Kontribusi 4 Penggawa Baru Borussia Dortmund pada Awal 2023/2024

Ada yang datang secara gratis

Borussia Dortmund tidak terlalu aktif pada musim panas 2023 lalu. Tim asuhan Edin Terzic ini malah harus rela kehilangan banyak pemain. Salah satunya Jude Bellingham yang memilih melanjutkan karier di Real Madrid.

Hal tersebut membuat Die Borussen mendapat suntikan dana segar. Meski begitu, tim asal Jerman ini tak langsung jor-joran dalam menghadirkan wajah baru ke Signal Iduna Park.

Borussia Dortmund masih percaya dengan kedalaman skuad yang ada sehingga tidak terlalu boros membelanjakan uang pada musim panas 2023. Tim asal Jerman ini tercatat hanya mendatangkan empat pemain baru untuk mengarungi ketatnya kompetisi 2023/2024.

1. Felix Nmecha hadir sebagai pengganti Jude Bellingham yang pergi ke Real Madrid

Kontribusi 4 Penggawa Baru Borussia Dortmund pada Awal 2023/2024Felix Nmecha (instagram.com/felix_nmecha)

Borussia Dortmund ditinggal Jude Bellingham yang memilih menerima tawaran dari Real Madrid pada musim panas 2023. Kepergian gelandang kebangsaan Inggris tersebut meninggalkan lubang besar di lini tengah Die Borussen. Tim asal Jerman ini lantas mencari pengganti dengan mendatangkan Felix Nmecha dari VfL Wolfsburg. Dirinya dianggap mempunyai potensi menjanjikan sehingga langsung disodori kontrak jangka panjang, yang berlaku sampai 2028, untuk bertahan di Signal Iduna Park.

Sejauh ini, Felix Nmecha tak selalu jadi pilihan utama dari Borussia Dortmund pada 2023/2024. Dirinya beberapa kali harus memulai pertandingan dari bangku cadangan. Meski begitu, kehadirannya kerap menjadi faktor pembeda untuk Die Borussen. Selain gelandang tengah, Edin Tazic juga pernah menugaskannya sebagai gelandang serang. Hingga pekan ke-11, Nmecha sendiri sudah menunjukkan kontribusi dalam 15 laga dengan mencetak 1 gol dan 2 assist di berbagai ajang.

2. Marcel Sabitzer langsung jadi instrumen penting di lini tengah Borussia Dortmund

https://www.youtube.com/embed/FCMOFdS7Tsw

Marcel Sabitzer kehilangan tempat di skuad utama Bayern Munich sehingga harus menjalani masa peminjaman bersama Manchester United. Dirinya kemudian dilepas secara permanen ke Borussia Dortmund pada musim panas 2023. Gelandang tengah kebangsaan Austria ini setuju menandatangani kontrak, yang berlaku hingga 2027, bersama Die Borussen. Pengalamannya berpotensi menambah kedalaman, terutama di lini tengah tim.

Benar saja, Marcel Sabitzer langsung jadi salah satu instrumen penting di lini tengah Borussia Dortmund pada 2023/2024. Dirinya kerap dimainkan sebagai starter di berbagai kompetisi. Sabitzer sendiri bisa dipasang sebagai gelandang tengah dan gelandang bertahan sesuai dengan kebutuhan Die Borussen. Sampai minggu ke-11, dia telah mencatatkan penampilan sebanyak 13 laga dengan mencetak 2 gol dan 2 assist.

Baca Juga: 3 Pemain Borussia Dortmund 2023/2024 yang Berasal dari Luar Eropa

3. Niclas Fuellkrug kerap dipasang jadi starter di lini depan Borussia Dortmund

Kontribusi 4 Penggawa Baru Borussia Dortmund pada Awal 2023/2024Niclas Fullkrug (instagram.com/niclas.fuellkrug24)

Niclas Fuellkrug adalah penyerang yang diboyong Borussia Dortmund dari Werder Bremen pada musim panas 2023. Pesepak bola kelahiran Hannover ini langsung mendapatkan kontrak yang berlaku hingga 2026. Pengalamannya berguna untuk menambah daya gedor dan produktivitas lini depan Die Borussen.

Meski berstatus rekrutan baru, Niclas Fuellkrug bisa mendapat kepercayaan dari Edin Terzic sehingga kerap dipasang jadi starter Borussia Dortmund pada 2023/2024. Sejauh ini, dirinya menggeser posisi Sebastien Haller dan Youssoufa Moukoko sebagai ujung tombak utama tim. Sampai minggu ke-11, penyerang berusia 30 tahun tersebut telah menyumbang 4 gol dan 2 assist dari 13 pertandingan di berbagai ajang bersama Die Borussen.

4. Ramy Bensebaini diplot menggantikan Raphael Guerreiro yang pindah ke Bayern Munich

https://www.youtube.com/embed/BninnoRpGKw

Raphael Guerreiro dan Borussia Dortmund tidak menemui kesepakatan sehingga sang pemain dilepas gratis ke Bayern Munich pada musim panas 2023. Die Borussen lantas mendapatkan pengganti setelah memboyong secara gratis Ramy Bensebaini dari Borussia Moenchengladbach. Bek kiri berkebangsaan Aljazair ini diikat kontrak sampai 2027 untuk bermain di Signal Iduna Park.

Ramy Bensebaini langsung jadi sosok penting di lini belakang Borussia Dortmund pada 2023/2024. Pesepak bola kelahiran Constantine ini sering mendapat kesempatan sebagai starter di berbagai ajang. Namun, dirinya beberapa kali harus bergantian dengan Julian Ryerson untuk menjaga area kiri pertahanan Die Borussen. Hingga pekan ke-11, Bensebaini sendiri sudah berkontribusi dalam 14 pertandingan dengan membuat 1 assist di berbagai ajang.

Keempat penggawa baru di atas telah menunjukkan kontribusi terhadap penampilan Borussia Dortmund pada awal 2023/2024. Mereka kerap dipercaya Edin Terzic untuk masuk skuad utama dan mendapat menit bermain yang cukup di berbagai kompetisi. Menurutmu, sejauh mana performa Die Borussen setelah kehadiran tenaga baru tersebut, terutama di Bundesliga Jerman?

Baca Juga: Konsistensi Dortmund dalam Memprotes Hal-Hal Berbau Uang

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya