Kiprah 6 Gelandang Ajax Amsterdam pada Paruh Musim 2023/2024

Kristian Hlynsson naik daun

Ajax Amsterdam melakukan perombakan besar pada musim panas 2023 lalu. Mereka banyak melepas pemain penting dan menggantinya dengan yang baru. Namun, langkah tersebut sempat membuat De Gondenzonen terseok-seok pada awal 2023/2024. Tim asal Belanda ini bahkan harus mendepak Maurice Steijn dari jabatan pelatih pada Oktober 2023.

Ajax Amsterdam lantas menunjuk Hedwiges Maduro sebagai pelatih sementara. Hanya menemani sebanyak dua laga, De Gondenzonen lantas merekrut John van't Schip sebagai juru taktik baru dengan kontrak hingga 2025. Perlahan, tetapi pasti, tim asal Belanda tersebut mulai bangkit dari keterpurukan.

Tim asuhan John van't Schip ini untuk sementara menduduki peringkat kelima Eredivise 2023/2024. Meski memiliki rata-rata usia penggawa yang masih muda, kedalaman kekuatan Ajax Amsterdam tidak bisa dipandang sebelah mata. Salah satu posisi yang mempunyai banyak opsi adalah gelandang.

Pada sektor tersebut, De Gondenzonen diperkuat enam pemain. Siapa saja yang dimaksud dan seperti apa kiprahnya separuh musim ini?

1. Kristian Hlynsson mulai jadi bagian penting Ajax Amsterdam pada 2023/2024

Kiprah 6 Gelandang Ajax Amsterdam pada Paruh Musim 2023/2024Kristian Hlynsson (instagram.com/kristianhlynsson)

Kristian Hlynsson adalah gelandang serang yang menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam. Pemain kelahiran Odense ini telah tampil di berbagai kelompok umur. Performa impresif membuatnya beberapa kali dipanggil untuk bergabung dengan skuad senior De Gondenzonen. Dirinya baru benar-benar mendapat promosi ke tim senior pada musim panas 2023. Saat ini, dia masih menyisakan kontrak sampai 2026 di Johan Cruyff Arena.

Meski masih berusia 19 tahun, Kristian Hlynsson mulai menjadi bagian penting untuk permainan Ajax Amsterdam 2023/2024. Dirinya sering dipercaya sebagai starter di berbagai kompetisi. Hal tersebut berhasil membuatnya mendapat jam terbang.

Selain gelandang serang, dia beberapa kali juga diplot jadi penyerang sayap dan gelandang tengah. Hingga pekan ke-16, pesepak bola asal Islandia ini telah berkontribusi dalam 17 pertandingan dengan menorehkan 4 gol dan 2 assist. Sejauh ini, Hlynsson sendiri total mencatatkan penampilan sebanyak 19 kali dengan menyumbang 6 gol dan 2 assist bersama De Gondenzonen.

2. Branco van den Boomen tengah berkutat dengan cedera lutut

Kiprah 6 Gelandang Ajax Amsterdam pada Paruh Musim 2023/2024Branco van den Boomen (ajax.nl)

Branco van den Boomen merupakan gelandang tengah yang didapatkan Ajax Amsterdam secara cuma-cuma dari FC Toulouse pada musim panas 2023. Dirinya langsung disodori kontrak sampai 2027. Pemain kelahiran Veldhoven ini tentu bukan sosok asing karena pernah mengenyam pendidikan di akademi De Gondenzonen. Pengalamannya berpotensi membantu untuk menyeimbangkan lini tengah dan memperlancar aliran serangan tim asal Belanda tersebut.

Branco van den Boomen beberapa kali mampu menembus skuad utama Ajax Amsterdam 2023/2024. Dirinya juga bisa menjalankan peran sebagai gelandang tengah dan gelandang bertahan tergantung kebutuhan taktik tim. Namun, performanya terhambat karena tengah menderita cedera lutut sehingga harus naik ke meja operasi. Hal ini tentu membuatnya absen dalam waktu yang lama. Sampai pekan ke-16, dia telah dimainkan sebanyak 15 kali dengan menorehkan 2 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

3. Kenneth Taylor jadi sosok kunci di lini tengah Ajax Amsterdam pada 2023/2024

Kiprah 6 Gelandang Ajax Amsterdam pada Paruh Musim 2023/2024Kenneth Taylor (english.ajax.nl)

Kenneth Taylor adalah gelandang tengah lulusan akademi Ajax Amsterdam. Dirinya mampu menampilkan performa menjanjikan di berbagai kelompok umur sehingga mendapat panggilan memperkuat tim senior pada 2021. Dia perlahan mampu mendapatkan kesempatan reguler untuk tampil bersama skuad utama dan jadi salah satu faktor penting di lini tengah De Gondenzonen. Taylor sendiri masih menyisakan kontrak sampai 2027 bersama tim asal Belanda tersebut.

Kenneth Taylor makin menunjukkan kematangan permainan untuk Ajax Amsterdam pada 2023/2024. Pesepak bola 21 tahun ini kerap diturunkan sebagai starter dan menjelma jadi sosok kunci di area tengah De Gondenzonen. Selain itu, dia juga beberapa kali ditugaskan mengemban peran menjadi gelandang serang dan gelandang bertahan.

Hingga pekan ke-16, dirinya dimainkan sebanyak 25 kali. Taylor lalu menyumbang 3 gol dan 3 assist di semua ajang. Taylor total berkontribusi dalam 91 laga dengan mencetak 14 gol dan 12 assist.

Baca Juga: Rapor 3 Penyerang Baru Ajax Amsterdam pada Paruh Musim 2023/2024

4. Kontribusi Silvano Vos terhambat karena mengalami cedera setelah berbenturan

Kiprah 6 Gelandang Ajax Amsterdam pada Paruh Musim 2023/2024Silvano Vos (instagram.com/silvanovos)

Silvano Vos merupakan produk akademi dari Ajax Amsterdam. Gelandang bertahan muda ini telah tampil di berbagai kategori umur. Dia sukses memikat perhatian sehingga beberapa kali dipanggil ke tim utama.

Dirinya lantas benar-benar dipromosikan ke skuad senior pada musim panas 2023. Dia mendapat kontrak jangka panjang sampai 2028 dari tim asal Belanda tersebut. Namun, Silvano Vos belum diturunkan secara reguler bersama Ajax Amsterdam pada 2023/2024.

Meski begitu, dia beberapa kali mendapat kepercayaan pelatih untuk dipasang sejak menit pertama di berbagai ajang. Namun, kontribusinya terhambat karena tengah mengalami cedera setelah berbenturan. Sampai pekan ke-16, dia baru dipasang sebanyak sembilan kali. Gelandang bertahan berusia 18 tahun ini total baru bermain dalam 12 laga.

5. Benjamin Tahirovic beberapa kali bergantian dengan Silvano Vos sebagai gelandang bertahan

Kiprah 6 Gelandang Ajax Amsterdam pada Paruh Musim 2023/2024Benjamin Tahirović (instagram.com/b.tahirovic1)

Benjamin Tahirovic kesulitan mendapat menit bermain saat membela AS Roma. Ini membuatnya jadi penghangat bangku cadangan I Giallorrossi. Gelandang bertahan berusia 20 tahun ini lantas memutuskan pergi setelah menerima pinangan dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2023. Dirinya dianggap masuk dalam rencana masa depan sehingga langsung dipagari kontrak sampai 2028.

Benjamin Tahirovic kerap diturunkan sebagai starter Ajax Amsterdam pada 2023/2024. Namun, dia beberapa kali harus bergantian dengan Silvano Mos untuk mengisi posisi gelandang bertahan De Gondenzonen. Hingga pekan ke-16, pemain berkebangsaan Bosnia-Herzegovina tersebut telah unjuk gigi dalam 20 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 3 assist di semua ajang.

6. Sivert Mannsverk baru mencatatkan satu laga bersama Ajax Amsterdam 2023/2024

Kiprah 6 Gelandang Ajax Amsterdam pada Paruh Musim 2023/2024Sivert Mannsverk (ajax.nl)

Sivert Mannsverk adalah gelandang bertahan yang diboyong Ajax Amsterdam dari Molde FK pada tenggat transfer musim panas 2023. Pemain berkebangsaan Norwegia ini dianggap sebagai bakat muda potensial sehingga disodori kontrak jangka panjang berdurasi hingga 2028. Dirinya diplot untuk menambah kedalaman kekuatan lini tengah serta memudahkan pelatih dalam melakukan rotasi.

Siver Mannsverk sudah melakukan debut bersama Ajax Amsterdam pada 2023/2024. Namun, musim pertamanya ternyata berjalan tak sesuai harapan. Gelandang bertahan berusia 21 tahun ini mengalami cedera kaki sehingga harus absen sampai waktu yang belum diketahui. Hingga pekan ke16, dia baru tampil dalam satu pertandingan bersama tim asal Belanda tersebut.

Keenam gelandang di atas sudah ikut berkontribusi terhadap permainan Ajax Amsterdam pada paruh musim 2023/2024. Namun, sebagian dari mereka tengah menderita cedera sehingga membuat lini tengah tim asal Belanda ini tak punya banyak pilihan untuk melakukan rotasi. Bukan tidak mungkin De Gondenzonen mencari solusi dengan mendatangkan tenaga baru mengingat bursa transfer musim dingin 2024 belum lama dibuka.

Baca Juga: 3 Pemain Ajax yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya