bola kelahiran Hamburg ini tampil sebanyak 40 kali dengan menorehkan 3 assist. Sejauh ini, Janelt telah menunjukkan total kontribusi dalam 159 pertandingan dengan mencetak 11 gol dan 8 assist bersama The Bees.

3. Pascal Gross masih memegang peran kunci di area tengah Brighton & Hove Albion 2023/2024

3 Gelandang Jerman di Premier League 2023/2024Pascal Gross (brightonandhovealbion.com)

Pascal Gross merupakan gelandang tengah yang memperkuat Brighton & Hove Albion setelah dibeli dari FC Ingolstadt pada musim panas 2017. Pemain versatile ini mampu menempati banyak posisi sehingga memudahkan pelatih dalam melakukan rotasi. Hal tersebut juga membuatnya sering dipercaya masuk skuad utama The Seagulls. Pesepak bola yang kini berusia 32 tahun ini masih menyisakan kontrak sampai 2025 untuk mentas di Falmer Stadium.

Pascal Gross masih memegang peran kunci di area tengah Brighton & Hove Albion 2023/2024. Pemain kelahiran Mannheim ini kerap diberikan kesempatan oleh Roberto De Zerbi untuk mentas selama 90 menit di semua kompetisi. Selain gelandang, dirinya juga beberapa kali diplot menjadi bek sayap. Sampai pekan ke-36 musim ini, Gross sudah bermain sebanyak 44 kali dengan mengukir 5 gol dan 13 assist bersama The Seagulls. Sejauh ini, talenta berkebangsaan Jerman tersebut telah diturunkan total dalam 258 laga dengan membuat 32 gol dan 52 assist.

Ketiga gelandang berkebangsaan Jerman di atas merumput di English Premier League 2023/2024. Mereka semua sukses menjelma sebagai figur penting dalam skema taktik sehingga mendapat banyak menit bermain untuk masing-masing tim. Tak hanya itu, kehadiran para pesepak bola tersebut juga sering menjadi faktor pembeda dalam sebuah pertandingan.

Baca Juga: 3 Pemain Aljazair yang Merumput di Premier League 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya