3 Jebolan Akademi Inter Milan yang Merumput di Liga Inggris 2023/2024

Semua masih berusia muda

Inter Milan berhasil menjadi raksasa yang sangat diperhitungkan dalam dunia sepak bola. Hal tersebut terjadi karena mereka mempunyai rekam jejak mengesankan dengan meraih banyak gelar domestik. Tak hanya berjaya di Italia, Nerazzurri juga tercatat pernah membawa pulang trofi UEFA Champions League, UEFA Cup, dan FIFA Club World Cup ke Giuseppe Meazza Stadium.

Pencapaian luar biasa ini tidak didapatkan secara instant. Inter Milan harus memulai dari bawah dengan menjalankan program akademi sepak bolanya. Tak sia-sia, Nerazzurri mampu menjadi wadah bagi talenta muda potensial sehingga rutin mengorbitkan calon bintang.

Kesuksesan dalam mengelola akademi membuat Inter Milan tidak susah dalam melakukan regenerasi skuad. Tak hanya menjadi fondasi kekuatan Nerazzurri di masa mendatang, para pesepak bola tersebut juga sering masuk radar transfer tim lain sehingga bisa membangun karier di berbagai kompetisi Eropa, termasuk Inggris. Pada 2023/2024, ada sekitar tiga pemain jebolan akademi Inter Milan yang merumput di Liga Inggris.

1. Cesare Casadei belum mendapat banyak menit bermain bersama Chelsea 2023/2024

3 Jebolan Akademi Inter Milan yang Merumput di Liga Inggris 2023/2024Cesare Casadei (instagram.com/_cesarecasadei_)

Cesare Casadei adalah gelandang tengah potensial yang mengenyam pendidikan bersama akademi Inter Milan. Talenta kelahiran Ravenna ini sudah tampil di berbagai kategori umur. Meski tak sempat merumput membela tim senior, dirinya mampu menunjukkan etos kerja yang mengagumkan.

Talenta menjanjikan ini berhasil menarik perhatian tim pencari bakat dari Chelsea. Cesare Casadei kemudian setuju untuk meninggalkan Inter Milan demi bergabung dengan The Blues pada musim panas 2022. Dia dianggap sebagai aset berharga sehingga dipagari kontrak jangka panjang sampai 2028. Tak langsung membela skuad senior, dirinya terlebih dahulu harus ditempa bersama skuad U-21.

Chelsea bahkan sempat meminjamkan Cesare Casadei kepada Reading pada musim dingin 2023. Ini bertujuan agar membuatnya mendapat menit bermain dan lebih mengenal atmosfer sepak bola Inggris. Meski berstatus pinjaman, pesepak bola berusia 21 tahun ini bisa menjelma sebagai sosok penting di area tengah The Royals. Selain gelandang tengah, dia beberapa kali diplot menjadi gelandang bertahan sesuai kebutuhan taktik. Casadei sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 15 laga dengan mencetak 1 gol di Championship Inggris.

Cesare Casadei lantas kembali memperkuat Chelsea pada musim panas 2023. Namun hanya bertahan singkat, dirinya menjalani masa peminjaman lagi dan kali ini memperkuat Leicester City. Pesepak bola berkebangsaan Italia tersebut lebih sering memulai laga dari bangku cadangan The Foxes. Meski begitu, kehadirannya mampu menambah daya kreativitas lini tengah. Casadei mencatatkan total penampilan sebanyak 25 pertandingan dengan menyumbang 3 gol dan 2 assist.

Berkat kinerja impresif bersama Leicester City, Cesare Casadei harus mengakhiri masa peminjaman lebih cepat demi bergabung lagi dengan Chelsea pada musim dingin 2024. Kehadirannya diproyeksikan untuk menambah kedalaman lini tengah The Blues. Sejauh ini, dia ternyata lebih sering memulai laga dari bangku cadangan. Ini membuatnya memperoleh menit bermain yang minim. Sampai pekan ke-32, Casadei baru tampil sebanyak empat kali di Premier League 2023/2024.

Baca Juga: 4 Pemain Muda Paling Bernilai pada 2023/2024

2. Wilfried Gnonto bisa menambah kreativitas serangan Leeds United 2023/2024

3 Jebolan Akademi Inter Milan yang Merumput di Liga Inggris 2023/2024Wilfried Gnonto (instagram.com/willy.gnonto)

Wilfried Gnonto merupakan penyerang sayap muda yang pernah menimba pendidikan di akademi sepak bola Inter Milan. Talenta potensial yang memiliki garis keturunan Pantai Gading ini sudah bermain di berbagai kelompok umur. Tak sampai merumput bersama skuad senior, dirinya memilih tidak memperpanjang kontrak sehingga dilepas secara gratis pada musim panas 2020.

Tak sampai menganggur, Wilfried Gnonto setuju untuk melanjutkan karier bersama FC Zurich. Ini menjadi pengalaman pertamanya berkarier di luar Italia. Perjalannya tidak mulus, talenta berusia 20 tahun ini ternyata sering mendapat peran sebagai pengganti. Meski begitu, kehadirannya menambah opsi bagi pelatih karena mampu bermain di berbagai posisi lini depan. Dirinya bahkan ikut berjasa mengantar FCZ memenangkan Raiffeisen Super League 2021/2022. Gnonto sendiri telah tampil sebanyak 74 laga dengan mencetak 12 gol dan 10 assist di semua kompetisi.

Bertahan singkat, Wilfried Gnonto setuju hengkang dari FC Zurich setelah mendapat tawaran Leeds United pada musim panas 2022. Dirinya menandatangani kontrak jangka panjang hingga 2027. Pesepak bola bertinggi 170 cm ini bisa mendapat menit bermain yang cukup. Selain penyerang sayap, dia beberapa kali diplot menjadi gelandang serang tergantung skema taktik. Sayangnya, Gnonto tidak bisa menyelamatkan The Peacocks dari pusaran degradasi Premier League 2022/2023.

Pada 2023/2024, Wilfried Gnonto masih menemani perjalanan Leeds United yang kali ini harus mentas di Championship Inggris. Meski tak selalu dipasang sebagai starter, dia bisa menambah kreativitas serangan The Peacocks. Dirinya sering dipasang menjadi penyerang sayap dan geladang sayap tergantung kebutuhan taktik. Hingga pekan ke-42 musim ini, talenta berkebangsaan Italia tersebut bermain sebanyak 37 kali dengan mencetak 8 gol dan 2 assist di berbagai ajang. Gnonto sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 65 laga dengan menyumbang 12 gol dan 6 assist.

3. Andrei Radu kalah bersaing dengan Neto sebagai kiper utama Bournemouth 2023/2024

3 Jebolan Akademi Inter Milan yang Merumput di Liga Inggris 2023/2024Andrei Radu (instagram.com/aandreiradu)

Andrei Radu adalah kiper jebolan akademi sepak bola Inter Milan. Pemain berkebangsaan Rumania ini telah dipercaya untuk tampil di berbagai kelompok umur. Benar saja, performanya dianggap mumpuni sehingga mendapat kesempatan emas untuk promosi ke skuad senior Nerazzurri pada musim panas 2016.

Langkah awalnya berat, Andrei sempat mengalami cedera bahu sehingga banyak melewatkan pertandingan bersama Inter Milan. Selepas pulih, dia selalu menghuni bangku cadangan. Kesulitan bersaing di skuad inti Nerazzurri, kiper kelahiran Bucharest tersebut bertualang dengan status pinjaman ke beberapa tim seperti US Avellino, Genoa, Parma, US Cremonese, dan AJ Auxerre.

Setelah melakoni masa peminjaman ke beberapa tim, Andrei Radu bergabung dengan skuad Inter Milan pada musim panas 2023. Pesepak bola berusia 26 tahun ini tercatat baru tampil sebanyak 5 pertandingan dengan kebobolan 5 gol di semua ajang. Tak masuk rencana Nerazzurri, dia kembali dipinjamkan dan kali ini untuk membela Bournemouth di musim yang sama. Radu rencananya membela The Cherries hingga Juni 2024 dengan opsi pembelian.

Berjalan tak sesuai harapan, Andrei Radu tidak menjadi pilihan utama dalam menjaga area pertahanan Bournemouth 2023/2024. Pesepak bola bertinggi 188 cm tersebut kalah bersaing dengan Neto sebagai kiper inti The Cherries. Sampai pekan ke-32 musim ini, dia baru diturunkan sebanyak 5 kali dengan kebobolan 11 gol di berbagai ajang.

Ketiga jebolan akademi Inter Milan di atas merumput di Liga Inggris 2023/2024. Musim ini, baru Wilfried Gnonto yang cukup banyak mendapat menit bermain sehingga mampu menujukkan kontribusi untuk Leeds United. Sementara, Andrei Radu dan Cesare Casadei lebih sering menghabiskan waktu di bangku cadangan masing-masing tim.

Baca Juga: 3 Top Skor Piala Dunia U-20 2023, Cesare Casadei Teratas!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya