4 Pemain Aktif yang Hengkang Permanen dari Chelsea ke Atletico Madrid

Azpilicueta jadi rekrutan baru Atletico Madrid

Cesar Azpilicueta dan Chelsea sepakat untuk menyudahi kontrak lebih awal sehingga ia bisa pergi secara gratis pada musim panas 2023. Setelah dikaitkan dengan beberapa tim, pemain asal Spanyol ini resmi bergabung dengan Atletico Madrid. 

Kepindahan Cesar Azpilicueta ternyata menambah daftar pemain aktif yang pergi dari Chelsea ke Atletico Madrid secara permanen. Termasuk Azpilicueta, setidaknya ada empat orang pesepak bola di daftar ini. Siapa saja mereka?

1. Cesar Azpilicueta

Cesar Azpilicueta didatangkan Chelsea dari Olympique Marseille pada musim panas 2012. Pemain asal Spanyol ini hadir untuk memperkuat sisi kanan pertahanan The Blues. Dirinya sukses bertransformasi menjadi salah satu penggawa penting untuk tim. 

Pemain kelahiran Pamplona, Spanyol, ini memiliki jiwa kepemimpinan. Hal tersebut membuatnya diplot sebagai kapten dari Chelsea dalam beberapa tahun terakhir. Azpilicueta sudah berjasa mempersembahkan berbagai gelar domestik dan Eropa untuk The Blues. Dirinya telah tampil dalam 508 pertandingan dengan mencetak 17 gol dan 56 assist di berbagai ajang.

Setelah kurang lebih 11 tahun bersama The Blues, Azpilicueta menemukan pelabuhan baru bersama Atletico Madrid. Bek berusia 33 tahun ini setuju dengan kontrak selama 1 tahun bersama Los Colchoneros. Kehadirannya tentu ditujukan untuk memperdalam lini pertahanan tim rival Real Madrid tersebut.

Baca Juga: 5 Kiper Potensial Gantikan Edouard Mendy di Chelsea

2. Alvaro Morata

4 Pemain Aktif yang Hengkang Permanen dari Chelsea ke Atletico MadridAlvaro Morata (twitter.com/AlvaroMorata)

Alvaro Morata merupakan penyerang yang bergabung dengan Chelsea setelah dibeli dari Real Madrid pada musim panas 2017. Pemain asal Spanyol ini menjadi rekrutan penting sehingga diikat kontrak selama 5 tahun. Dirinya diproyeksikan untuk menambah produktivitas lini depan The Blues.

Penyerang kelahiran Madrid ini langsung menjadi penyerang utama dari Chelsea. Morata bahkan ikut berkontribusi mempersembahkan gelar domestik dan Europa League untuk Chelsea. Dia telah tampil dalam 72 pertandingan dengan mencetak 24 gol dan 6 assist. Seiring berjalannya waktu, posisinya mulai tergeser sehingga dipinjamkan ke Atletico Madrid pada musim dingin 2019.

Alvaro Morata kemudian dilepas secara permanen ke Atletico Madrid pada musim panas 2020. Dirinya langsung mendapat kontrak jangka panjang hingga 2024. Kariernya ternyata tak berjalan mulus karena dia dipinjamkan lagi ke Juventus selama 2 tahun. Hal tersebut terjadi karena padatnya lini depan Los Colchoneros.

3. Diego Costa

4 Pemain Aktif yang Hengkang Permanen dari Chelsea ke Atletico MadridDiego Costa (uefa.com)

Diego Costa sepakat bergabung Chelsea dari Atletico Madrid pada musim panas 2014. Penyerang kelahiran Lagarto, Brasil, ini menjadi rekrutan penting sehingga langsung disodorkan kontrak jangka panjang selama 5 tahun. Benar saja, Diego Costa mampu jadi tumpuan lini depan Chelsea.

Dirinya sukses mempertontonkan ketajamannya bersama The Blues. Pemain yang kini berusia 34 tahun tersebut telah mengantarkan tim London Barat memenangi berbagai gelar domestik. Dia tampil dalam 120 laga dengan menyumbang 59 gol dan 23 assist. Meski performanya baik, Costa ternyata memiliki hubungan yang kurang akur dengan Antonio Conte yang saat itu masih melatih Chelsea.

Diego Costa kemudian memilih untuk kembali memperkuat Atletico Madrid pada musim dingin 2018. Dirinya masih dipercaya menjadi starter Los Colchoneros. Penyerang veteran ini telah berkontribusi mempersembahkan berbagai gelar bergengsi selama membela tim asal Spanyol tersebut.

4. Filipe Luis

4 Pemain Aktif yang Hengkang Permanen dari Chelsea ke Atletico MadridFilipe Luis (twitter.com/Atleti)

Filipe Luis adalah bek kiri yang didatangkan Chelsea dari Atletico Madrid pada musim panas 2014. Pemain asal Brasil ini mendapatkan kontrak selama 3 tahun bersama The Blues. Kehadirannya untuk memperdalam kekuatan terutama pada lini belakang tim asal London Barat tersebut.

Bek kelahiran Jaragua do Sul, Brasil, ini kesulitan menembus skuad utama Chelsea. Filipe Luis mendapat menit bermain yang sedikit sehingga banyak menghabiskan waktu sebagai cadangan. Meski begitu, dia ikut mengantarkan The Blues meraih beberapa gelar domestik. Dirinya hanya tampil dalam 26 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 1 assist.

Kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Inggris, dirinya lantas dijual lagi ke Atletico Madrid pada musim panas 2015. Bek yang kini sudah berusia 37 tahun tersebut akhirnya menemukan bentuk permainan terbaiknya setelah pulang ke Los Colchoneros. Dia pun ikut menghadirkan berbagai gelar bergengsi untuk tim sekota Real Madrid tersebut. 

Keempat pemain aktif di atas hengkang secara permanen dari Chelsea menuju Atletico Madrid. Cesar Azpilicueta jadi nama terbaru. Pesepak bola asal Spanyol tersebut berpeluang membawa Los Colchoneros lebih kompetitif dan disegani pada musim kompetisi 2023/2024 mendatang.

Baca Juga: 3 Trofi Juara yang Diraih Mason Mount bersama Chelsea

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya