Performa 3 Pemain Jebolan Akademi River Plate di EPL 2023/2024

Ada yang sudah mempersembahkan piala

River Plate merupakan salah satu tim raksasa yang berasal dari Argentina. Klub berjuluk Los Millonarios ini sering mendominasi kompetisi domestik dan telah memenangkan berbagai gelar bergengsi di Amerika Selatan. Prestasi mentereng tersebut tak lepas dari pembinaan akademi sepak bola yang luar biasa. Banyak pemain dengan talenta hebat berhasil diorbitkan.

Tak jarang pesepak bola jebolan akademi River Plate ini dilirik oleh tim raksasa dan berkarier di liga top Eropa. Salah satu kompetisi yang menjadi tujuan utama adalah English Premier League (EPL). Pada 2023/2024, ada sekitar tiga pemain lulusan akademi River Plate yang mentas di kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut. Siapa saja yang dimaksud dan bagaimana performanya? Berikut ulasannya!

1. Julian Alvarez masih sulit tergantikan dalam skema taktik Manchester City

Performa 3 Pemain Jebolan Akademi River Plate di EPL 2023/2024Julian Alvarez (instagram.com/juliaanalvarez)

Julian Alvarez merupakan penyerang yang sudah menimba ilmu di akademi River Plate. Dirinya mampu menunjukkan performa yang menjanjikan sehingga mendapat promosi ke skuad utama pada 2019. Pesepak bola kelahiran Calchin ini sukses bertransformasi jadi ujung tombak tajam Los Millonarios. Dia bahkan ikut mempersembahkan banyak gelar bergengsi untuk tim asal Argentina tersebut.

Performa impresif Julian Alvarez berhasil masuk radar dari Manchester City. The Citizen tanpa ragu membelinya pada musim dingin 2022. Penyerang 23 tahun ini dianggap sebagai aset berharga sehingga dipagari kontrak sampai 2028. Tak langsung gabung, dirinya kembali dipinjamkan selama setengah musim ke River Plate.

Julian Alvarez baru gabung dengan skuad Manchester City pada musim panas 2022. Benar saja, dirinya langsung menjadi bagian penting dan membawa The Citizen meraih treble winner. Pada 2023/2024, perannya masih sulit tergantikan dalam skema taktik tim. Ia sering dimainkan sebagai starter. Meski posisi aslinya penyerang tengah, Alvarez sangat lihat saat diplot jadi penyerang bayangan. Hingga minggu ke-8, pemain 23 tahun ini berkontribusi dengan 6 gol dan 5 assist dalam 13 pertandingan di berbagai ajang.

2. Enzo Fernandez ditebus dengan harga yang fantastis oleh Chelsea

Performa 3 Pemain Jebolan Akademi River Plate di EPL 2023/2024Enzo Fernandez (instagram.com/enzojfernandez)

Enzo Fernandez adalah gelandang tengah lulusan akademi milik River Plate. Dirinya sudah tampil di berbagai kelompok umur. Kariernya tak langsung mulus, dia pernah dipinjamkan ke Defensa y Justicia untuk mendapat jam terbang. Cara tersebut sukses membuat permainannya berkembang dan mendapat promosi ke skuad utama Los Millonarios pada 2021. Meski masih muda, Fernandez bisa jadi sosok penting di lini tengah tim.

Bertahan kurang lebih selama 1 tahun bersama skuad senior River Plate, Enzo Fernandez memilih untuk memulai petualangan di Eropa dengan menerima tawaran dari Benfica pada musim panas 2022. Dirinya setuju menandatangani kontrak sampai 2027. Tak butuh waktu lama, dia bisa jadi salah satu kunci permainan di lini tengah tim asal Portugal tersebut.

Hanya bertahan selama 6 bulan, Enzo Fernandez langsung diboyong oleh Chelsea pada musim dingin 2023. Ia dibeli dengan harga yang fantastis sebesar 121 juta euro atau kurang lebih Rp2 triliun. Selain itu, dia juga dipagari kontrak jangka panjang sampai 2031 untuk bertahan di Stamford Bridge.

Enzo Fernandez langsung menjelma salah satu penggawa penting untuk Chelsea. Dirinya sukses mengemban peran sebagai jenderal lini tengah The Blues. Pada 2023/2024, pemain 22 tahun ini sering dipasang menjadi starter. Sampai pekan ke-8, dia telah dimainkan dalam 10 pertandingan dengan kontribusi 1 gol di berbagai ajang.

3. Gonzalo Montinel dipinjam Nottingham Forest dari Sevilla pada musim panas 2023

Performa 3 Pemain Jebolan Akademi River Plate di EPL 2023/2024Gonzalo Montiel (instagram.com/gonzalo_montiel29)

Gonzalo Montinel merupakan bek kanan alumni akademi River Plate. Pesepak bola kelahiran Gonzales Catan ini bisa menunjukkan performa menjanjikan bersama tim junior Los Millonarios. Ini membuatnya mendapat promosi ke skuad utama pada 2017. Tak butuh waktu lama, dia sukses bertransformasi jadi sosok penting dalam skema permainan. Selain menjaga sisi kanan pertahanan, Montinel juga kerap diplot sebagai gelandang kanan. Pesepak bola 26 tahun ini telah mempersembahkan banyak gelar bergengsi untuk tim asal Argentina tersebut.

Kemampuan Gonzalo Montinel ternyata masuk pantau tim Eropa. Dirinya lantas memilih melanjukan karier dengan menerima tawaran Sevilla pada musim panas 2021. Dia telah menandatangani kontrak sampai 2026 untuk bertahan di Ramon Sanchez Pizjuan. Namun, Montinel tak selalu menjadi pilihan utama dalam mengawal lini pertahanan Los Nervionenses.

Gonzalo Montinel lantas dipinjamkan oleh Sevilla ke Nottingham Forest pada musim panas 2023. Dia rencananya akan berseragam The Tricky Trees sampai 2024 dengan opsi pembelian. Sejauh ini, dirinya lebih sering hadir sebagai pengganti. Hingga minggu ke-8, Montinel baru tampil dalam lima pertandingan di berbagai ajang bersama tim asal Inggris tersebut.

Ketiga pemain jebolan akademi River Plate tersebut berkarier di EPL 2023/2024. Sebagian besar dari mereka telah menjelma jadi kunci permainan timnya masing-masing. Kehadiran para pesepak bola di atas bisa sebagai opsi untuk menambah kedalaman kekuatan. Menurutmu, siapakah yang nantinya paling awet mentas di kasta tertinggi sepak bola Inggris?

Baca Juga: 7 Pemain Terakhir yang Dilepas Sevilla ke Klub Inggris sebelum Montiel

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya