3 Jebolan Akademi Atletico Madrid Mentas di Premier League 2023/2024

Dua di antaranya gelandang bertahan

Atletico Madrid sering menjadi kuda hitam dalam ketatnya persaingan antara Barcelona dan Real Madrid. Meski begitu, Los Colchoneros bisa memanfaatkan peluang sehingga sukses mengoleksi berbagai gelar domestik dan Eropa. Selain prestasi yang mentereng tersebut, mereka juga lihai dalam urusan memoles bibit-bibit muda potensial di akademi sepak bolanya. Bukan hal yang mengejutkan jika tim asal ibu kota Spanyol ini rutin mengorbitkan talenta hebat.

Tak hanya berfungsi sebagai fondasi kekuatan Atletico Madrid di masa mendatang, para lulusan akademi tersebut juga dianggap mampu bersaing sehingga kerap masuk radar transfer tim lain. Ini membuat mereka bisa mengembangkan karier di berbagai kompetisi elite Eropa, termasuk English Premier League (EPL). Pada 2023/2024, ada tiga jebolan akademi Los Colchoneros yang mentas di Premier League.

1. Thomas Partey tampil kurang optimal karena sempat mengalami cedera pada 2023/2024

3 Jebolan Akademi Atletico Madrid Mentas di Premier League 2023/2024Thomas Partey (depan) (instagram.com/ thomaspartey5)

Thomas Partey adalah gelandang bertahan lulusan akademi sepak bola Atletico Madrid. Pemain berkebangsaan Ghana ini telah menunjukkan kemampuannya di berbagai kelompok umur. Dirinya kemudian mendapat kesempatan untuk merumput bersama skuad Atletico Madrid B pada musim panas 2013.

Langkahnya tak langsung mulus, Thomas Partey sempat dipinjamkan kepada beberapa tim seperti RCD Mallorca dan UD Almeria. Ini dilakukan agar gelandang berusia 30 tahun ini mendapat pengalaman dan menit bermain. Selepas melakoni masa peminjaman tersebut, dia dipanggil kembali untuk masuk skuad Atletico Madrid B pada musim panas 2015.

Tak berselang lama, Thomas Partey dianggap sudah siap sehingga mendapat promosi ke skuad senior Atletico Madrid pada musim panas 2015. Pesepak bola kelahiran Odumase Krobo ini perlahan bertransformasi sebagai pilar penting permainan tim. Meski posisi aslinya gelandang bertahan, dia bisa diturunkan menjadi gelandang tengah sesuai kebutuhan taktik. Dirinya juga ikut berkontribusi mengantar Los Colchoneros memenangkan UEFA Super Cup dan Europa League. Partey sendiri mencatatkan total penampilan sebanyak 188 laga dengan mencetak 16 gol dan 12 assist di semua kompetisi.

Berkat performa solid selama berseragam Atletico Madrid, Thomas Partey sukses masuk radar transfer Arsenal sehingga didatangkan pada musim panas 2020. Pesepak bola bertinggi 185 cm ini menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2025. Benar saja, dia mampu menambah kekuatan di sektor tengah The Gunners. Dirinya juga berjasa mengantar tim London Utara tersebut memenangkan Community Shield. 

Pada 2023/2024, Thomas Partey menunjukkan kontribusi yang kurang maksimal bersama Arsenal. Ini terjadi karena ia sempat menderita cedera hamstring sehingga melewatkan banyak laga. Selain itu, kehadiran Declan Rice membuat posisinya sebagai gelandang bertahan mulai tersisih. Hingga pekan ke-31 musim ini, dirinya baru tampil sebanyak sembilan kali di berbagai ajang. Sejauh ini, Partey mencatatkan total bermain dalam 108 pertandingan dengan menorehkan 5 gol dan 4 assist.

Baca Juga: 3 Bukti Betapa Krusialnya Peran Alejandro Garnacho bagi MU

2. Alejandro Garnacho mulai sering mengisi starter Manchester United 2023/2024

3 Jebolan Akademi Atletico Madrid Mentas di Premier League 2023/2024Alejandro Garnacho (instagram.com/garnacho7)

Alejandro Garnacho merupakan penyerang sayap yang sempat menimba ilmu di akademi sepak bola Atletico Madrid. Tak sampai promosi ke tim senior, talenta muda berkebangsaan Argentina ini ternyata mampu memikat perhatian Manchester United. Dirinya kemudian setuju menerima pinangan The Red Devils pada musim panas 2020.

Pesepak bola kelahiran Madrid ini terlebih dahulu ditempa di akademi sepak bola Manchester United. Alejandro Garnacho telah mentas di berbagai kelompok umur. Benar saja, pemain berusia 19 tahun ini mendapat kesempatan emas untuk masuk skuad senior The Red Devils pada musim panas 2022.

Alejandro Garnacho ternyata lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan. Ini membuatnya tidak memperoleh menit bermain yang banyak. Meski begitu, dirinya telah ikut mempersembahkan trofi EFL Cup 2023. Pesepak bola yang memiliki garis keturunan Spanyol ini dianggap memiliki potensi besar sehingga mendapat perpanjangan kontrak sampai 2028.

Pada 2023/2024, Alejandro Garnacho mulai mendapat kepercayaan Erik ten Hag sehingga sering mengisi daftar starter Manchester United. Pesepak bola bertinggi 180 cm ini juga bisa menjadi faktor pembeda dalam skema permainan The Red Devils. Hingga pekan ke-30 musim ini, penyerang sayap berusia 19 tahun tersebut bermain sebanyak 39 kali dengan mencetak 7 gol dan 4 assist di berbagai kompetisi. Garnacho sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 75 pertandingan dengan mengukir 12 gol dan 9 assist.

3. Rodrigo sulit tergeser sebagai gelandang bertahan utama Manchester City 2023/2024

3 Jebolan Akademi Atletico Madrid Mentas di Premier League 2023/2024Rodrigo (mancity.com)

Rodrigo Hernandez Cascante atau yang akrab dipanggil Rodrigo ini adalah gelandang bertahan yang pernah mengenyam pendidikan di akademi sepak bola Atletico Madrid. Pemain berkebangsaan Spanyol tersebut tampil bersama skuad U-17 Los Colchoneros. Selepas itu, dirinya pergi secara gratis kepada Villarreal pada musim panas 2013.

Pemain kelahiran Madrid ini terlebih dahulu harus melakoni pendidikan di akademi Villarreal. Benar saja, Rodrigo dianggap menampilkan performa menjanjikan sehingga dipanggil untuk masuk skuad senior El Submarino Amarillo pada musim panas 2016. Dia awalnya kesulitan tampil secara reguler. Namun, seiring berjalannya waktu, gelandang berusia 27 tahun ini sukses menjelma sebagai salah satu instrumen penting dalam tim. Dirinya telah mencatatkan total kontribusi sebanyak 84 pertandingan dengan mencetak 2 gol dan 6 assist di berbagai kompetisi.

Rodrigo kemudian setuju untuk hengkang dari Villarreal demi kembali membela Atletico Madrid pada musim panas 2018. Tak butuh waktu adaptasi lagi, dirinya langsung diplot untuk mengisi posisi gelandang bertahan utama Los Colchoneros. Ini membuatnya kerap tampil selama 90 menit di berbagai ajang. Dia juga telah berjasa mengantar tim asal Madrid tersebut memenangkan UEFA Super Cup. Pemain bertinggi 191 cm ini sudah berkontribusi dalam 47 laga dengan mencetak 3 gol dan 1 assist.

Hanya bertahan singkat, Rodrigo setuju untuk pergi dari Atletico Madrid dengan menerima pinangan Manchester City pada musim panas 2019. Keputusannya tepat, dia mampu bertransformasi sebagai salah satu figur penting di lini tengah tim asal Inggris tersebut. Selain itu, dirinya juga sudah ikut berkontribusi mempersembahkan banyak gelar bergengsi untuk The Citizens. Kinerjanya dianggap masih sulit tergantikan sehingga mendapat perpanjangan kontrak sampai 2027.

Rodrigo masih sulit tergeser sebagai gelandang bertahan utama Manchester City 2023/2024. Dirinya sering dipasang sejak menit pertama di berbagai ajang. Kehadirannya sukses memberikan keseimbangan di area tengah The Citizens. Hingga pekan ke-31 musim ini, dia bermain sebanyak 39 kali dengan mengukir 8 gol dan 12 assist di semua ajang. Pesepak bola berkebangsaan Spanyol ini mencatatkan total penampilan dalam 246 laga dengan mengukir 25 gol dan 28 assist.

Ketiga jebolan akademi Atletico Madrid di atas mentas di English Premier League 2023/2024. Musim ini, Rodrigo dan Alejandro Garnacho mampu menjelma sebagai pilar kunci permainan bagi masing-masing tim. Sementara, Thomas Partey menunjukkan performa yang kurang optimal karena sempat menderita cedera hamstring.

Baca Juga: 3 Pencapaian Rodri Sepanjang 2023, Luar Biasa!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya