Kontribusi 7 Penggawa Anyar LOSC Lille sampai Pekan 15 2023/2024

Ada yang diboyong dari Amerika Selatan

LOSC Lille berhasil menjelma sebagai kuda hitam yang diwaspadai dalam beberapa musim terakhir. Tim asuhan Paulo Fonseca ini menunjukkan performa yang tidak terlalu buruk karena menduduki peringkat kelima Ligue 1 Prancis 2022/2023. Pencapaian tersebut membuat Les Dogues berhak untuk mengikuti Kualifikasi Liga Konferensi Eropa 2023/2024.

Tak berpuas diri, Lille membenahi komposisi skuad pada musim panas 2023. Mereka melepas penggawa yang sudah tidak masuk rencana jangka panjang. Bahkan, beberapa memiliki potensi menjanjikan, seperti Carlos Baleba dan Timothy Weah. Namun, kepergian tersebut berhasil mendatangkan dana segar untuk membangun kekuatan baru.

Benar saja, LOSC Lille aktif menghadirkan tenaga baru untuk menghadapi ketatnya 2023/2024. Ada tujuh penggawa anyar yang didaratkan ke Stade Pierre-Mauroy. Siapa saja mereka dan seperti apa kontribusi penggawa anyar LOSC Lille sampai pekan 15 2023/2024?

1. Hakon Arnar Haraldsson harus bergantian mengisi posisi sayap kiri dengan Ivan Cavaleiro

Kontribusi 7 Penggawa Anyar LOSC Lille sampai Pekan 15 2023/2024Hakon Arnar Haraldsson (losc.fr)

Hakon Arnar Haraldsson mampu menampilkan performa mengesankan saat masih membela FC Copenhagen. Potensi tersebut sukses membuat LOSC Lille merekrutnya pada musim panas 2023. Penyerang sayap 20 tahun ini dianggap sebagai aset masa depan sehingga langsung dipagari kontrak jangka panjang sampai 2028. Dirinya diproyeksikan menambah daya kreativitas dan produktivitas lini depan Les Dogues.

Pesepak bola kebangsaan Islandia ini ternyata tak selalu dipilih masuk skuad utama Lille pada 2023/2024. Haraldsson harus bergantian dengan Ivan Cavaleiro untuk menjadi penyerang sayap kiri. Hal tersebut membuat menit bermainnya tidak terlalu banyak bersama Les Douges. Dirinya juga beberapa kali menjalankan tugas jadi geladang serang. Hingga pekan ke-15, dia telah diturunkan sebanyak 16 pertandingan dengan menyumbang 1 assist di berbagai ajang.

2. Tiago Santos langsung jadi bagian penting di lini pertahanan LOSC Lille

Kontribusi 7 Penggawa Anyar LOSC Lille sampai Pekan 15 2023/2024Tiago Santos (instagram.com/tiagosantos__62)

Tiago Santos adalah bek kanan muda menjanjikan yang direkrut LOSC Lille dari Estoril Praia pada musim panas 2023. Pesepak bola kebangsaan Portugal ini masuk rencana jangka panjang sehingga mendapat kontrak sampai 2028. Kehadirannya berpeluang menambah kekuatan lini belakang serta membantu serangan melalui sektor sayap Les Dogues.

Meski masih berusia 21 tahun, Tiago Santos sukses menjadi bagian penting di lini pertahanan Lille pada 2023/2024. Pemain kelahiran Lisboa tersebut sering dipercaya Paulo Fonseca jadi starter dan tampil selama 90 menit di berbagai kompetisi. Sampai Pekan ke-15, dia tercatat bermain dalam 18 laga dengan menyumbang 1 gol untuk Les Dogues.

3. Nabil Bentaleb mulai sering mendapat kesempatan tampil sejak menit pertama

Kontribusi 7 Penggawa Anyar LOSC Lille sampai Pekan 15 2023/2024Nabil Bentaleb (twitter.com/losclive)

Nabil Bentaleb merupakan gelandang tengah yang pernah membela beberapa tim besar Eropa, seperti Tottenham Hotspur, Schalke 04, dan Newcastle United. Pada musim panas 2023, LOSC Lille memboyongnya dari Angers SCO. Dia telah menandatangani kontrak sampai 2026 untuk bertahan di Stade Pierre-Mauroy. Pengalamannya berpotensi menambah kekuatan, terutama di area tengah tim asal Prancis tersebut.

Nabil Bentaleb mulai sering mendapat kesempatan untuk tampil sejak menit pertama bersama Lille. Meski posisi aslinya adalah gelandang tengah, pemain kebangsaan Aljazair ini mampu mengemban peran jadi gelandang bertahan untuk Les Douges. Hingga pekan ke-15, dia sudah berkontribusi dalam 12 laga di berbagai ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Lille pada 2023/2024, Ada Samuel Umtiti!

4. Ignacio Miramon masih kesulitan masuk skuad inti LOSC Lille

Kontribusi 7 Penggawa Anyar LOSC Lille sampai Pekan 15 2023/2024Ignacio Miramon (twitter.com/losclive)

Tak hanya di Eropa, LOSC Lille juga mengarahkan radar transfernya sampai ke Amerika Selatan. Les Dogues berhasil menghadirkan Ignacio Miramon dari Gimnasia La Plata pada musim panas 2023. Gelandang bertahan 20 tahun ini jadi rekrutan penting sehingga disodori kontrak jangka panjang hingga 2028. Dia diplot untuk memperlancar aliran bola di lini tengah serta membantu kinerja pertahanan tim asal Prancis tersebut.

Sejauh ini, Ignacio Miramon masih kesulitan masuk skuad inti dari Lille pada 2023/2024. Dirinya sering jadi penghangat bangku cadangan sehingga mendapat menit bermain yang minim bersama Les Dogues. Sampai pekan ke-15, Miramon sendiri baru tampil dalam tiga pertandingan di berbagai ajang.

5. Vito Mannone menjalankan peran sebagai pelapis Lucas Chevalier

Kontribusi 7 Penggawa Anyar LOSC Lille sampai Pekan 15 2023/2024Victor Mannone (instagram.com/vito_mannone1)

Vito Mannone adalah kiper veteran yang diboyong LOSC Lille dari FC Lorient pada musim panas 2023. Pesepak bola kebangsaan Italia ini mendapat kontrak sampai 2025 bersama Les Dogues. Pengalamannya berguna untuk memperdalam lini belakang serta menambah pilihan bagi pelatih untuk melakukan rotasi skuad.

Vito Mannone ternyata bukan menjadi pilihan utama untuk lini pertahanan Lille pada 2023/2024. Paulo Fonseca lebih memilih Lucas Chevalier sebagai kiper inti dari Les Dogues. Hal tersebut membuat Mannone sering menghabiskan waktu di bangku cadangan tim. Hingga pekan ke-15, dia baru diberi kesempatan untuk tampil dalam satu pertandingan di Liga Konferensi Eropa.

6. Samuel Umtiti belum medapat kesempatan secara reguler bersama LOSC Lille

Kontribusi 7 Penggawa Anyar LOSC Lille sampai Pekan 15 2023/2024Samuel Umtiti (twitter.com/losclive)

Samuel Umtiti tidak masuk rencana masa depan Barcelona sehingga harus dilepas secara gratis ke LOSC Lille pada musim panas 2023. Bek tengah 30 tahun ini disodori kontrak sampai 2025 demi bertahan di Stade Pierre-Mauroy. Pesepak bola kelahiran Yaounde ini memiliki banyak pengalaman sehingga bisa jadi angin segar untuk benteng pertahanan Les Dogues.

Samuel Umtiti belum memperoleh kesempatan secara reguler bersama LOSC Lille pada 2023/2024. Dirinya kesulitan mendapat menit bermain saat di Ligue 1. Namun, bek tengah 30 tahun tersebut sering menjadi starter saat mentas di Liga Konferensi Eropa. Sampai pekan ke-15, Umtiti sendiri tercatat telah tampil dalam sebelas pertandingan di berbagai kompetisi.

7. Ivan Cavaleiro diboyong secara gratis dari Fulham

Kontribusi 7 Penggawa Anyar LOSC Lille sampai Pekan 15 2023/2024Ivan Cavaleiro (twitter.com/losclive)

Ivan Cavaleiro tersisih dari skuad utama Fulham sehingga dilepas secara gratis pada musim panas 2023. Tak sampai menganggur, penyerang sayap kebangsaan Portugal ini setuju menerima pinangan dari LOSC Lille. Dirinya telah menandatangani kontrak sampai 2024 dengan opsi perpanjangan 1 tahun bersama Les Dogues.

Ivan Cavaleiro bisa menambah opsi serangan lini depan Lille pada 2023/2024. Dirinya sering dipasang sebagai starter untuk Les Dogues di Ligue 1. Namun, pesepak bola kelahiran Vila Franca de Xira tersebut harus berperan jadi pelapis di Liga Konferensi Eropa. Hingga pekan ke-15, Cavaleiro sudah berkontribusi dalam 17 laga dengan mengukir 1 gol dan 2 assist di berbagai kompetisi.

Ketujuh penggawa anyar tersebut sudah menunjukkan kontribusinya terhadap permainan LOSC Lille sampai pekan 15 2023/2024. Les Dogues menggabungkan bakat muda menjanjikan dengan pemain yang telah memiliki banyak pengalaman. Namun, sejauh ini, sebagian besar dari mereka masih sering dirotasi Paulo Fonseca sehingga tidak rutin menembus skuad utama.

Baca Juga: 5 Pemain LOSC Lille dengan Harga Pasar Tertinggi pada 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya