7 Pemain Akademi yang Masuk Skuad Chelsea 2023/2024

Semua masih berusia muda

Chelsea menjadi salah satu tim paling aktif melakukan pembenahan pada musim panas 2023. The Blues tidak ragu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapat pemain incaran. Ini dilakukan agar bisa tampil kompetitif di berbagai ajang pada 2023/2024.

Meski banyak membeli penggawa baru, Chelsea tidak lupa memberi kesempatan bagi pemain akademi untuk mengisi skuad pada 2023/2024. Ada sekitar tujuh pesepak bola mereka yang pernah menimba ilmu di Cobham. Bahkan, beberapa sukses menjadi bagian penting dalam sistem permainan The Blues.

1. Lucas Bergstrom belum pernah debut bersama Chelsea

7 Pemain Akademi yang Masuk Skuad Chelsea 2023/2024Lucas Bergstrom (instagram.com/lucas.bergstrom)

Lucas Bergstrom didatangkan Chelsea dari Turun Palloseura pada musim dingin 2019. Sebelum bergabung dengan skuad utama The Blues, kiper kebangsaan Finlandia ini harus tampil di berbagai kelompok usia terlebih dahulu untuk membuat permainannya lebih matang. Tak hanya itu, dia pernah menjalani masa peminjaman ke Peterborough United demi mendapatkan jam terbang.

Pesepak bola kelahiran Pargas ini akhirnya berhasil mendapat promosi ke skuad utama Chelsea pada musim panas 2023. Lucas Bergstrom juga masih menyisakan kontrak sampai 2024 untuk bertahan di Stamford Bridge. Sejauh ini, dirinya belum mendapat kesempatan untuk debut bersama Chelsea. Kiper 21 tahun ini lebih sering duduk di bangku cadangan.

2. Levi Colwill menjadi instrumen penting di jantung pertahanan Chelsea

7 Pemain Akademi yang Masuk Skuad Chelsea 2023/2024Levi Colwill (instagram.com/levicolwill)

Levi Colwill adalah bek muda potensial yang pernah menempuh pendidikan di akademi milik Chelsea. Kariernya tak langsung mulus. Dirinya harus dipinjamkan ke Huddersfield Town dan Brighton & Hove Albion demi mendapatkan menit bermain. Performanya dinilai berkembang pesat sehingga mendapat promosi ke skuad utama The Blues pada musim panas 2023. Selain itu, dia langsung dipagari kontrak jangka panjang sampai 2029.

Meski masih berusia 20 tahun, Levi Colwill bisa menjadi salah satu instrumen penting di jantung pertahanan Chelsea. Ini membuat Mauricio Pochettino tidak ragu untuk memainkannya sebagai starter di berbagai ajang pada 2023/2024. Selain bek tengah, dirinya bisa diplot sebagai bek kiri. Sejauh ini, dia sudah berkontribusi dalam delapan laga bersama The Blues.

3. Trevoh Chalobah tengah menderita cedera

https://www.youtube.com/embed/ksQbFxF-jfI

Trevoh Chalobah merupakan bek tengah lulusan akademi sepak bola Chelsea. Dirinya sudah tampil di berbagai kelompok umur. Selain itu, dia juga pernah dipinjamkan ke berbagai tim untuk membuat permainannya makin matang. Dia mendapat promosi ke skuad utama tim London Barat ini pada 2021. Saat ini, Chalobah masih menyisakan kontrak sampai 2028.

Pada musim panas 2023, Trevoh Chalobah hampir pergi dari Chelsea dengan status pinjaman ke Bayern Munich. Namun, kedua tim gagal mencapai kesepakatan. Bek tengah ini lantas bertahan untuk membela The Blues. Sejauh ini, dirinya belum tampil bersama tim London Barat tersebut. Ini terjadi karena dia tengah menderita cedera. Meski begitu, pesepak bola kelahiran Freetown ini sudah berkontribusi dalam 63 laga dengan menyumbang 4 gol dan 1 assist di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 4 Pemain AC Milan 2023/2024 yang Diboyong dari Chelsea

4. Ian Maatsen lebih sering dipasang sebagai pemain pengganti

7 Pemain Akademi yang Masuk Skuad Chelsea 2023/2024Ian Maatsen (instagram.com/maatsen_)

Ian Maatsen adalah bek kiri menjanjikan yang sudah menimba ilmu di akademi milik Chelsea. Tak langsung dipanggil ke skuad utama, dirinya harus menjalani masa peminjaman ke beberapa tim untuk menambah jam terbang. Performanya berhasil memikat The Blues sehingga mendapat promosi pada musim panas 2023. Dia juga masih menyisakan kontrak sampai 2024.

Pesepak bola 21 tahun ini sudah mendapat kesempatan untuk membela Chelsea pada 2023/2024. Sejauh ini, Ia Maatsen lebih sering hadir dari bangku cadangan The Blues. Ini membuatnya mendapat menit bermain yang minim. Selain bek kiri, dirinya juga beberapa kali dipasang jadi gelandang kiri. Pemain kelahiran Vlaardingen ini telah mencatatkan tujuh pertandingan di berbagai ajang.

5. Reece James diplot sebagai kapten baru dari Chelsea

7 Pemain Akademi yang Masuk Skuad Chelsea 2023/2024Reece James (instagram.com/reecejames)

Reece James merupakan bek kanan produk asli akademi dari Chelsea. Dirinya telah tampil di berbagai kelompok umur. Pesepak bola 23 tahun ini juga pernah dipinjamkan ke Wigan Athletic untuk membuat performanya lebih berkembang. Benar saja, dia dipromosikan untuk memperkuat skuad utama The Blues pada 2019. Pemain kebangsaan Inggris ini dianggap sebagai aset penting sehingga mendapat perpanjangan kontrak sampai 2028.

Reece James ditunjuk sebagai kapten baru dari Chelsea setelah Cesar Azpilicueta memutuskan untuk pindah pada musim panas 2023. Bek kanan ini baru tampil dalam 1 pertandingan pada 2023/2024. Namun, dirinya mengalami nasib sial karena menderita cedera hamstring sehingga harus absen dalam waktu yang lama. Sejauh ini, James sudah bermain dalam 148 laga dengan menyumbang 11 gol dan 20 assist.

6. Conor Gallagher sering dimainkan jadi starter untuk Chelsea pada 2023/2024

7 Pemain Akademi yang Masuk Skuad Chelsea 2023/2024Conor Gallagher (instagram.com/conorgallagher92)

Conor Gallagher merupakan gelandang tengah lulusan akademi Chelsea. Kariernya berjalan tidak mudah, dirinya harus dipinjamkan ke beberapa tim demi menambah pengalaman dan mendapat menit bermain. Pesepak bola 23 tahun ini akhirnya mendapat kesempatan untuk promosi ke skuad utama pada musim panas 2022. Dia juga setuju menandatangani kontrak sampai 2025 bersama tim asal London Barat tersebut.

Conor Gallagher lebih sering mengemban peran sebagai pelapis untuk Chelsea. Pada 2023/2024, gelandang tengah ini sukses meningkatkan performa sehingga kerap mendapat kepercayaan Mauricio Pochettino untuk tampil secara reguler bersama The Blues. Dirinya bahkan beberapa kali diplot sebagai kapten tim. Sejauh ini, dia telah berkontribusi dalam 53 laga dengan mengukir 3 gol dan 1 assist.

7. Armando Broja harus absen lama karena cedera

7 Pemain Akademi yang Masuk Skuad Chelsea 2023/2024Armando Broja (instagram.com/armando.broja)

Armando Broja adalah penyerang yang sudah tampil di berbagai kelompok usia bersama Chelsea. Pesepak bola kebangsaan Albania sudah menjalani masa peminjaman ke beberapa tim untuk meningkatkan performanya. Benar saja, dirinya bisa tampil cemerlang ketika membela Southampton. Ini membuat The Blues mempromosikannya ke skuad utama pada 2022. Selain itu, Broja juga setuju menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2028.

Sayangnya, Armando Broja kesulitan bersaing dengan pemain lini depan lain sehingga minim menit bermain bersama Chelsea. Selain itu, dirinya juga mengalami cedera yang mengharuskannya absen dalam waktu lama. Pada 2023/2024, penyerang 22 tahun ini baru diturunkan dalam dua laga di berbagai ajang. Sejauh ini, dia sudah bermain dalam total 21 pertandingan dengan menyumbang 1 gol dan 1 assist untuk The Blues.

Ketujuh pemain akademi di atas masuk skuad Chelsea pada 2023/2024. Sebagian dari mereka berhasil mendapat kesempatan reguler dan menjelma jadi bagian penting dalam sistem permainan The Blues. Para pesepak bola tersebut memiliki usia muda sehingga masih berkesempatan untuk mencapai potensi terbaiknya.

Baca Juga: 5 Eks Penyerang Chelsea yang Tampil Moncer pada Awal 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya