Kinerja 3 Pemain Kroasia yang Berkarier di EPL 2023/2024

Ada yang sama-sama membela Manchester City

English Premier League (EPL) menjadi salah satu liga terbaik di dunia. Kasta tertinggi sepak bola Inggris ini sukses menyuguhkan persaingan yang ketat sehingga menambah daya tarik bagi penggemar. Selain itu, para tim peserta sering mendatangkan pemain dengan performa menawan dari berbagai negara.

Salah satu negara yang menyumbangkan pemain untuk mentas di EPL adalah Kroasia. Pada 2023/2024, setidaknya ada sekitar tiga pesepak bola asal Kroasia yang berkarier di kasta tertinggi Liga Inggris tersebut.

Siapa saja yang dimaksud dan seperti apa kinerjanya sejauh ini? Mari baca ulasannya di bawah ini!

1. Mateo Kovacic diplot sebagai pengganti Ilkay Gundogan yang pergi ke Barcelona

Kinerja 3 Pemain Kroasia yang Berkarier di EPL 2023/2024Mateo Kovacic (mancity.com)

Chelsea melakukan perubahan skuad besar-besaran pada musim panas 2023. Tim asal London Barat ini menjual banyak pemain penting. Mateo Kovacic menjadi salah satu yang harus pergi dengan menerima tawaran dari Manchester City. Pemain kebangsaan Kroasia ini setuju menandatangani kontrak sampai 2027 untuk bertahan di Etihad Stadium. Kehadirannya untuk memperkuat lini tengah The Citizen yang ditinggalkan Ilkay Guendogan ke Barcelona.

Tak butuh waktu lama, Mateo Kovacic langsung menjadi bagian penting dalam permainan Manchester City. Selain gelandang tengah, dirinya juga dipercaya Pep Guardiola untuk menjalankan peran jadi gelandang bertahan. Ini membuatnya kerap diturunkan sebagai starter The Citizen. Hingga pekan ke-8, pemain kelahiran Linz ini sudah mencatat penampilan sebanyak sembilan laga di berbagai ajang pada 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City dengan Nomor 8 sebelum Mateo Kovacic

2. Josko Gvardiol ditebus dengan harga mahal oleh Manchester City

Kinerja 3 Pemain Kroasia yang Berkarier di EPL 2023/2024Josko Gvardiol (mancity.com)

Selain memperkuat lini tengah dengan mendatangkan Mateo Kovacic, Manchester City tak lupa merekrut bek baru pada musim panas 2023. The Citizens sukses mengamankan tanda tangan Josko Gvardiol dari RB Leipzig. Pesepak bola kelahiran Zagreb ini ditebus dengan harga sebesar 90 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun. Dirinya dianggap aset penting sehingga mendapat kontrak jangka panjang sampai 2028. Gvardiol juga diproyeksikan sebagai tembok kokoh di jantung pertahanan tim.

Josko Gvardiol sudah dipercaya Pep Guardiola untuk melakukan debut bersama Manchester City pada 2023/2024. Dirinya sering diturunkan sebagai starter dan tampil selama 90 menit untuk menjaga lini pertahanan. Meski posisi aslinya bek tengah, dia juga bisa dimainkan jadi bek kiri dalam skema taktik tim. Sampai minggu ke-8, pesepak bola asal Kroasia ini telah bermain dalam sembilan pertandingan di berbagai ajang bersama The Citizens.

3. Ivan Perisic harus absen panjang setelah mengalami cedera ACL

Kinerja 3 Pemain Kroasia yang Berkarier di EPL 2023/2024Ivan Perisic (instagram.com/ivanperisic444)

Ivan Perisic merapat ke Tottenham Hotspur secara gratis dari Inter Milan pada musim panas 2022. Gelandang kiri kebangsaan Kroasia ini setuju bergabung dengan durasi kontrak sampai 2024. Meski datang secara cuma-cuma, dirinya menjadi faktor penting dalam permainan The Lilywhites. Kehadirannya menambah variasi dan kreativitas di sektor kiri tim London Utara tersebut.

Pada 2023/2024, Ivan Perisic mulai kehilangan menit bermain saat membela Tottenham Hotspur. Dirinya lebih sering berperan sebagai pelapis dalam skema taktik The Lilywhites. Hingga pekan-8, gelandang kelahiran Split ini tampil dalam 6 pertandingan dengan menyumbang 2 assist. Namun, performanya terganggu setelah mengalami cedera ACL. Ini bahkan membuatnya harus absen lama. Sejauh ini, Perisic sendiri sudah mencatatkan total penampilan dalam 50 laga dengan torehan 1 gol dan 14 assist bersama tim London Utara tersebut.

Ketiga pesepak bola Kroasia di atas berkarier di EPL 2023/2024. Mereka sudah menunjukkan kontribusi untuk timnya masing-masing. Namun, performa Perisic terganggu karena tengah mengalami cedera parah.

Baca Juga: 5 Bek Tengah Termahal Sepanjang Sejarah, Gvardiol Memecahkan Rekor

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya