3 Pemain Akademi Manchester City yang Mentas di Eredivisie 2023/2024

Ada yang berstatus pinjaman dari tim lain

Meski populer sebagai salah satu klub yang kerap jor-joran membeli pemain saat bursa transfer, nyatanya Manchester City membuktikan diri bahwa mereka juga punya akademi sepak bola yang unggul. Memang, tak banyak dari lulusan akademi mereka yang kuat bertarung hingga skuad utama. Namun, dewasa ini makin banyak lulusan akademi Manchester City yang mentas di sederet klub liga teratas Eropa.

Misalnya, ada beberapa nama lulusan akademi Manchester City yang kini tengah merumput di kasta teratas sepak bola Belanda, Eredivise 2023/2024. Siapa saja mereka?

1. Carlos Forbs mendapat kontrak jangka panjang sampai 2028 bersama Ajax Amsterdam

3 Pemain Akademi Manchester City yang Mentas di Eredivisie 2023/2024Carlos Forbs (instagram.com/carlos.forbs)

Carlos Forbs adalah penyerang sayap yang menimba ilmu di akademi Manchester City. Pesepak bola kelahiran Sintra, Portugal, ini sudah menunjukkan performa impresif di berbagai kelompok umur. Meski mempunyai potensi besar, talenta berusia 19 tahun ini belum pernah mendapat kesempatan untuk tampil bersama skuad senior The Citizens.

Carlos Forbs lantas memutuskan hengkang dari Manchester City setelah menerima tawaran dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2023. Pemain berkebangsaan Portugal ini dianggap sebagai aset menjanjikan sehingga mendapat kontrak jangka panjang sampai 2028. Meski berusia 19 tahun, dirinya cukup sering diberikan kepercayaan untuk tampil sebagai starter. Dia bisa ditempatkan sebagai penyerang sayap kiri dan kanan sesuai kebutuhan tim. Hingga pekan ke-23 pada 2023/2024, Forbs sendiri diturunkan sebanyak 30 pertandingan dengan catatan 3 gol dan 4 assist di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City dengan Gaji Terbesar pada 2023/2024

2. Mikki van Sas belum melakoni debut bersama Feyenoord Rotterdam pada 2023/2024

3 Pemain Akademi Manchester City yang Mentas di Eredivisie 2023/2024Mikki van Sas (instagram.com/mikvansas_)

Mikki van Sas merupakan kiper muda yang didapatkan Manchester City dari akademi FC Utrecht pada musim panas 2020. Pemain berkebangsaan Belanda ini tak langsung gabung skuad senior The Citizens. Dirinya terlebih dahulu mengasah kemampuan dengan tampil di berbagai kelompok umur akademi tim asal kota Manchester tersebut. 

Tak sampai mendapat promosi ke skuad senior Manchester City, Mikki van Sas dilepas secara gratis. Ia lantas memutuskan untuk melanjutkan karier bersama Feyenoord Rotterdam pada musim panas 2023. Pesepak bola berusia 20 tahun ini dipagari kontrak sampai 2026 demi bertahan di De Kuip Stadium. Sejauh ini, dia belum bisa menggeser posisi Justin Bijlow dan Timon Wellenreuther sebagai kiper De club aan de Maas. 

Mikki van Sas selalu duduk di bangku cadangan dan belum mendapat kesempatan untuk melakoni debut bersama Feyenoord Rotterdam. Hal tersebut membuatnya lebih sering tampil membela skuad U-21 De club aan de Maas. Ini dilakukan agar ia tetap mendapat pengalaman serta menit bermain.

3. Jayden Braaf minim menit bermain di Fortuna Sittard 2023/2024

3 Pemain Akademi Manchester City yang Mentas di Eredivisie 2023/2024Jayden Braaf (fortunasittard.nl)

Jayden Braaf adalah penyerang sayap yang diboyong secara gratis oleh Manchester City dari akademi PSV Eindhoven pada musim panas 2018. Tak langsung masuk skuad senior, pesepak bola berkebangsaan Belanda ini terlebih dahulu mengasah kemampuan di akademi The Citizens. Dirinya juga sempat dipinjamkan kepada Udinese demi mendapat jam terbang.

Talenta berusia 21 tahun ini dilepas gratis oleh Manchester City kepada Borussia Dortmund pada musim panas 2022. Tidak gabung skuad utama, Jayden Braaf harus tampil membela Borussia Dortmund II. Kariernya ternyata berjalan kurang mulus karena ia kesulitan mendapat kesempatan tampil secara reguler. Bertahan singkat, Die Borussen lantas membuat keputusan untuk meminjamkannya kepada Hellas Verona.

Jayden Braaf lebih sering menghuni bangku cadangan pada awal kedatangannya membela Hellas Verona. Ini membuatnya minim kontribusi terhadap performa tim. Meski begitu, dia dipermanenkan oleh I Gialloblu pada musim panas 2023. Dirinya juga menandatangani kontrak sampai 2026. Selain itu, cedera juga menjadi salah satu faktor penghambat dalam kariernya. Braaf sendiri tercatat baru diturunkan sebanyak enam pertandingan Serie A Italia.

Minim kontribusi, Hellas Verona setuju untuk meminjamkan Jayden Braaf kepada Fortuna Sittard pada musim dingin 2024. Dia akan merumput bersama Fortunezen sampai Juni 2024. Sejauh ini, talenta berusia 21 tahun tersebut mendapat menit bermain yang sedikit karena selalu memulai pertandingan dari bangku cadangan. Hingga pekan ke-23 pada 2023/2024, dirinya ia baru diturunkan dalam tiga laga di Eredivisie.

Ketiga pemain jebolan akademi Manchester City tersebut mentas di Eredivisie 2023/2024. Sejauh ini, hanya Mikki van Sas yang belum melakoni debut bersama timnya. Meski begitu, mereka semua masih berusia muda sehingga berpotensi menjadi penggawa penting pada masa mendatang.

Baca Juga: 8 Hattrick Erling Haaland selama Membela Manchester City

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya