4 Mantan Pemain Top yang Jadi Pelatih Tim Championship pada 2023/2024

Ada yang mendapat kontrak jangka panjang

Championship merupakan kasta kedua dalam sepak bola Inggris. Meski bukan divisi utama, tim yang berada di Championship akan menunjukkan persaingan ketat demi memperebutkan jatah tiket promosi ke English Premier League (EPL). Hal tersebut menjadi daya tarik dan menambah keseruan bagi para penggemar.

Tim yang berada di Championship juga tak jarang merekrut juru taktik yang dianggap bisa menaikkan performa tim sehingga memperlebar peluang untuk promosi ke EPL. Pada 2023/2024, ada empat mantan pemain top yang dipercaya untuk melatih klub di kasta kedua sepak bola Inggris tersebut.

Siapa saja mereka? Yuk, baca tulisan di bawah ini! 

1. Wayne Rooney dikontrak Birmingham City sampai 2027

4 Mantan Pemain Top yang Jadi Pelatih Tim Championship pada 2023/2024Wayne Rooney (instagram.com/bcfc dan waynerooney)

Wayne Rooney merupakan mantan penyerang legendaris yang pernah bermain untuk beberapa tim. Namanya sangat bersinar saat berseragam Manchester United. Pesepak bola yang akrab dipanggil Wazza ini sudah pernah mempersembahkan banyak gelar bergengsi untuk The Red Devils. Pada 2021, dirinya memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola profesional.

Saat bermain untuk Derby County, Wayne Rooney juga dipercaya memegang peran sebagai pelatih pengganti. Ini merupakan pengalaman pertamanya menukangi tim profesional. Performanya dianggap bagus sehingga dipermanenkan klub berjuluk The Rams tersebut. Selain berkarier di Inggris, dirinya pernah dipercaya untuk menjadi juru taktik dari DC United.

Pada 2023/2024, Wayne Rooney memilih kembali ke Inggris setelah menyetujui tawaran dari Birmingham City. Juru taktik 37 tahun ini langsung diikat kontrak jangka panjang sampai 2027. Kedatangannya untuk menggantikan John Eustace sebagai kepala pelatih. Hingga pekan ke-12, Rooney sudah mencatatkan debut saat menghadapi Middlesbrough di Championship. Namun, tim berjuluk Blues tersebut harus takluk dengan skor 0-1 di kandang The Boro.

2. Jon Dahl Tomasson menjalani musim kedua bersama Blackburn Rovers

4 Mantan Pemain Top yang Jadi Pelatih Tim Championship pada 2023/2024Jon Dahl Tomasson (kiri) (intagram.com/officialjondahltomasson)

Jon Dahl Tommason merupakan mantan penyerang yang pernah memperkuat beberapa tim besar. Pesepak bola kebangsaan Denmark ini menjadi sosok yang penuh prestasi karena telah memenangi berbagai gelar domestik dan Liga Champions Eropa. Setelah lama berkarier, dirinya memutuskan untuk pensiun pada 2011.

Tak ingin jauh dari sepak bola, Jon Dahl Tommaason melanjutkan karier sebagai asisten pelatih Excelsior Rotterdam pada 2011. Dirinya kemudian bertualang dengan menangani berbagai tim di Eropa. Pada 2022, juru taktik 47 tahun ini menerima tawaran untuk menangani Blackburn Rovers. Tommason sudah menandatangani kontrak hingga 2025 untuk bertahan di Ewood Park.

Pada 2023/2024, Jon Dahl Tommason tengah menjalani musim keduanya dalam menangani Blackburn Rovers. Hingga minggu ke-12, pelatih asal Denmark ini sudah menemani The Rovers dalam 15 pertandingan dengan mencatatkan 8 kemenangan, 1 hasil seri, dan 6 kekalahan di berbagai ajang. Tim yang bermarkas di Edwood Park tersebut sementara berada di papan tengah Championship.

Baca Juga: 4 Pemain Tajam EFL Championship 2022/2023 Digaet Klub Papan Atas Eropa

3. Michael Carrick melatih Middlesbrough sejak 2022

https://www.youtube.com/embed/D7SxZOQmBjM

Michael Carrick merupakan mantan gelandang bertahan yang bersinar saat membela Manchester United. Dirinya sukses menjelma sebagai instrumen penting di area tengah The Red Devils. Pesepak bola kelahiran Wallsend ini telah mempersembahkan berbagai gelar domestik dan Liga Champions Eropa untuk tim kota pelabuhan tersebut. Carrick sendiri pensiun dari dunia sepak bola profesional pada 2018.

Michael Carrick kemudian dipercaya sebagai asisten pelatih Manchester United. Dirinya juga sempat ditunjuk jadi pelatih pengganti untuk The Red Devils dalam tiga pertandingan. Pada 2022, Carrick menerima pinangan dari Middlesbrough dan setuju menandatangani kontrak hingga 2025 untuk bertahan di Riverside Stadium.

Pada 2023/2024, Michael Carrick masih dipercaya untuk menjadi juru taktik Middlesbrough. Sampai pekan ke-12, pelatih 42 tahun ini sudah menemani The Boro sebanyak 15 pertandingan dengan 8 kemenangan, 2 hasil seri, dan 5 kekalahan di berbagai ajang. Tim asuhannya tersebut untuk sementara tengah berjuang di papan tengah klasemen Championship.

4. Enzo Maresca membawa angin segar untuk Leicester City

https://www.youtube.com/embed/qM86qYh0-m4

Enzo Maresca merupakan mantan gelandang tengah yang pernah membela berbagai tim di Eropa. Kariernya menjadi luar biasa ketika bermain untuk Sevilla. Dirinya sukses menghadirkan banyak gelar bergengsi bersama Los Nervionenses. Pesepak bola kebangsaan Italia ini kemudian memutuskan untuk pensiun pada 2017.

Tak sampai lama menganggur, Enzo Maresca memilih mengawali karier sebagai asisten pelatih Ascoli Calcio pada 2017. Selepas itu, dirinya bertualang menangani beberapa tim di Eropa. Pada 2023/2024, Maresca ditunjuk menjadi pelatih kepala dari Leicester City. Juru taktik 43 tahun ini setuju untuk menandatangani kontrak sampai 2026 bersama The Foxes.

Benar saja, Enzo Maresca mampu membawa angin segar untuk permainan Leicester City. Sampai minggu ke-12, pelatih asal Italia ini menemani The Foxes dalam 15 pertandingan dengan 13 kemenangan dan 2 kekalahan di berbagai kompetisi. Performa impresif tersebut membuat tim asuhannya untuk sementara menempati peringkat pertama di Championship dan berpeluang promosi ke EPL.

Keempat mantan pemain top di atas dipercaya menangani tim di Championship pada 2023/2024. Wayne Rooney dan Enzo Maresca menjalani musim pertama bersama tim barunya di kasta kedua sepak bola Inggris tersebut. Menurutmu, siapakah yang sukses mengantarkan klubnya untuk promosi ke EPL?

Baca Juga: Rekam Jejak Wayne Rooney sebagai Manajer, Belum Beprestasi!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya