3 Jebolan Akademi Arsenal yang Berkiprah di Serie A 2023/2024

Ada Wojciech Szczesny

Arsenal mampu menjaga tradisi sebagai salah satu raksasa yang disegani dari Inggris. Bukan tanpa alasan, The Gunners telah berhasil memenangkan banyak trofi kompetisi domestik. Selain itu, tim asal London Utara tersebut juga terkenal karena sukses mengelola akademi dengan baik. Ini membuat mereka rutin melahirkan talenta dengan potensi menjanjikan.

Selain sebagai regenerasi skuad Arsenal, banyak pesepak bola jebolan The Gunners yang memutuskan untuk berkarier membela tim raksasa lain di liga top Eropa. Salah satu kompetisi yang menjadi tujuan adalah Serie A Italia. Pada 2023/2024, ada tiga jebolan akademi Arsenal yang berkiprah di kasta tertinggi sepak bola Italia.

1. Wojciech Szczesny masih menjadi pilihan utama Juventus 2023/2024

3 Jebolan Akademi Arsenal yang Berkiprah di Serie A 2023/2024Wojciech Szczesny (instagram.com/wojciech.szczesny1)

Wojciech Szczesny adalah kiper yang didapatkan Arsenal dari Legia Warszawa pada 2006. Tak langsung menjadi bagian penting, pesepak bola berkebangsaan Polandia ini terlebih dahulu mentas bersama skuad U-21 agar performanya matang. Benar saja, dirinya mampu mendapat promosi ke skuad senior pada 2008.

Kariernya tak langsung mulus, Wojciech Szczesny sempat dipinjamkan Arsenal kepada Brentford selama semusim agar mendapat jam terbang. Dia bisa menjadi pilihan utama saat berseragam The Bees. Selepas menyelesaikan masa peminjaman, pemain berusia 33 tahun ini perlahan mampu mendapat tempat utama di skuad The Gunners. Dirinya juga ikut berkontribusi mempersembahkan beberapa gelar domestik untuk tim London Utara tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu, Wojciech Szczesny mulai tersisih dari skuad utama sehingga sering menghuni bangku cadangan. Arsenal lantas memutuskan meminjamkannya kepada AS Roma. Dia merumput bersama I Giallorossi kurang lebih selama 2 musim. Selepas menyelesaikan masa peminjaman, kiper veteran ini tidak masuk rencana masa depan The Gunners. Szczesny cukup mencatatkan penampilan sebanyak 181 pertandingan dengan kebobolan gol sebanyak 194 gol di semua ajang untuk tim London Utara tersebut.

Wojciech Szczesny benar-benar dilepas permanen Arsenal kepada Juventus pada musim panas 2017. Pemain kelahiran Warszawa ini perlahan mampu bertransformasi sebagai pilar penting di lini pertahanan La Vecchia Signora. Dirinya sudah mengantarkan tim asal Italia tersebut meraih berbagai gelar domestik. Szczesny juga masih menyisakan kontrak sampai 2025.

Meski sudah sudah veteran, Wojciech Szczesny masih menjadi pilihan utama Juventus 2023/2024. Dirinya kerap dipercaya Massimiliano Allegri untuk tampil selama 90 menit. Hingga pekan ke-27, dia telah diturunkan dalam 25 pertandingan dengan kebobolan sebanyak 20 gol di Serie A Italia. Szczesny sendiri mencatatkan total kontribusi sebanyak 242 laga dengan kebobolan 223 gol di semua ajang.

Baca Juga: Arsenal Masih Menggila, Tetap Produktif Bersama Arteta

2. Ismael Bennacer sempat absen lama karena cedera lutut pada 2023/2024

3 Jebolan Akademi Arsenal yang Berkiprah di Serie A 2023/2024Ismael Bennacer (instagram.com/ismaelbennacer)

Ismael Bennacer merupakan gelandang bertahan yang didapatkan Arsenal dari AC Arles-Avignon pada musim panas 2015. Pemain kelahiran Arles ini terlebih dahulu harus mengasah kemampuan bersama skuad U-18 dan U-23. Kariernya tidak mudah, dia juga sempat dipijamkan The Gunners kepada Tours FC untuk menambah pengalaman.

Selepas kembali, Ismael Bennacer ternyata tidak masuk rencana masa depan Arsenal. Dirinya tercatat hanya tampil dalam satu pertandingan bersama skuad senior The Gunners. Tim London Utara ini lantas membuat keputusan untuk melepas Bennacer kepada Empoli pada musim panas 2017.

Tak butuh waktu lama beradaptasi, Ismael Bennacer mampu menjadi salah satu instrumen penting di lini tengah Empoli. Selain gelandang bertahan, dirinya kerap diplot sebagai gelandang tengah dan gelandang serang sesuai kebutuhan taktik. Pemain berusia 26 tahun ini ikut mengantar Gli Azzurri promosi ke Serie A Italia 2018. 

Bertahan singkat, Ismael Bennacer memilih pergi dari Empoli setelah menerima tawaran dari AC Milan pada musim panas 2019. Dia langsung menjadi salah satu sosok penting di lini tengah. Namun, cedera sering menghambat performanya sehingga melewatkan banyak laga. Meski begitu, dirinya sudah pernah mengantar Rossoneri menjadi juara Serie A Italia 2022. Bennacer sendiri juga masih terikat kontrak sampai 2027.

Pada 2023/2024, Ismael Bennacer menunjukkan kontribusi yang kurang optimal untuk AC Milan. Itu terjadi karena ia sempat absen cukup lama setelah melakukan operasi lutut. Selepas pulih, gelandang dengan tinggi 175 cm tersebut mulai masuk skuad utama Rossoneri. Hingga pekan ke-27, dia baru diturunkan dalam 12 pertandingan dengan menyumbang 1 assist di semua kompetisi. Sejauh ini, Bennacer total berkontribusi sebanyak 157 laga dengan menorehkan 6 gol dan 10 assist.

3. Yunus Musah disodori kontrak jangka panjang berdurasi sampai 2028 oleh AC Milan

3 Jebolan Akademi Arsenal yang Berkiprah di Serie A 2023/2024Yunus Musah (instagram.com/yunus.musah8)

Yunus Musah adalah gelandang tengah potensial yang pernah mengenyam pendidikan di akademi Arsenal. Namun, pemain berkebangsaan Amerika Serikat ini tidak pernah merasakan merumput dengan skuad senior. Dia hanya tampil membela skuad U-18 tim London Utara tersebut.

Yunus Musah ternyata tidak memperpanjang kontrak bersama Arsenal dan memilih datang secara gratis untuk memperkuat Valencia B. Pilihannya tepat, ia mampu menunjukkan performa menjanjikan sehingga dipanggil membela Valencia pada 2020. Dirinya sukses menjelma sebagai salah satu kunci permainan Los Che. Musah sendiri mencatatkan total penampilan sebanyak 108 pertandingan dengan mengukir 5 gol dan 3 assist di berbagai kompetisi.

Kinerja mengesankan Yunus Musah ternyata masuk radar transfer AC Milan sehingga diboyong pada musim panas 2023. Pemain kelahiran New York ini langsung disodori kontrak jangka panjang berdurasi sampai 2028. Kedatangannya diproyeksikan untuk memperlancar aliran bola dan menambah daya kreativitas lini tengah Rossoneri.

Meski masih berusia 21 tahun, Yunus Musah bisa memberikan kedalaman kekuatan AC Milan 2023/2024. Dirinya sering diberikan kesempatan oleh Stefano Pioli untuk tampil sebagai starter. Selain gelandang tengah, dia juga dimainkan menjadi gelandang serang dan gelandang bertahan sesuai kebutuhan tim. Sampai pekan ke-27, Musah telah bermain dalam 29 pertandingan dengan mencetak 1 assist di semua ajang.

Ketiga pemain akademi Arsenal di atas berkiprah di Serie A Italia 2023/2024. Wojciech Szczesny dan Yunus Musah mampu menjadi pilar penting bagi masing-masing tim musim ini. Sementara, Ismael Bennacer mulai mendapat menit bermain lagi selepas sembuh dari cedera lutut.

Baca Juga: 3 Pencapaian Spesial Arsenal Usai Kemenangan atas Sheffield United

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya