Kinerja 4 Penyerang Atalanta pada Paruh Musim 2023/2024, Lookman Tajam

Ada yang tengah menderita cedera hamstring

Atalanta Bergamo mampu bertransformasi menjadi kuda hitam yang diwaspadai di berbagai kompetisi. Meski kehilangan beberapa penggawa penting pada musim panas 2023 lalu, mereka masih menunjukkan penampilan yang tangguh pada paruh musim 2023/2024. La Dea terbukti bisa menduduki peringkat keenam Serie A untuk sementara dan jadi pemuncak klasemen Grup D Europa League.

Gian Piero Gasperini selaku pelatih tentu mempunyai andil besar karena menyulap Atalanta jadi lebih menyeramkan bagi para lawannya. Salah satu faktor kesuksesan mereka terjadi karena tim asal Bergamo tersebut mempunyai kedalaman di lini depan. La Dea tercatat diperkuat empat penyerang sehingga menambah opsi untuk melakukan rotasi pada 2023/2024.

Siapa saja penggawa lini serang yang dimaksud dan seperti apa kinerjanya hingga separuh musim ini? Mari simak ulasan di bawah ini, ya!

1. Ademola Lookman makin menunjukkan kontribusi penting untuk lini depan Atalanta

Kinerja 4 Penyerang Atalanta pada Paruh Musim 2023/2024, Lookman TajamAdemola Lookman (instagram.com/molalookman)

Ademola Lookman adalah penyerang bayangan yang membela Atalanta setelah diboyong dari RB Leipzig pada musim panas 2022. Pesepak bola kelahiran London ini setuju menandatangani kontrak sampai 2026 demi bertahan di Stadium Atleti Azzurri d'Italia. Dia bisa menunjukkan performa yang menjanjikan pada musim pertamanya bersama La Dea. Ini membuatnya sering jadi langganan masuk skuad inti tim asal Bergamo tersebut.

Pada 2023/2024, Ademola Lookman makin menunjukkan kontribusi penting untuk lini depan Atalanta. Dirinya sering dipercaya bermain sebagai starter di berbagai ajang. Selain penyerang bayangan, Gian Piero Gasperini juga beberapa kali menempatkannya jadi penyerang sayap dan penyerang tengah sesuai kebutuhan tim. Hingga pekan-18, pesepak bola 26 tahun tersebut telah diturunkan dalam 23 pertandingan dengan mencetak 7 gol dan 3 assist. Sejauh ini, Lookman total mencatatkan penampilan sebanyak 56 laga dengan menorehkan 22 gol dan 11 assist bersama La Dea.

2. Gianluca Scamacca diplot menggantikan peran Rasmus Hojlund

Kinerja 4 Penyerang Atalanta pada Paruh Musim 2023/2024, Lookman TajamGianluca Scamacca (instagram.com/iamscamacca)

Atalanta harus kehilangan Rasmus Hojlund yang memilih pinangan dari Manchester United pada musim panas 2023. Ini tentu meninggalkan lubang besar di lini depan La Dea. Tim asal Bergamo tersebut mencari opsi dengan mendatangkan penyerang tengah baru. Mereka lantas mendapatkan pengganti, yaitu Gianluca Scamacca, yang diboyong dari West Ham United. Pemain kelahiran Roma ini dianggap mempunyai potensi menjanjikan sehingga dipagari kontrak sampai 2027.

Sejauh ini, Gianluca Scamacca tak selalu mendapat kesempatan untuk mengisi tempat utama Atalanta pada 2023/2024. Dirinya beberapa kali harus memulai laga dari bangku cadangan. Tak hanya itu, cedera juga sempat menghambat performanya sehingga belum menunjukkan kontribusi yang optimal untuk La Dea. Sampai pekan-18, Scamacca sendiri sudah bermain sebanyak 16 kali dengan mencetak 6 gol dan 2 assist di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Kiper yang Selalu Tampil di Serie A 2023/2024 hingga Pekan ke-18

3. El Bilal Toure belum debut bersama Atalanta pada 2023/2024

Kinerja 4 Penyerang Atalanta pada Paruh Musim 2023/2024, Lookman TajamEl Bilal Toure (atalanta.it)

El Bilal Toure adalah penyerang tengah yang mampu menunjukkan penampilan mengesankan saat masih berseragam UD Almeria. Dirinya bisa mencatatkan penampilan sebanyak 27 kali dengan menyumbang 7 gol dan 2 assist di semua kompetisi bersama Indalicos. Performa menjanjikan tersebut membuatnya jadi incaran beberapa tim Eropa.

El Bilal Toure lantas menjatuhkan pilihan dengan menerima tawaran dari Atalanta pada musim panas 2023. Penyerang tengah 22 tahun ini dianggap sebagai aset masa depan sehingga langsung dipagari kontrak sampai 2027. Namun, dia belum sempat melakukan debut bersama La Dea. Pemain kebangsaan Mali ini tengah menderita cedera hamstring yang mengharuskannya absen lama pada 2023/2024.

4. Luis Muriel masih menjalankan peran sebagai pelapis untuk Atalanta pada 2023/2024

Kinerja 4 Penyerang Atalanta pada Paruh Musim 2023/2024, Lookman TajamLuis Muriel (instagram.com/luisfmuriel9)

Luis Muriel merupakan penyerang tengah yang dibeli Atalanta dari Sevilla pada musim panas 2019. Pemain asal Kolombia ini perlahan bisa menjelma jadi salah satu instrumen penting di lini depan La Dea. Meski tak selalu dipasang sebagai starter, kehadirannya kerap menjadi faktor pembeda dalam sebuah permainan. Dirinya saat ini masih menyisakan kontrak sampai 2024 bersama tim asal Bergamo tersebut.

Luis Muriel ternyata masih kesulitan menembus skuad utama dari Atalanta 2023/2024. Dirinya lebih sering menjalankan tugas sebagai pelapis dalam skema taktik La Dea. Ini tentu berimbas dengan sedikitnya menit bermain yang diterima. Meski begitu, dia bisa menjalankan peran jadi penyerang bayangan, penyerang tengah, dan penyerang sayap. Hingga pekan-18, pemain asal Kolombia ini tampil dalam 20 pertandingan dengan mencetak 6 gol dan 1 assist di berbagai ajang. Muriel total berkontribusi sebanyak 179 laga dengan mengukir 68 gol dan 28 assist.

Sebagian besar penyerang tersebut telah bahu membahu menunjukkan kinerja untuk Atalanta pada paruh musim 2023/2024. Sementara, El Bilal Toure belum tampil sama sekali karena tengah berkutat dengan cedera hamstring. Bukan tidak mungkin La Dea menambah penggawa lini depan karena bursa transfer musim dingin 2024 telah resmi dibuka.

Baca Juga: Performa 7 Pemain Baru Atalanta pada Awal 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya