Kinerja 4 Pemain Baru Manchester City pada Awal 2023/2024, Ada Kovacic

Sebagian besar mendapat kontrak lima tahun

Machester City mampu mengukir prestasi luar biasa setelah memastikan diri meraih treble winners pada 2022/2023. Kesuksesan tersebut bisa terjadi karena The Citizens mempunyai kedalaman skuad yang baik. Puas dengan komposisi yang ada, tim asal Inggris ini tidak terlalu aktif bergerak mendatangkan penggawa baru pada musim panas 2023 yang lalu. Mereka malah harus ditinggal oleh beberapa pemain yang memiliki peran penting dalam skema taktik.

Meski tak terlalu aktif berbelanja pada musim panas 2023 yang lalu, Manchester City masih jadi kekuatan yang diperhitungkan di berbagai kompetisi pada 2023/2024. The Citizens tercatat hanya mendaratkan sebanyak empat penggawa baru ke Etihad Stadium. Siapa saja pesepak bola yang dimaksud dan seperti apa kinerjanya pada awal musim? Yuk, baca ulasan di bawah ini!

1. Josko Gvardiol kerap dipasang sebagai bek kiri Manchester City

Kinerja 4 Pemain Baru Manchester City pada Awal 2023/2024, Ada KovacicJosko Gvardiol (twitter.com/ManCity)

Josko Gvardiol mampu menjadi tembok kokoh pertahanan RB Leipzig dan tim nasional Kroasia. Penampilan impresif tersebut membuat namanya jadi incaran banyak tim raksasa Eropa pada musim panas 2023. Bek tengah 21 tahun ini lantas setuju untuk menerima tawaran dari Manchester City. Dirinya dianggap sebagai penggawa dengan potensi menjanjikan sehingga langsung dipagari kontrak sampai 2028 untuk bertahan di Etihad Stadium. Kehadirannya juga untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Aymeric Laporte yang hengkang ke Al-Nassr.

Benar saja, Josko Gvardiol bisa menembus skuad utama Manchester City pada 2023/2024. Dirinya kerap dipercaya oleh Pep Guardiola sebagai starter dan tampil selama 90 menit di berbagai ajang. Meski posisi aslinya bek tengah, dia juga mampu mengemban peran sebagai bek kiri dalam skema permainan The Citizens. Sampai pekan ke-10, Gvardiol sudah berkontribusi dalam sebelas laga.

2. Matheus Nunes tak selalu jadi pilihan utama Manchester City

Kinerja 4 Pemain Baru Manchester City pada Awal 2023/2024, Ada KovacicMatheus Nunes (mancity.com)

Matheus Nunes merupakan gelandang tengah yang didatangkan Manchester City dari Wolverhampton Wanderers pada musim panas 2023. Pesepak bola kelahiran Rio de Janeiro ini setuju menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2028 bersama The Citizen. Kedatangannya berguna untuk memperdalam sektor tengah dan menambah daya kreativitas permainan tim.

Matheus Nunes ternyata tak selalu jadi pilihan utama untuk Manchester City pada 2023/2024. Pesepak bola 25 tahun ini beberapa kali harus memulai laga dari bangku cadangan. Meski begitu, dirinya merupakan pemain versatile sehingga bisa tampil di beberapa posisi. Ini menjadi keuntungan bagi The Citizens untuk melakukan rotasi skuad. Sampai pekan ke-10, Nunes sudah diturunkan dalam 8 laga dengan menyumbang 1 assist.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 11 Manchester City sebelum Jeremy Doku

3. Jeremy Doku bergantian dengan Phil Foden dan Jack Grealish mengisi sektor sayap serangan

Kinerja 4 Pemain Baru Manchester City pada Awal 2023/2024, Ada KovacicJeremy Doku (instagram.com/jeremydoku)

Manchester City harus kehilangan Riyad Mahrez yang memilih melanjutkan karier bersama Al-Ahli pada musim panas 2023. Hal tersebut tentu meninggalkan lubang besar di sektor sayap The Citizens. Tim asal Inggris ini lantas mencari solusi dengan mendatangkan Jeremy Doku dari Stade Rennais. Pemain kebangsaan Belgia ini disodori kontrak jangka panjang sampai 2028.

Jeremy Doku beberapa kali mampu dipercaya oleh Pep Guardiola untuk tampil sebagai starter Manchester City pada 2023/2024. Dirinya harus bergantian dengan Phil Foden dan Jack Grealish dalam mengisi sektor sayap serangan The Citizens. Meski begitu, pemain 21 tahun ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena mempunyai kemampuan dribbling dan kecepatan yang kerap membahayakan area pertahanan lawan. Hingga minggu ke-10, Doku telah berkontribusi dalam 11 pertandingan dengan mengukir 2 gol dan 2 assist di berbagai kompetisi.

4. Mateo Kovacic mampu mengisi berbagai posisi di lini tengah Manchester City

Kinerja 4 Pemain Baru Manchester City pada Awal 2023/2024, Ada KovacicMateo Kovacic (mancity.com)

Chelsea melakukan pembenahan skuad besar-besaran pada musim panas 2023 yang lalu. Mateo Kovacic yang tidak masuk rencana jangka panjang The Blues harus dijual ke Manchester City. Pesepak bola kebangsaan Kroasia ini telah menandatangani kontrak sampai 2027 bersama The Citizens. Kedatangannya juga untuk mengisi peran dari Ilkay Gundogan yang hengkang ke Barcelona.

Mateo Kovacic ternyata cukup sering diturunkan oleh Pep Guardiola jadi starter Manchester City pada 2023/2024. Selain gelandang tengah, pemain 29 tahun ini beberapa kali ditugaskan sebagai gelandang bertahan dan gelandang serang bagi The Citizens. Pengalamannya mampu menambah variasi untuk lini tengah. Sampai minggu ke-10, Kovacic sendiri sudah menunjukkan kontribusi dalam sebelas laga di berbagai ajang.

Keempat pemain baru tersebut telah ikut berperan penting dalam skema taktik Manchester City pada awal 2023/2024. Kehadiran mereka mampu menambah opsi bagi Pep Guardiola dalam melakukan rotasi skuad. Bukan tidak mungkin, The Citizens mengulangi kesuksesan seperti musim lalu.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City dengan Nomor 8 sebelum Mateo Kovacic

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya