3 Lulusan Akademi Hull City yang Mewarnai Premier League 2023/2024

Dua di antaranya berposisi sebagai penyerang sayap

Hull City pernah mencicipi ketatnya persaingan di English Premier League (EPL) sebelum akhirnya harus mengalami degradasi pada 2016/2017. Selepas itu, performa The Tigers menjadi tidak konsisten. Mereka bahkan sempat terlempar ke League One Inggris. Pada 2023/2024, tim asal Kota Kingston Hull tersebut tengah berjuang di Championship.

Meski begitu, Hull City tidak bisa dipandang sebelah mata karena mampu menjadi wadah bagi talenta-talenta muda potensial untuk mengembangkan karier melalui program akademi sepak bolanya. Tak jarang, para pemain tersebut sukses menunjukkan kinerja menjanjikan sehingga masuk radar transfer tim lain. Pada 2023/2024, sebanyak tiga lulusan akademi The Tigers yang mewarnai Premier League. Siapa saja mereka?

1. Jarrod Bowen hampir sulit tergeser di lini depan West Ham United 2023/2024

3 Lulusan Akademi Hull City yang Mewarnai Premier League 2023/2024Jarrod Bowen (instagram.com/jarrodbowen)

Jarrod Bowen didapatkan secara gratis oleh Hull City dari Hereford United pada musim panas 2014. Pemain kelahiran Leominster ini ternyata harus ditempa terlebih dahulu bersama skuad U-21 The Tigers. Benar saja, dirinya bisa menampilkan performa menjanjikan sehingga mendapat kesempatan emas untuk promosi ke tim senior pada musim panas 2016.

Tak langsung mulus, Jarrod Bowen awalnya kesulitan tampil reguler sehingga lebih sering duduk di bangku cadangan Hull City. Seiring berjalannya waktu, dirinya sukses menjelma sebagai salah satu figur penting di lini depan. Dia bisa diplot menjadi penyerang sayap dan penyerang bayangan sesuai skema taktik. Pesepak bola berusia 27 tahun ini juga setia menemani pasang surut perjalanan The Tigers. Bowen sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 131 pertandingan dengan membuat 54 gol dan 14 assist di semua kompetisi.

Talenta Jarrod Bowen ternyata berhasil masuk radar transfer West Ham United sehingga diboyong pada musim dingin 2020. Tak butuh waktu adaptasi lama, pemain bertinggi 175 cm ini sering dipasang sebagai starter. Dirinya juga ikut berjasa mengantar The Hammers memenangkan UEFA Conference League 2023. Berkat kinerja mengesankan ini, Bowen mendapat perpanjangan kontrak hingga 2030 bersama tim asal London tersebut.

Pada 2023/2024, Jarrod Bowen hampir sulit tergeser di skuad utama West Ham United. Dirinya sering dipercaya oleh David Moyes untuk tampil sejak menit pertama di berbagai ajang. Selain penyerang sayap, dia mampu diturunkan menjadi penyerang tengah tergantung kebutuhan tim. Hingga pekan ke-32 musim ini, talenta kelahiran Leominster bermain sebanyak 40 kali dengan mencetak 19 gol dan 8 assist. Sejauh ini, Bowen sudah mencatatkan total kontribusi dalam 198 laga dengan membuat 59 gol dan 37 assist untuk The Hammers.

Baca Juga: 7 Pemain Paling Sering Bobol Manchester United di EPL

2. Thomas Cairney masih mampu menambah kedalaman lini tengah Fulham 2023/2024

3 Lulusan Akademi Hull City yang Mewarnai Premier League 2023/2024Thomas Cairney (instagram.com/thomascairney10)

Thomas Cairney adalah gelandang tengah jebolan akademi sepak bola Hull City. Pemain kelahiran Nottingham tersebut telah menunjukkan kemampuannya bersama skuad U-18 dan U-21. Performanya sudah dianggap siap sehingga dipanggil untuk promosi ke tim senior The Tigers pada musim panas 2009.

Perjalanannya tidak mulus, Thomas Cairney sulit tampil secara reguler bersama Hull City. Ini membuatnya memperoleh menit bermain yang tidak terlalu banyak. Selain itu, cedera lutut juga sempat menghambat performanya. Dirinya total mencatatkan penampilan sebanyak 80 laga dengan mencetak 5 gol dan 11 assist di semua ajang. Meski begitu, kontribusinya dianggap belum cukup sehingga The Tigers memutuskan untuk meminjamkan Cairney kepada Blackburn Rovers pada musim panas 2013.

Meski saat itu masih berstatus pinjaman, Thomas Cairney berhasil menjadi instrumen penting di lini tengah Blackburn Rovers. Dirinya sering diberikan kesempatan untuk tampil sebagai starter. Berkat kinerja impresif tersebut, talenta berusia 33 tahun ini mendapat kontrak permanen pada musim dingin 2014. Gelandang bertinggi 185 cm ini telah mencatatkan total penampilan dalam 85 pertandingan dengan mencetak 9 gol dan 16 assist.

Mampu tampil apik selama berseragam Blackburn Rovers, Thomas Cairney setuju hengkang dengan menerima tawaran dari Fulham pada musim panas 2015. Keputusan tepat, dirinya mendapat peran penting di lini tengah Fulham. Selain itu, dia dipercaya untuk mengemban jabatan kapten tim London Barat tersebut. Gelandang berkebangsaan Skotlandia tersebut setia menemani langkah The Cottagers di berbagai divisi. Cairney sendiri masih menyisakan kontrak hingga 2025.

Meski tidak selalu dipasang sebagai starter, Thomas Cairney masih mampu menambah kedalaman kekuatan lini tengah Fulham 2023/2024. Marco Silva selaku pelatih kerap memainkan Cairney menjadi gelandang tengah dan gelandang serang. Hingga pekan ke-32 musim ini, dia tampil dalam 37 laga dengan mencetak 2 gol dan 4 assist di semua ajang. Pesepak bola berkebangsaan Skotlandia tersebut mencatatkan total penampilan sebanyak 320 pertandingan dengan menorehkan 45 gol dan 36 assist untuk The Cottagers.

3. Keane Lewis-Potter bisa tampil di berbagai posisi untuk Brentford 2023/2024

3 Lulusan Akademi Hull City yang Mewarnai Premier League 2023/2024Keane Lewis-Potter (brentfordfc.com)

Keane Lewis-Potter merupakan penyerang sayap yang pernah merasakan menimba ilmu di akademi sepak bola Hull City. Dirinya telah menunjukkan kemampuan bersama skuad U-18. Tak sia-sia, talenta berkebangsaan Inggris ini mendapat kesempatan emas untuk masuk tim senior The Tigers pada musim panas 2018.

Tak langsung mulus, Keane Lewis-Potter tidak mendapat tempat di skuad utama Hull City. Dirinya bahkan sempat dipinjamkan kepada Bradford City pada musim dingin 2019. Hal tersebut demi membuatnya memperoleh menit bermain dan pengalaman. Tak sesuai harapan, dia ternyata lebih sering memulai laga sebagai pengganti saat membela The Bantams. Lewis-Potter sendiri total mencatatkan kontribusi sebanyak lima pertandingan.

Keane Lewis-Potter kemudian kembali bergabung dengan skuad Hull City pada musim panas 2019. Dirinya perlahan sukses menjelma sebagai salah satu instrumen penting di lini depan The Tigers. Hal tersebut membuatnya sering diberikan kesempatan untuk bermain sejak menit pertama. Selain penyerang sayap, dia mampu ditugaskan menjadi penyerang bayangan dan gelandang serang. Talenta asli Hull ini mencatatkan total penampilan dengan mencetak 30 gol dan 11 assist dalam 122 pertandingan.

Pesepak bola berusia 23 tahun ini memilih pergi dari Hull City setelah menerima pinangan Brentford pada musim panas 2022. Keane Lewis-Potter dianggap sebagai rekrutan dengan potensi menjanjikan sehingga dipagari kontrak sampai 2028 dengan opsi perpanjangan 1 tahun. Tak berlangsung mulus, dia ternyata sering melewatkan banyak laga karena sempat menderita cedera. Ini membuat kontribusinya tidak maksimal untuk The Bees.

Pada 2023/2024, Keane Lewis-Potter tak selalu diberikan kesempatan tampil sebagai starter Brentford. Meski begitu, kehadirannya bisa menjalankan berbagai posisi sehingga memudahkan Thomas Frank selaku pelatih untuk melakukan rotasi skuad. Sampai pekan ke-32 musim ini, dia telah bermain sebanyak 29 kali dengan mencetak 2 gol dan 1 assist di berbagai kompetisi. Lewis-Potter sendiri total berkontribusi dalam 42 laga dengan menyumbang 3 gol dan 2 assist bersama The Bees.

Ketiga lulusan akademi Hull City di atas mewarnai English Premier League 2023/2024. Musim ini, mereka semua berhasil memberikan kontribusi penting sehingga menjadi andalan masing-masing tim. Selain itu, kehadiran para pesepak bola tersebut bisa menambah opsi rotasi bagi pelatih. Menurutmu, siapakah yang nantinya paling awet mentas di kasta tertinggi Liga Inggris?

Baca Juga: 5 Pemain yang Memecahkan Rekor Gol Pribadi di EPL pada 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya