4 Lulusan Akademi Flamengo yang Berkiprah di Premier League 2023/2024

Sebagian besar berperan menjadi gelandang

Flamengo memiliki rekam jejak luar biasa sehingga menjelma sebagai salah satu raksasa yang diperhitungkan di Brasil. Selain sukses mengukir prestasi di kancah domestik, tim berjuluk Mengao ini juga tercatat pernah memenangkan Copa Libertadores sebanyak tiga kali.

Pencapaian hebat tersebut tidak diperoleh secara instan. Mereka memulai dari bawah dengan membangun dan menjalankan program akademi sepak bola. Tak sia-sia, tim yang berasal dari Kota Rio de Jainero ini mampu menjadi wadah bagi bibit-bibit muda menjanjikan untuk mengembangkan karier.

Berkat portofolio meyakinkan tersebut, tak sedikit talenta muda jebolan akademi Flamengo mampu masuk radar transfer tim Eropa. Mereka bahkan dianggap mumpuni sehingga sering menghiasi kompetisi elite Benua Biru, termasuk English Premier League (EPL).

Pada 2023/2024, setidaknya ada empat pemain lulusan akademi Flamengo yang berkiprah di Premier League. Siapa saja mereka dan seperti apa kontribusinya sejauh ini? Berikut ulasannya!

1. Lucas Paqueta masih dipercaya sebagai figur penting West Ham United 2023/2024

4 Lulusan Akademi Flamengo yang Berkiprah di Premier League 2023/2024Lucas Paqueta (instagram.com/lucaspaqueta)

Lucas Paqueta merupakan gelandang serang jebolan akademi sepak bola Flamengo. Pemain bertinggi 180 cm ini telah menunjukkan performanya di berbagai kelompok umur. Dirinya sukses tampil mengesankan sehingga dipanggil untuk promosi bersama skuad senior Mengao pada musim dingin 2016.

Pesepak bola yang kini berusia 26 tahun ini awalnya kesulitan mendapat kesempatan secara reguler bersama Flamengo. Namun, seiring berjalannya waktu, Lucas Paqueta mampu memperoleh peran penting dalam skema permainan. Selain gelandang serang, dirinya beberapa kali diplot menjadi gelandang sayap tergantung skema taktik. Pemain berkebangsaan Brasil ini mencatatkan total penampilan sebanyak 74 kali dengan mengukir 14 gol dan 7 assist di semua kompetisi.

Berkat penampilan menjanjikan, Lucas Paqueta berhasil masuk radar transfer AC Milan sehingga diboyong pada musim dingin 2019. Ini pengalaman pertamanya membangun karier di Eropa. Dia awalnya mampu menjadi salah satu penggawan penting Rossoneri. Dia bisa menjalankan berbagai posisi di lini tengah. Namun, perannya tersisih sehingga tidak selalu tampil reguler. Pesepak bola kelahiran Paqueta ini berkontribusi dalam 44 pertandingan dengan menorehkan 1 gol dan 3 assist.

Hanya bertahan singkat, Lucas Paqueta setuju hengkang dari AC Milan setelah menerima tawaran Olympique Lyon pada musim panas 2020. Tak butuh waktu adaptasi lama, dirinya bisa bertransformasi sebagai salah satu instrumen penting permainan Les Gones. Dia berhasil menemukan sentuhan terbaiknya lagi. Ini membuatnya sering mengisi daftar starter di berbagai ajang. Talenta yang mempunyai garis keturunan Portugal tersebut sudah mencatatkan total penampilan dalam 80 laga dengan mengukir 21 gol dan 13 assist.

Lucas Paqueta kemudian memilih pergi dari Olympique Lyon untuk memulai petualangan di Inggris bersama West Ham United pada musim panas 2022. Dirinya dianggap sebagai rekrutan penting sehingga mendapat kontrak jangka panjang sampai 2027. Keputusannya tepat, dia sering dipasang David Moyes masuk starter di semua kompetisi. Dia bahkan sukses mengatar The Hammers mengukir sejarah dengan memenangkan UEFA Conference League 2023.

Pada 2023/2024, Lucas Paqueta masih dipercaya sebagai figur penting skema taktik West Ham United. Namun, performanya sempat terganggu karena menderita cedera betis. Selepas pulih, dia bisa masuk lagi di skuad inti The Hammers. Hingga pekan ke-34, dia bermain sebanyak 39 kali dengan mencetak 8 gol dan 7 assist. Sejauh ini, Paqueta sudah mencatatkan kontribusi dalam 80 pertandingan dengan menyumbang 13 gol dan 14 assist di berbagai ajang.

2. Joao Gomes mendapat peran penting di lini tengah Wolverhampton Wanderers 2023/2024

4 Lulusan Akademi Flamengo yang Berkiprah di Premier League 2023/2024Joao Gomes (instagram.com/ joaogomes.01)

Joao Gomes adalah gelandang tengah potensial yang sempat mengenyam pendidikan di akademi sepak bola Flamengo. Pemain kelahiran Rio de Janeiro ini kemampuannya sudah ditempa di berbagai kategori umur. Benar saja, dirinya berhasil dipercaya untuk memperkuat tim senior Mengao pada musim panas 2021.

Tak langsung mulus, talenta yang kini berusia 23 tahun ini awalnya kesulitan mendapat menit bermain sehingga sering duduk di bangku cadangan. Joao Gomes perlahan menjelma sebagai salah satu instrumen penting permainan tim asal Brasil tersebut. Dirinya bisa menempati beberapa posisi di area tengah sehingga memudahkan pelatih untuk rotasi skuad. Gelandang bertinggi 176 cm ini juga ikut berjasa mengantar Mengao memenangkan berbagai gelar bergengsi. Gomes sendiri berkontribusi sebanyak 117 pertandingan dengan mengukir 3 gol dan 4 assist di semua kompetisi.

Setelah tampil mengesankan bersama Flamengo, Joao Gomes memilih hengkang setelah mendapat tawaran Wolverhampton Wanderers pada musim dingin 2023. Pesepak bola berkebangsaan Brasil ini telah menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2028. Meski tidak selalu tampil reguler, kedatangannya bisa menambah kreativitas dan kedalaman kekuatan area tengah Wolves.

Pada 2023/2024, Joao Gomes mulai mendapat peran penting sehingga sering diturunkan sebagai starter Wolverhampton Wanderers di berbagai kompetisi. Selain gelandang tengah, dia beberapa kali diplot menjadi gelandang serang dan gelandang bertahan sesuai kebutuhan taktik. Sampai pekan ke-34 musim ini, dirinya bermain sebanyak 34 kali dengan menyumbang 2 gol dan 1 assist. Gomes sendiri mencatatkan total penampilan dalam 45 laga dengan mengukir 3 gol dan 1 assist untuk Wolves.

Baca Juga: 6 Eks Flamengo yang Bermain di LaLiga 2022/2023, Termasuk Vinicius Jr

3. Vinicius Souza sering bermain sebagai starter Sheffield United 2023/2024

4 Lulusan Akademi Flamengo yang Berkiprah di Premier League 2023/2024Vinicius Souza (instagram.com/viniciusouza_8)

Vinicius Souza merupakan gelandang bertahan yang sudah menimba ilmu di akademi sepak bola Flamengo. Talenta asli Rio de Janeiro ini bermain di berbagai kelompok umur. Tak sia-sia, dirinya dianggap sebagai penggawa potensial sehingga dipromosikan ke skuad senior Mengao pada musim panas 2019.

Perjalanannya terjal, Vinicius Souza kesulitan menembus skuad utama Flamengo. Hal tersebut membuatnya sering menjadi penghangat bangku cadangan. Dirinya hanya mencatatkan total penampilan sebanyak tujuh laga untuk tim asal Brasil tersebut. Minim kontribusi, pesepak bola yang kini berusia 24 tahun ini lantas setuju pindah dan memulai karier di Eropa dengan membela Lommel SK pada musim panas 2020.

Vinicius Souza menjelma sebagai sosok penting di area tengah Lommel SK. Dirinya beberapa kali diturunkan menjadi gelandang tengah dan gelandang bertahan. Seiring berjalannya waktu, pemain berkebangsaan Brasil ini tersisih sehingga lebih sering menghabiskan waktu dengan dipinjamkan ke beberapa tim seperti KV Mechelen dan Espanyol.

Setelah bertualang ke beberapa tim dengan status pinjaman, pemain kelahiran Rio de Janeiro ini kembali memperkuat Lommel SK pada musim panas 2023. Vinicius Souza ternyata tidak masuk rencana masa depan tim asal Belgia tersebut. Dia hanya tampil sebanyak 19 pertandingan. Gelandang bertahan ini lantas setuju hengkang dengan menerima tawaran Sheffield United pada musim yang sama. Dirinya telah menandatangani kontrak sampai 2027 bersama The Blades.

Benar saja, Vinicius Souza langsung bertransformasi sebagai salah satu kunci permainan Sheffield United 2023/2024. Talenta berusia 24 tahun ini sering mendapat kesempatan untuk tampil selama 90 menit. Selain gelandang bertahan, dia beberapa kali pernah diplot menjadi gelandang tengah The Blades. Hingga pekan ke-34 musim ini, pesepak bola bertinggi 187 cm ini telah berkontribusi sebanyak 34 kali dengan mencetak 1 gol.

4. Rodrigo Muniz mulai sering mengisi posisi penyerang utama Fulham 2023/2024

4 Lulusan Akademi Flamengo yang Berkiprah di Premier League 2023/2024Rodrigo Muniz (instagram.com/ rodrigomuniz019)

Rodrigo Muniz adalah penyerang tengah lulusan akademi sepak bola Flamengo. Pemain yang kini berusia 22 tahun ini sudah merasakan tampil di berbagai kelompok umur. Dirinya bahkan sempat dipinjamkan kepada Coritiba FC selama beberapa bulan pada musim panas 2020.. Hal tersebut bertujuan untuk membuatnya mendapat jam terbang. Dia telah berkontribusi sebanyak 6 pertandingan dengan mencetak 1 gol bersama Coxa.

Selepas menyelesaikan masa peminjaman, Rodrigo Muniz dipercaya untuk promosi ke skuad senior Flamengo pada musim dingin 2021. Penyerang berusia 22 tahun ini sering memulai laga dari bangku cadangan. Ini membuatnya tidak terlalu mendapat banyak menit bermain. Meski begitu, dia ikut berkontribusi mengantar Mengao memenangkan beberapa gelar domestik. Muniz sendiri mencatatkan total penampilan dalam 30 laga dengan mencetak 10 gol dan 1 assist.

Potensi Rodrigo Muniz masuk radar transfer Fulham sehingga diboyong pada musim panas 2021. Dirinya dianggap mempunyai masa depan menjanjikan sehingga dipagari kontrak sampai 2025 dengan opsi perpanjangan 1 tahun. Tak langsung mulus, pesepak bola berkebangsaan Brasil ini minim kesempatan karena sering memulai pertandingan dari bangku cadangan. Meski begitu, dia ikut berjuang membawa The Cottagers promosi ke Premier League.

Fulham lantas meminjamkan Rodrigo Muniz kepada Middlesbrough pada musim panas 2022. Tak sesuai harapan, pesepak bola kelahiran Sao Domingos do Prata ini ternyata kesulitan menjadi penyerang utama The Boro. Pemain bertinggi 186 cm ini berkontribusi sebanyak 17 pertandingan dengan menorehkan 2 gol di Championship.

Rodrigo Muniz kemudian bergabung lagi dengan skuad Fulham pada musim panas 2023. Dia awalnya masih belum menjadi pilihan utama. Seiring berjalannya waktu, talenta berusia 22 tahun tersebut mulai sering dipercaya Marco Silva mengisi posisi penyerang utama The Cottagers 2023/2024. Hingga pekan ke-34 musim ini, Muniz sudah merumput sebanyak 29 kali dengan membuat 9 gol dan 1 assist di berbagai ajang. Sejauh ini, dirinya mencatatkan total penampilan dalam 57 laga dengan mengukir 14 gol dan 1 assist.

Keempat lulusan akademi Flamengo di atas berkiprah di English Premier League 2023/2024. Musim ini, mereka semua bisa mendapatkan peran penting dalam skema permainan masing-masing tim. Para pesepak bola tersebut juga berusia muda sehingga masih berpotensi mencapai potensi terbaiknya. Menurutmu, siapakah yang nantinya paling sukses berkarier di kasta tertinggi Liga Inggris?

Baca Juga: 5 Pemain Flamengo 2022/2023 yang Pernah Bermain di Serie A

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya