3 Jebolan Akademi Club Brugge yang Mentas di Serie A 2023/2024

Sebagian besar menjalankan peran di lini depan

Club Brugge menjadi salah satu kekuatan yang sangat diperhitungkan di Belgia. Mereka mempunyai rekam jejak yang mengesankan karena sering memenangi berbagai gelar domestik.

Selain berhasil mendapatkan banyak trofi, tim berjuluk Blauw-Zwart ini terbiasa menjalankan akademi dengan baik, sehingga kerap memunculkan talenta-talenta hebat. Tak heran jika para pemain jebolan akademi mereka jadi rebutan tim Eropa lainnya.

Banyak pesepak bola lulusan akademi Club Brugge mampu membangun karier di berbagai negara di Eropa. Tak jarang mereka mampu menunjukkan performa gemilang dan jadi kunci permainan masing-masing tim. Bahkan, ada yang sukses menembus kompetisi elite Benua Biru, termasuk Serie A Italia.

Pada 2023/2024, ada sekitar tiga pemain jebolan Blauw-Zwart yang mentas di kasta tertinggi Liga Italia tersebut.

1. Charles De Ketelaere jadi salah satu instrumen penting di lini depan Atalanta 2023/2024

3 Jebolan Akademi Club Brugge yang Mentas di Serie A 2023/2024Charles De Ketelaere (kanan) (atalanta.it)

Charles De Ketelaere adalah gelandang serang yang pernah mengenyam pendidikan di akademi Club Brugge. Dirinya bermain di berbagai kategori umur dan berhasil menunjukkan performa impresif. Pemain yang kini berusia 22 tahun ini lantas mendapat kesempatan emas untuk promosi ke skuad utama Blauw-Zwart pada 2019. Perlahan, De Ketelaere mendapat menit bermain dan jadi salah satu bagian penting dalam skema taktik. Dia juga ikut berkontribusi mempersembahkan banyak gelar domestik.

Penampilan memukau bersama Club Brugge membuat namanya masuk radar transfer beberapa tim Eropa. Charles De Ketelaere lantas memilih untuk menerima tawaran dari AC Milan pada musim panas 2022. Dirinya setuju menandatangani kontrak sampai 2027. Namun, gelandang serang potensial ini kesulitan mendapat menit bermain sehingga sering memulai laga dari bangku cadangan Rossoneri.

De Ketelaere lantas dipinjamkan AC Milan kepada Atalanta pada musim panas 2023. Dia rencananya akan memperkuat La Dea sampai 2024 dengan opsi pembelian. Ini tentu menjadi ajang pembuktian bahwa performanya masih bisa berdampak terhadap permainan tim.

Meski berstatus pinjaman, Charles De Ketelaere mampu menjadi salah satu instrumen penting di lini depan Atalanta 2023/2024. Dirinya sering dipercaya Gian Piero Gasperini untuk tampil sebagai starter La Dea. Selain gelandang serang, dia juga bisa mengemban peran jadi penyerang tengah dan penyerang sayap sesuai kebutuhan tim. Hingga pekan 19, pesepak bola kebangsaan Belgia tersebut telah diturunkan sebanyak 23 kali dengan menyumbang 6 gol dan 5 assist di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Baru AC Milan yang Telah Cetak Gol di Serie A 2023/2024

2. Cyril Ngonge sulit tergantikan di lini depan Hellas Verona pada 2023/2024

3 Jebolan Akademi Club Brugge yang Mentas di Serie A 2023/2024Cyril Ngonge (hellasverona.it)

Cyril Ngonge merupakan penyerang sayap lulusan akademi Club Brugge. Dirinya telah bermain di berbagai kategori umur. Pesepak bola kelahiran Ukkel ini dianggap bisa mempertontonkan permainan yang solid sehingga dipanggil ke skuad senior pada 2019. Namun, dia kesulitan mendapat jam terbang sehingga sempat dipinjamkan kepada PSV Eindhoven U-21.

Penyerang sayap yang kini berusia 23 tahun ini kemudian bertualang dengan membela beberapa tim di Belanda. Dirinya sempat berseragam RKC Waalwijk dan FC Groningen. Performanya ternyata sukses memikat Hellas Verona sehingga diboyong pada musim dingin 2023. Ngonge disodori kontrak sampai 2026 untuk bertahan di Stadio Marcantonio Bentegodi. Dia kini sering dipercaya untuk masuk skuad utama Gli Scaligeri.

Cyril Ngonge makin menunjukkan kontribusi penting untuk lini depan Hellas Verona pada 2023/2024. Posisinya sulit tergantikan sehingga sering diturunkan sebagai starter di berbagai ajang. Pesepak bola berkebangsaan Belgia ini juga bisa menjalankan tugas jadi penyerang bayangan dan penyerang tengah untuk Gli Scaligeri. Sampai pekan 19, dia bermain dalam 20 pertandingan dengan menorehkan 5 gol dan 2 assist. Sejauh ini, Ngonge total mencatatkan penampilan sebanyak 35 kali dengan menyumbang 10 gol dan 3 assist.

3. Ahmed Touba sering duduk di bangku cadangan Lecce pada 2023/2024

3 Jebolan Akademi Club Brugge yang Mentas di Serie A 2023/2024Ahmed Touba (kiri) (instagram.com/touba_ahmed)

Ahmed Touba merupakan bek tengah yang sudah menimba ilmu di akademi Club Brugge. Dirinya bisa menunjukkan penampilan yang menjanjikan sehingga mendapat promosi ke tim senior pada 2018. Namun, kariernya berjalan tidak lancar. Dia sulit mendapat menit bermain bersama Blauw-Zwart. Pemain kebangsaan Aljazair ini bahkan sempat dipinjamkan kepada OH Leuven dan Beroe Stara Zagora.

Bek tengah yang kini berusia 25 tahun ini dilepas permanen oleh Club Brugge pada 2020. Dirinya sempat merasakan atmosfer sepak bola Belanda dengan membela RKC Waalwijk. Hanya bertahan kurang lebih 2 musim, dia diboyong Istanbul Basaksehir pada musim panas 2022. Pemain kelahiran Roubaix ini menandatangani kontrak sampai 2025. Namun, dia tak selalu mendapat kesempatan untuk tampil sebagai benteng utama Turuncu Lacivertliler.

Ahmed Touba lantas dipinjamkan kepada Lecce pada musim panas 2023. Dia akan tampil bersama I Salentini sampai 2024 dengan kewajiban membeli. Pengalamannya bisa memperdalam kekuatan pertahanan dan menambah opsi rotasi bagi pelatih.

Sejauh ini, Ahmed Touba masih kesulitan mendapat kesempatan reguler bersama Lecce. Dirinya belum bisa menggeser posisi Federico Baschirotto dan Marin Pongracic sebagai bek tengah utama I Salentini. Ini membuatnya sering menghabiskan waktu duduk di bangku cadangan. Hingga pekan 19, Touba baru tampil sebanyak lima kali di semua ajang. 

Ketiga pemain jebolan akademi Club Brugge tersebut mentas di Serie A 2023/2024. Dua dari mereka berhasil masuk skuad inti untuk masing-masing tim. Kehadiran semua penggawa di atas juga bisa menambah kedalaman kekuatan sehingga membuat pelatih mudah dalam melakukan rotasi skuad. Menurutmu, siapakah yang nantinya awet berkarier di kasta tertinggi Liga Italia?

Baca Juga: 5 Pemain Baru AS Roma yang Sudah Cetak Gol di Serie A 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya