Kiprah 5 Penggawa Anyar Everton pada Awal 2023/2024, Ada Veteran!

Didominasi pemain dengan tipe menyerang

Everton tidak konsisten pada 2022/2023. Ini berimbas dengan didepaknya Frank Lampard dari jabatan pelatih pada pertengahan musim. The Toffees lantas menunjuk Sean Dyche sebagai juru taktik baru. Ia mendapat kontrak sampai 2025. Beruntung, tim Merseyside ini berhasil lolos dari jurang degradasi setelah menempati peringkat ke-17 English Premier League (EPL).

Performa mengecewakan tersebut memantik Everton untuk melakukan pembenahan skuad pada musim panas 2023. The Toffees menjual beberapa pemain yang tidak masuk rencana. Tim asuhan Sean Dyche ini lantas mendapatkan pengganti dengan merekrut lima penggawa anyar untuk mengarungi ketatnya kompetisi pada 2023/2024.

Siapa saja pemain baru yang dimaksud? Seperti apa kiprah lima penggawa anyar Everton pada awal 2023/2024?

1. Beto masih kesulitan menembus skuad inti Everton

Kiprah 5 Penggawa Anyar Everton pada Awal 2023/2024, Ada Veteran!Beto (evertonfc.com)

Beto merupakan penyerang tengah yang merapat ke Everton setelah diboyong dari Udinese pada musim panas 2023. Pemain kelahiran Lisboa ini setuju untuk menandatangani kontrak sampai 2027 demi bertahan di Goodison Park. Dirinya langsung diproyeksikan untuk meningkatkan ketajaman serta menambah daya gedor lini depan.

Penyerang 25 tahun ini ternyata masih kesulitan menembus skuad inti dari Everton pada 2023/2024. Sejauh ini, Beto sering mendapat peran sebagai pelapis untuk lini depan dari The Toffees. Hal tersebut membuatnya jadi minim kontribusi terhadap performa tim. Hingga minggu ke-12, dirinya telah mencatatkan penampilan sebanyak 11 pertandingan dengan menyumbang 1 gol dan 1 assist di berbagai kompetisi.

2. Youssef Chermiti kekurangan menit bermain bersama Everton

https://www.youtube.com/embed/Xv0uep6rMKc

Selain Beto, Everton juga mendatangkan penyerang tengah lain, Youssef Chermiti, dari Sporting CP pada musim panas 2023. Pemain kebangsaan Portugal ini langsung dipagari sampai 2027 untuk membela The Toffees. Kedatangannya menjadi angin segar karena berpotensi menambah kedalaman di lini depan.

Youssef Chermiti belum mendapat kesempatan secara reguler bersama Everton pada 2023/2024. Dirinya menjalankan tugas sebagai pelapis lini depan dan tak jarang hanya duduk di bangku cadangan. Penyerang kelahiran Santa Maria, Azores, ini akhirnya kekurangan menit bermain bersama The Toffees. Sampai pekan ke-12, Chermiti sendiri baru diturunkan dalam enam laga di berbagai ajang.

Baca Juga: Kiprah Everton di EPL Selama 5 Musim Terakhir, Semakin Memburuk!

3. Arnaut Danjuma sudah mengenal atmosfer sepak bola Inggris

Kiprah 5 Penggawa Anyar Everton pada Awal 2023/2024, Ada Veteran!Arnaut Danjuma (evertonfc.com)

Arnaut Danjuma adalah penyerang sayap yang membela Everton dengan status sebagai pinjaman dari Villarreal pada musim panas 2023. Dia rencananya akan bertahanan di Goodison Park sampai 2024. Pemain kelahiran Lagos ini sendiri sudah mengenal atmosfer sepak bola Inggris karena pernah memperkuat Bournemouth dan Tottenham Hotspur. Kehadirannya untuk membantu meningkatkan kreativitas di lini depan The Toffees.

Sejauh ini, Arnaut Danjuma tak bermain secara reguler bersama Everton di EPL 2023/2024. Namun, dirinya selalu dipasang sebagai starter ketika The Toffees tampil di EFL Cup. Selain penyerang sayap, Sean Dyche beberapa kali menugaskannya jadi penyerang tengah dan gelandang serang untuk The Toffees. Sampai minggu ke-12, Danjuma telah berkontribusi dalam 11 pertandingan dengan mencetak 2 gol di berbagai ajang.

4. Ashley Young masih jadi instrumen penting di jantung pertahanan Everton

Kiprah 5 Penggawa Anyar Everton pada Awal 2023/2024, Ada Veteran!Ashley Young (evertonfc.com)

Tak hanya memperkuat area depan, Everton juga memperkokoh tembok pertahanan dengan mendatangkan bek sayap berpengalaman pada musim panas 2023. Ashley Young berhasil didapatkan secara gratis dari Aston Villa. Pesepak bola veteran ini dikontrak sampai 2024. Selain sebagai pemain, dirinya bisa menjadi mentor untuk para penggawa muda dari The Toffees.

Meski sudah berusia 38 tahun, Ashley Young masih menjadi salah satu instrumen penting di jantung pertahanan Everton pada 2023/2024. Dirinya kerap diturunkan sebagai starter dan tampil selama 90 menit untuk The Toffees. Dia juga bisa diplot jadi bek kanan dan bek kiri sesuai kebutuhan taktik tim. Hingga pekan ke-12, Young telah dimainkan sebanyak 14 pertandingan dengan mengukir 1 gol di berbagai kompetisi.

5. Jack Harrison sempat mengalami cedera pinggul

https://www.youtube.com/embed/5qImwPm41Hw

Jack Harrison gagal menyelamatkan Leeds United dari jurang degradasi EPL 2022/2023. Dirinya lantas memilih menerima pinangan Everton dengan status sebagai pinjaman pada musim panas 2023. Pesepak bola 27 tahun ini akan berseragam The Toffees sampai 2024. Ini tentu menambah opsi bagi Sean Dyche dalam melakukan rotasi khususnya di lini depan tim Merseyside tersebut.

Jack Harrison sempat mengalami cedera pinggul pada awal kedatangannya sehingga harus absen dalam beberapa pertandingan membela Everton. Pemain kelahiran Stoke-on-Trent ini kemudian bisa bangkit dan mulai mendapat kepercayaan untuk menembus skuad utama pada 2023/2024. Selain penyerang sayap, dirinya beberapa kali dipasang jadi gelandang serang dan gelandang kanan untuk The Toffees. Sampai pekan ke-12, Harrison sudah bermain dalam 8 laga dengan membuat 1 gol dan 3 assist di berbagai ajang

Kelima pemain baru Everton di atas sudah menunjukkan kontribusi pada awal 2023/2024. Sebagian besar dari mereka masih kesulitan untuk menembus skuad utama dari The Toffees. Sejauh ini, baru Ashley Young dan Jack Harrison yang menjelma jadi bagian penting dalam sistem permainan. Menurutmu, sejauh mana langkah tim Merseyside ini setelah kedatangan tenaga baru tersebut?

Baca Juga: Everton Terancam Hukuman Lebih Berat, Bisa Degradasi

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya