4 Lulusan Akademi Everton yang Membela Klub EPL Lain pada 2023/2024

Dua di antaranya berkarier bersama Sheffield United

Everton masih memegang rekor yang mengesankan karena belum pernah merasakan degradasi dari English Premier League (EPL). Selain itu, mereka juga telah memenangkan berbagai gelar domestik. Sayangnya, The Toffees menunjukkan inkonsistensi permainan dalam beberapa musim terakhir sehingga kerap berkutat di papan bawah klasemen kasta tertinggi Liga Inggris.

Meski begitu, Everton masih diperhitungkan karena sering melahirkan pesepak bola dengan talenta luar biasa melalui program akademinya. Banyak jebolan The Toffees yang akhirnya mampu melebarkan sayap dengan membangun karier di berbagai liga elite Eropa, termasuk EPL. Pada 2023/2024, ada sekitar empat pemain lulusan akademi Everton yang membela tim lain di kasta teratas Liga Inggris tersebut.

1. Anthony Gordon mulai menjadi instrumen penting lini depan Newcastle United 2023/2024

4 Lulusan Akademi Everton yang Membela Klub EPL Lain pada 2023/2024Anthony Gordon (instagram.com/anthonygordon)

Anthony Gordon adalah penyerang sayap yang pernah mengenyam pendidikan di akademi Everton. Pesepak bola asli Liverpool ini sudah tampil di berbagai kelompok umur bersama The Toffees. Kinerjanya tak sia-sia, talenta berusia 23 tahun tersebut akhirnya mendapat kesempatan emas untuk promosi ke skuad senior pada musim dingin 2020.

Tak langsung lancar, Anthony Gordon sempat kesulitan mendapat kesempatan reguler bersama Everton. Dirinya lantas dipinjamkan The Toffees ke Preston North End pada musim dingin 2021. Ini demi membuatnya mendapat jam terbang. Meski berstatus pinjaman, pesepak bola bertinggi 182 cm tersebut beberapa kali diturunkan sebagai starter The Lilywhites. Gordon sendiri mencatatkan total penampilan sebanyak sebelas pertandingan di Championship.

Anthony Gordon kemudian kembali bergabung dengan skuad Everton pada musim panas 2021. Pesepak bola yang memiliki garis keturunan Skotlandia ini sukses menjelma sebagai salah satu tulang punggung permainan The Toffees. Selain penyerang sayap, dirinya bisa mengemban peran menjadi gelandang serang dan penyerang tengah sesuai kebutuhan taktik. Dia telah membuat total kontribusi sebanyak 78 pertandingan dengan mencetak 7 gol dan 8 assist di semua kompetisi.

Pemain berkebangsaan Inggris ini masuk radar transfer Newcastle United sehingga dibeli pada musim dingin 2023. Anthony Gordon setuju menandatangani kontrak sampai 2026 demi bertahan di St James' Park. Dirinya lebih sering memulai laga sebagai pengganti. Ini membuatnya mendapat menit bermain yang tidak terlalu banyak.

Pada 2023/2024, Anthony Gordon mulai mendapat kepercayaan dari Eddie Howe sebagai instrumen penting di lini depan Newcastle United. Hal tersebut membuatnya kerap mendapat kesempatan sejak menit pertama di berbagai ajang. Hingga pekan ke-28 musim ini, talenta berkebangsaan Inggris ini bermain dalam 40 pertandingan dengan menyumbang 10 gol dan 7 assist. Sejauh ini, Gordon mencatatkan total kontribusi sebanyak 56 laga dengan mencetak 11 gol dan 7 assist.

2. Adam Davies kalah bersaing dengan Wes Foderingham sebagai kiper inti Sheffield United 2023/2024

https://www.youtube.com/embed/3HaNK6UvjBk

Adam Davies merupakan kiper yang pernah menimba ilmu di akademi sepak bola Everton. Talenta kelahiran Rinteln ini telah ditempa dengan memperkuat skuad U-18 dan U-21 tim asal Liverpool tersebut. Namun, dirinya belum pernah sama sekali mendapat kesempatan merumput bersama tim senior The Toffees. Davies ternyata tidak mendapat perpanjangan kontrak dan harus dilepas gratis pada 2012.

Sempat berstatus tanpa tim selama beberapa bulan, Adam Davies menerima tawaran untuk bergabung dengan Sheffield Wednesday pada musim panas 2012. Perjalanannya terjal, dia kesulitan menembus skuad utama sehingga lebih sering menghuni bangku cadangan. Dirinya ternyata tidak mendapat kesempatan untuk melakukan debut bersama The Owls.

Minim kontribusi, Adam Davies lantas dilepas secara gratis oleh Sheffield Wednesday kepada Barnsley pada musim panas 2014. Pesepak bola berkebangsaan Wales ini perlahan mampu menjadi kiper utama dan sering diturunkan selama 90 menit. Selain itu, dia juga sempat mengemban jabatan kapten The Tykes. Davies mencatatkan total penampilan dalam 209 pertandingan dengan kebobolan 259 gol di berbagai kompetisi.

Adam Davies kemudian dilepas gratis oleh Barnsley kepada Stoke City pada musim panas 2019. Dirinya sulit menembus skuad utama The Potters. Pesepak bola berusia 31 tahun tersebut menjadi minim kontribusi karena sering menghuni bangku cadangan. Selain itu, cedera medial collateral ligament (MCL) juga sempat membuatnya absen cukup lama. Dia membuat total kontribusi dalam 41 laga dengan kebobolan dalam 30 gol di semua ajang.

Bertahan singkat, Adam Davies setuju hengkang dari Stoke City setelah menerima tawaran Sheffield United pada musim dingin 2022. Dia ternyata sering menghabiskan waktu duduk di bangku cadangan. Meski begitu, kehadirannya dianggap penting sehingga mendapat perpanjangan kontrak sampai 2024. Selain itu, dirinya juga menjadi salah satu penggawa yang berjasa mengantar The Blades promosi ke Premier League 2023/2024.

Pada 2023/2024, Adam Davies masih kesulitan menjadi pilihan utama Sheffield United. Dirinya kalah bersaing dengan Wes Foderingham sebagai kiper inti The Blades. Hingga pekan ke-28 musim ini, dia baru tampil dalam satu pertandingan di EFL Cup. Davies sendiri mencatatkan total kontribusi sebanyak 11 laga dengan kebobolan 11 gol di semua kompetisi.

Baca Juga: 4 Lulusan Akademi Leicester City yang Tampil di EPL 2023/2024

3. Tom Davies sempat melewatkan banyak laga karena mengalami cedera pada 2023/2024

4 Lulusan Akademi Everton yang Membela Klub EPL Lain pada 2023/2024Tom Davies (instagram.com/1tomdavies)

Tom Davies adalah gelandang tengah yang pernah menempuh pendidikan di akademi Everton. Pemain asli Liverpool ini telah menunjukkan performanya di berbagai kelompok umur The Toffees. Dirinya dianggap mumpuni sehingga mendapat kesempatan emas untuk promosi ke skuad senior pada musim dingin 2017.

Pesepak bola berusia 25 tahun ini perlahan mampu mendapatkan peran penting di area tengah Everton. Selain gelandang tengah, Tom Davies juga mampu mengemban tugas menjadi gelandang serang dan gelandang bertahan tergantung kebutuhan tim. Namun, cedera lutut membuatnya harus melewatkan banyak laga. Selepas pulih, dia mulai tersisih dari skuad utama sehingga lebih sering tampil sebagai pengganti. Davies sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 179 pertandingan dengan membuat 7 gol dan 8 assist bersama The Toffees.

Tom Davies ternyata tidak mendapat perpanjangan kontrak sehingga dilepas gratis oleh Everton pada musim panas 2023. Pemain berkebangsaan Inggris ini lantas memulai petualangan baru dengan menerima pinangan Sheffield United. Dirinya setuju menandatangani kontrak sampai 2026 demi mentas di Bramall Lane Stadium.

Langkahnya tak sesuai harapan, Tom Davies sempat mengalami cedera sehingga banyak melewatkan laga bersama Sheffiled United 2023/2024. Setelah kembali fit, dirinya kesulitan menembus skuad inti The Blades. Gelandang tengah bertinggi 180 cm ini sering menjadi pengganti. Hal tersebut berdampak terhadap minimnya menit bermain yang diterima. Sampai pekan ke-28 musim ini, Davies baru diturunkan dalam sembilan laga di EPL.

4. Antonee Robinson sulit tergeser dari skuad utama Fulham 2023/2024

4 Lulusan Akademi Everton yang Membela Klub EPL Lain pada 2023/2024Antonee Robinson (instagram.com/antonee_jedi)

Antonee Robinson merupakan bek kiri jebolan akademi sepak bola Everton. Pesepak bola berkebangsaan Amerika Serikat ini sudah pernah merasakan tampil di berbagai kategori umur. Dirinya juga sempat dipinjamkan ke beberapa tim seperti Bolton Wanderers dan Wigan Athletic agar membuatnya mendapat menit bermain dan pengalaman.

Belum sempat merumput bersama skuad senior, Antonee Robinson dijual oleh Everton kepada Wigan Athletic pada musim panas 2019. Dirinya tidak membutuhkan waktu adaptasi lama karena sebelumnya pernah membela The Latics. Benar saja, pemain berusia 26 tahun ini langsung dipercaya menjadi bek kiri utama. Dia sering diturunkan selama 90 menit. Robinson sendiri mampu mencatatkan total penampilan sebanyak 65 pertandingan dengan membuat 1 gol dan 2 assist di berbagai ajang.

Antonee Robinson kemudian meninggalkan Wigan Athletic setelah setuju dengan tawaran Fulham pada musim panas 2020. Pemain berkebangsaan Amerika Serikat ini langsung menjelma sebagai salah satu instrumen penting di jantung pertahanan tim London Barat tersebut. Dirinya ikut menemani pasang surut performa The Cottagers. Selain bek kiri, dia kerap diturunkan menjadi gelandang kiri tergantung skema taktik. Performanya masih dibutuhkan sehingga disodori perpanjangan kontrak hingga 2028.

Pada 2023/2024, Antonee Robinson sulit tergeser dari skuad utama Fulham. Dirinya masih sering dipercaya oleh Marco Silva untuk menempati posisi bek kiri utama The Cottagers. Sampai pekan ke-28 musim ini, talenta kelahiran Milton Keynes ini diturunkan dalam 35 pertandingan dengan menyumbang 7 assist di semua kompetisi. Sejauh ini, dia sudah membuat total penampilan sebanyak 142 laga dengan menorehkan 3 gol da 12 assist untuk tim London Barat tersebut.

Keempat lulusan akademi Everton di atas membela tim lain di English Premier League 2023/2024. Musim ini, Anthony Gordon dan Antonee Robinson berhasil bertransformasi sebagai faktor penting untuk masing-masing tim. Sementara, Adam Davies dan Tom Davies menjalankan perang sebagai pelapis sehingga minim kontribusi.

Baca Juga: Hukuman Everton Dikurangi, Lolos dari Jerat Degradasi

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya