6 Pemain Jebolan Akademi Boca Juniors di Liga Top Eropa 2022/2023

Ada yang baru juara Piala Dunia 2022

Boca Juniors merupakan salah satu klub raksasa yang berasal dari Argentina. Mereka sering mendominasi kompetisi domestik, bahkan beberapa kali memenangkan Copa Libertadores. Prestasi tersebut tak lepas dari pengembangan bakat muda melalui akademi dari tim berjuluk Xeneizes tersebut.

Tak jarang banyak klub top mengincar untuk merekrut pemain berbakat dari Boca Juniors. Pada musim 2022/2023, ada beberapa nama jebolan akademi dari klub asal Argentina ini yang berkarier di Eropa. Siapa saja mereka? Mari yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Willy Caballero (Southampton)

https://www.youtube.com/embed/jka0OOfLTns

Willy Cabalero adalah penjaga gawang veteran yang saat ini masih bermain di English Premier League dengan membela Southampton. Ia ternyata pernah merasakan menimba ilmu di akademi milik Boca Juniors. Bahkan, ia mampu dipromosikan ke skuad utama tim asal Argentina tersebut pada tahun 2000.

Sekitar empat musim membela Boca Juniors, Willy Cabalero memulai perjalanan karier di Eropa pada 2004. Kiper kelahiran Villa Constitucion ini telah bermain untuk berbagai klub top, bahkan sudah memenangkan banyak gelar bergengsi.

Pada 2022/2023, sejauh ini dirinya belum pernah bermain sekali pun untuk Southampton. Meski begitu, ia bisa berperan sebagai mentor untuk para penggawa tim berjuluk The Saints ini demi bersaing di ketatnya kompetisi EPL.

2. Leonardo Balerdi (Olympique de Marseille)

6 Pemain Jebolan Akademi Boca Juniors di Liga Top Eropa 2022/2023Leonardo Balerdi (twitter.com/OM_Officiel)

Leonardo Balerdi merupakan bek tengah muda yang pernah mengenyam pendidikan di akademi milik Boca Juniors. Pemain kelahiran Villa Mercedes ini sukses dipromosikan ke skuad utama tim asal Argentina tersebut pada 2018. Hanya berselang satu musim, bakatnya mulai terpantau oleh beberapa klub besar Eropa.

Pada 2019, Leonardo Balerdi akhirnya bergabung dengan Borussia Dortmund. Ia hanya singkat bermain di kompetisi Bundesliga. Setelah itu, ia dikontrak oleh Olympique de Marseille saat bursa transfer musim panas 2021. Musim 2022/2023, pemain 23 tahun ini sering mendapatkan menit bermain yang banyak di kompetisi domestik, bahkan Liga Champions Eropa. Permainan Balerdi masih bisa berkembang untuk mencapai potensi terbaiknya ketika di lapangan.

3. Nahuel Molina (Atletico Madrid)

6 Pemain Jebolan Akademi Boca Juniors di Liga Top Eropa 2022/2023Nahuel Molina (twitter.com/Atleti)

Nahuel Molina adalah bek kanan baru dari Atletico Madrid. Pesepak bola 24 tahun ini ternyata jebolan dari akademi Boca Juniors. Namun, ia tidak bisa menembus ke skuad utama dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk dipinjamkan ke tim lain.

Kemampuan Nahuel Molina ternyata masuk pantauan radar dari Udinese. Pada tahun 2020, ia memutuskan untuk bergabung dengan klub berjuluk I Friulani tersebut. Tak butuh waktu lama, dirinya sukses menembus skuad utama dan sering memberikan kontribusi terhadap permainan tim.

Permainannya di Udinese membuat Atletico Madrid tertarik untuk merekrut bek kanan asal Argentina tersebut. Nahuel Molina resmi bergabung dengan klub asal Spanyol ini pada bursa transfer musim panas 2022. Sejauh ini dirinya langsung menjadi pilihan utama Diego Simeone untuk bermain di kompetisi domestik dan juga Eropa. Tak hanya cemerlang bersama klub, pesepak bola 24 tahun ini juga ikut mengantarkan Timnas Argentina untuk menjadi juara Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 10 Potret Nahuel Molina, Fullback Anyar Atletico Madrid asal Argentina

4. Leandro Paredes (Juventus)

https://www.youtube.com/embed/hntkTe9OC04

Leandro Paredes adalah gelandang bertahan asal Argentina yang pernah merasakan pendidikan di akademi sepak bola milik Boca Juniors. Ia bahkan sampai mendapat kesempatan untuk dipromosikan ke skuad utama klub berjuluk Xeneizes ini pada 2012 yang lalu.

Pemain kelahiran San Justo ini kemudian melanjutkan kariernya di Eropa pada 2012 dengan bermain untuk Chievo Verona. Ia banyak bertualang ke berbagai klub yang ada di Benua Biru. Pada 2022/2023, ia dipinjamkan ke Juventus oleh Paris Saint-Germain selama satu musim. Paredes sejauh ini sering diberikan kesempatan oleh Massimiliano Allegri pada berbagai kompetisi yang diikuti oleh La Vecchia Signora. Prestasinya yang paling gemilang adalah mengantarkan Timnas Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022.

5. Rodrigo Bentancur (Tottenham Hotspur)

6 Pemain Jebolan Akademi Boca Juniors di Liga Top Eropa 2022/2023Rodrigo Bentancur (instagram.com/rodrigo_bentancur)

Rodrigo Bentancur adalah gelandang tengah asal Uruguay yang pernah menimba ilmu di akademi sepak bola milik Boca Juniors. Pemain 25 tahun ini sering menunjukkan kemampuan luar biasa sehingga dipromosikan ke skuad utama tim asal Argentina tersebut pada 2015 yang lalu.

Bentancur hanya bertahan selama dua musim saja bersama Boca Juniors. Gelandang yang satu ini kemudian meneruskan petualangannya di Eropa dengan membela Juventus pada bursa transfer musim panas 2017. Dirinya sukses menjelma sebagai salah satu pemain penting untuk La Vecchia Signora.

Kegemilangannya bersama Juventus membuat Tottenham Hotspur merekrutnya pada bursa transfer musim dingin 2022. Bentancur langsung dikontrak hingga 2026 mendatang. Dirinya sering dipercaya oleh Antonio Conte untuk menjadi jenderal lapangan tengah klub berjuluk The Lilywhites ini.

6. Oscar Trejo (Rayo Vallecano)

https://www.youtube.com/embed/YAaNv6O6NLo

Oscar Trejo adalah gelandang serang veteran yang mengawali karier dengan akademi sepak bola milik Boca Juniors. Pemain asal Argentina ini bahkan dipromosikan ke skuad utama pada 2005 yang lalu. Ia hanya bertahan dua musim saja bersama klub berjuluk Xeneizes ini sebelum berkiprah di sepak bola Eropa.

Pemain kelahiran Santiago del Estero ini banyak menghabiskan kariernya dengan membela beberap klub di LaLiga. Saat ini Oscar Trejo bermain untuk Rayo Vallecano. Pada 2022/2023, sejauh ini dirinya sering dipercaya sebagai kapten dan sudah berkontribusi lewat gol serta assist di Liga Spanyol.

 

Keenam pemain di atas pernah merasakan menimba ilmu bersama akademi sepak bola milik Boca Juniors. Saat ini mereka semua sukses berkarier di liga top Eropa dan bahkan beberapa ada yang sudah berhasil dipanggil untuk memperkuat Timnas masing-masing. Menurut kalian, dari para pesepak bola tersebut, manakah yang mempunyai perjalanan paling cemerlang?

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Boca Juniors Terbaik yang Pernah Main di Serie A

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya