4 Jebolan Akademi Aston Villa di Klub Premier League 2023/2024 Lain

Sebagian besar berusia di bawah 23 tahun

Aston Villa memiliki rekam jejak yang tidak bisa dianggap remeh dari segi prestasi. Tak hanya merasakan berbagai gelar domestik, The Villans ternyata juga pernah membawa pulang trofi Liga Champions Eropa dan UEFA Super Cup. Selain itu, mereka memiliki regenerasi skuad yang baik karena sukses menjalankan program akademi sepak bola.

Tak hanya memperkuat Aston Villa, para pemain lulusan akademi tersebut juga sering menjadi komoditas rebutan banyak tim Eropa. Bukan hal yang mengejutkan jika mereka mampu tersebar di berbagai kompetisi Benua Biru, termasuk di English Premier League. Pada 2023/2024, ada empat jebolan akademi Aston Villa di klub Premier League lain.

1. Jack Grealish tak selalu bermain reguler bersama Manchester City 2023/2024

4 Jebolan Akademi Aston Villa di Klub Premier League 2023/2024 LainJack Grealish (instagram.com/jackgrealish)

Jack Grealish adalah penyerang sayap yang sudah menimba ilmu di akademi sepak bola Aston Villa. Pesepak bola asli Birmingham ini tampil di berbagai kelompok umur. Performanya dinilai mengesankan sehingga dipanggil untuk memperkuat skuad senior The Villans pada musim panas 2013.

Namum, Aston Villa langsung meminjamkan Jack Grealish kepada Notts County. Hal tersebut demi membuatnya mendapat pengalaman. Meski berstatus pinjaman, pesepak bola berusia 28 tahun ini sering dipasang sebagai starter di semua ajang. Selain itu, dia bisa diturunkan di berbagai posisi sehingga menambah opsi pelatih untuk melakukan rotasi. Grealish sendiri mencatatkan total penampilan sebanyak 39 laga dengan mengukir 5 gol dan 7 assist bersama Notts County.

Jack Grealish kemudian dipanggil lagi untuk memperkuat Aston Villa pada musim panas 2014. Perjalanan awalnya tidak mudah, dia kesulitan mendapat kesempatan reguler sehingga minim kontribusi. Tak menyerah, dirinya perlahan bisa menunjukkan perkembangan sehingga sukses menjelma sebagai sosok kunci dan dipercaya mengemban jabatan kapten The Villans. Pemain berkebangsaan Inggris ini juga setia menemani pasang surut performa tim asal Birmingham tersebut. Grealish mencatatkan total penampilan dalam 213 pertandingan dengan menyumbang 32 gol dan 43 assist di berbagai kompetisi. 

Portofolio impresif tersebut membuat Manchester City kepincut sehingga mendatangkan Jack Grealish dari Aston Villa pada musim panas 2021. Dirinya setuju menandatangani kontrak jangka panjang berdurasi sampai 2027. Dia langsung memegang penting permainan The Citizens. Meski posisi aslinya penyeran sayap, talenta asli Birmingham ini bisa diplot menjadi geladang serang dan penyerang tengah. Selain itu, Grealish juga telah ikut mengantar tim Manchester ini meraih banyak gelar bergengsi.

Pada 2023/2024, Jack Grealish tak selalu bermain reguler bersama Manchester City. Hal tersebut terjadi karena Pep Guardiola sering melakukan rotasi skuad. Meski begitu, Grealish mampu menambah kedalaman kekuatan, terutama di lini depan. Hingga pekan ke-28 musim ini, dia tampil dalam 27 pertandingan dengan mencetak 3 gol dan 2 assist di semua ajang. Sejauh ini, talenta berusia 28 tahun ini membuat total kontribusi sebanyak 116 laga dengan mengukir 14 gol dan 17 assist untuk The Citizens.

2. Aaron Ramsey memperoleh menit bermain minim bersama Burnley 2023/2024

4 Jebolan Akademi Aston Villa di Klub Premier League 2023/2024 LainAaron Ramsey (burnleyfootballclub.com)

Aaron Ramsey merupakan gelandang serang yang mengenyam pendidikan di akademi sepak bola Aston Villa. Kemampuannya telah ditempa di berbagai kelompok umur. Selain itu, dirinya juga sempat dipinjamkan ke beberapa tim seperti Cheltenham Town, Norwich City, dan Middlesbrough. Hal tersebut demi membuat performanya lebih matang.

Aaron Ramsey tercatat hanya tampil satu kali membela skuad senior Aston Villa. Pesepak bola kelahiran Birmingham ini lantas benar-benar dilepas permanen oleh The Villans setelah setuju dengan tawaran Burnley pada musim panas 2023. Aaron Ramsey dianggap sebagai rekrutan penting sehingga mendapat kontrak jangka panjang berurasi sampai 2028 bersama The Clarets.

Sejauh ini, Aaron Ramsey kesulitan mendapat kesempatan reguler bersama Burnley 2023/2024. Ini membuatnya memperoleh menit bermain yang minim. Meski posisi aslinya gelandang serang, Vincent Kompany selaku pelatih sering menugaskan talenta 21 tahun tersebut menjadi gelandang tengah dan gelandang sayap The Clarets. Hingga pekan ke-29 musim ini, pesepak bola berkebangsaan Inggris ini baru tampil sebanyak 17 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City yang Pakai Nomor 10 sebelum Jack Grealish

3. Carney Chukwuemeka sempat absen lama karena menderita cedera lutut pada 2023/2024

4 Jebolan Akademi Aston Villa di Klub Premier League 2023/2024 LainCarney Chukwuemeka (instagram.com/chukwuemeka10)

Carney Chukwuemeka adalah gelandang tengah jebolan akademi Aston Villa. Dirinya sudah merasakan merumput di berbagai kategori umur The Villans. Performanya dianggap mengesankan sehingga mendapat kesempatan emas untuk promosi ke skuad senior pada musim panas 2021.

Carney Chukwuemeka lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan Aston Villa. Meski begitu, dia beberapa kali mampu mendapat kesempatan untuk turun sebagai starter tim asal Birmingham tersebut. Selain gelandang tengah, dia bisa mengemban tugas menjadi gelandang serang sesuai kebutuhan taktik The Villans. Chukwuemeka sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 16 pertandingan dengan menyumbang 1 assist di berbagai ajang.

Performa menjanjikan talenta 20 tahun ini masuk radar transfer Chelsea sehingga didatangkan dari Aston Villa pada musim panas 2022. Carney Chukwuemeka dipagari kontrak jangka panjang berdurasi sampai 2028 untuk bertahan di Stamford Bridge. Dia sering tampil sebagai pelapis karena ketatnya persaingan di lini tengah tim London Barat tersebut. 

Pada 2023/2024, Carney Chukwuemeka sempat absen panjang karena menderita cedera lutut. Selepas pulih, pesepak bola kelahiran Eisenstadt tersebut masih sulit menembus skuad utama The Blues. Hingga pekan ke-28 musim ini, dia baru diturunkan sebanyak 9 pertandingan dengan mencetak 2 gol dan 1 assist di berbagai ajang. Sejauh ini, Chukwuemeka membuat total kontribusi sebanyak 24 laga dengan mengukir 2 gol dan 1 assist untuk tim London Barat.

4. Cameron Archer kerap menembus skuad utama Sheffield United 2023/2024

4 Jebolan Akademi Aston Villa di Klub Premier League 2023/2024 LainCameron Archer (instagram.com/cameronarcher9)

Cameron Archer merupakan penyerang tengah yang telah tampil di berbagai kategori umur di akademi Aston Villa. Dirinya juga sempat dipinjamkan kepada Solihull Moors demi memperoleh menit bermain dan pengalaman. Selepas melakoni masa peminjaman tersebut, dia mendapat promosi ke skuad senior The Villans pada musim panas 2021.

Tak sesuai harapan, Cameron Archer kesulitan menjadi ujung tombak utama Aston Villa. Ini membuatnya kerap menghuni bangku cadangan. The Villans lantas membuat keputusan untuk meminjamkan penyerang muda potensial tersebut kepada Preston North End dan Middlesbrough.

Setelah menjalani masa peminjaman, Cameron Archer bergabung kembali dengan skuad Aston Villa pada musim panas 2023. Dirinya membuat total kontribusi dalam 14 laga dengan mencetak 4 gol bersama tim asal Birmingham tersebut. Bertahan singkat, pesepak bola kelahiran Walsall ini ternyata memilih hengkang dari The Villans setelah menerima tawaran Sheffield United. Dirinya juga setuju dengan durasi kontrak sampai 2027 untuk merumput di Bramall Lane Stadium.

Keputusannya tepat, Cameron Archer kerap dipercaya masuk skuad utama Sheffield United 2023/2024. Selain penyerang tengah, posisinya beberapa kali dirotasi menjadi gelandang serang, penyeran sayap, dan penyerang bayangan sesuai skema taktik The Blades. Sampai pekan ke-28 musim ini, dia sudah bermain dalam 25 laga dengan mencetak 4 gol di semua kompetisi.

Keempat jebolan akademi Aston Villa di atas tampil membela tim lain di English Premier League 2023/2024. Musim ini, baru Cameron Archer yang paling banyak mendapat menit bermain bersama Sheffield United. Sementara, para pemain yang lainnya tak selalu tampil reguler untuk masing-masing tim.

Baca Juga: Membahas Rivalitas Inggris dan Irlandia dari Kasus Grealish dan Rice

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya