4 Pemain Anyar Olympique Marseille yang Datang pada Musim Dingin 2024

Dua di antaranya berkebangsaan Kamerun

Olympique Marseille menjadi yang aktif mengubah komposisi kekuatan pada musim dingin 2024. Les Phoceens memutuskan melepas sebanyak empat penggawa lama. Salah satunya adalah kunci lini pertahanan, Renan Lodi, yang setuju untuk hengkang setelah menerima tawaran dari Al-Hilal. Ini membuat tim asal Prancis tersebut mendapat gelontoran dana segar.

Kepergian para penggawa lama ini tentu meninggalkan celah di berbagai sektor bagi Olympique Marseille. Tak berdiam diri, tim asuhan Gennaro Gattuso ini lantas aktif berbelanja mencari pengganti dan berhasil mendatangkan sebanyak empat pemain anyar ke Stade Velodrome. Hal tersebut dilakukan agar Les Phoceens bisa tampil lebih diperhitungkan dan kompetitif pada sisa musim 2023/2024. Siapa saja rekrutan baru yang dimaksud? Yuk, intip daftarnya di bawah ini!

1. Quentin Merlin diproyeksikan untuk menggantikan peran Renan Lodi

4 Pemain Anyar Olympique Marseille yang Datang pada Musim Dingin 2024Quentin Merlin (kanan) (om.fr)

Quentin Merlin adalah bek kiri jebolan akademi milik FC Nantes. Talenta asli kota Nantes ini telah merasakan tampil di berbagai kategori umur dan sukses mendapat kesempatan emas untuk promosi ke skuad senior pada 2021. Dirinya sukses bertransformasi sebagai salah satu kunci lini pertahanan sehingga kerap dipercaya menjadi starter. Selain itu, dia juga bisa menjalankan peran jadi gelandang kiri sesuai kebutuhan taktik. Merlin sendiri total mencatatkan kontribusi dalam 81 pertandingan dengan mencetak 3 gol dan 7 assist bersama Les Canaris.

Quentin Merlin ternyata sukses memikat perhatian dari Olympique Marseille sehingga didatangkan pada musim dingin 2024. Pemain 25 tahun tersebut diproyeksikan untuk mengisi posisi yang telah ditinggalkan oleh Renan Lodi. Merlin sendiri telah setuju menandatangani kontrak sampai 2028. Benar saja, dirinya langsung menjadi salah satu figur penting di area pertahanan. Hingga pekan ke-21 pada 2023/2024, bek kiri ini telah dipercaya tampil dalam 3 pertandingan dengan menyumbang 1 assist di semua ajang.

2. Faris Moumbagna tampil tajam saat masih berseragam FK Bodo/Glimt

4 Pemain Anyar Olympique Marseille yang Datang pada Musim Dingin 2024Faris Moumbagna (instagram.com/olympiquedemarseille)

Faris Moumbagna adalah penyerang tengah yang pernah berseragam FK Bodo/Glimt setelah diboyong dari Kristiansund BK. Tak butuh waktu lama adaptasi, pesepak bola kebangsaan Kamerun ini bisa menunjukkan performa tajam di lini depan.Ini membuatnya sering dipercaya untuk tampil sejak menit pertama di berbagai ajang. Selain itu, dia juga ikut mengantarkan Den Gule Horde menjuarai Eliteserien 2023. Moumbagna mencatatkan total kontribusi dengan membuat 24 gol dan 9 assist dalam 50 pertandingan.

Meski tak mentas di liga top Eropa, Faris Moumbagna sukses masuk radar transfer dari Olympique Marseille sehingga didaratkan pada musim dingin 2024. Pesepak bola 23 tahun tersebut disodori kontrak dengan durasi sampai 2028. Kedatangannya berpotensi mempermudah Gennaro Gattuso dalam meracik komposisi di lini depan. Hingga pekan ke-21 pada 2023/2024, penyerang tengah kelahiran Yaounde ini sudah mencetak 1 gol dalam 3 pertandingan di berbagai kompetisi untuk Les Phoceens.

Baca Juga: 4 Pemain Marseille yang Mencetak Gol di Fase Grup Piala Afrika 2023

3. Ulisses Garcia akan bersaing dengan Quentin Merlin sebagai bek kiri utama Olympique Marseille

4 Pemain Anyar Olympique Marseille yang Datang pada Musim Dingin 2024Ulisses Garcia (instagram.com/ulissesgarcia20)

Ulisses Garcia merupakan bek kiri yang pernah merumput bersama BSC Young Boys setelah dibeli dari Werder Bremen pada musim panas 2018. Dia awalnya mendapat menit bermain sedikit dan sering memulai laga sebagai pengganti. Namun, seiring berjalannya waktu, pesepak bola kelahiran Almada ini bisa mendapat kesempatan masuk skuad utama. Dirinya juga telah mempersembahkan berbagai gelar domestik untuk YB. Garcia sendiri total telah menorehkan 12 gol dan 40 assist dalam 195 pertandingan.

Ulisses Garcia lantas memilih pergi dari BSC Young Boys dengan menerima tawaran dari Olympique Marseille pada musim dingin 2024. Dirinya langsung dipagari kontrak hingga 2028. Dia akan bersaing dengan Quentin Merlin demi mengamankan posisi sebagai bek kiri utama Les Phoceens. Sampai pekan ke-21 pada 2023/2024, pesepak bola kebangsaan Swiss tersebut telah dimainkan sebanyak empat pertandingan di semua kompetisi.

4. Jean Onana dipinjam Olympique Marseille dari Besiktas dengan opsi pembelian

4 Pemain Anyar Olympique Marseille yang Datang pada Musim Dingin 2024Jean Onana (kanan) (om.fr)

Jean Onana merupakan gelandang bertahan yang membela Besiktas setelah didapatkan dari RC Lens pada musim panas 2023. Dirinya sudah diikat kontak sampai 2027 bersama tim asal Turki tersebut. Perjalanannya ternyata tak sesuai harapan, talenta 24 tahun ini kesulitan jadi pilihan utama sehingga lebih sering duduk di bangku cadangan. Keadaan makin parah karena ia harus mendapat larangan bermain setelah mengalami ketidak cocokan dengan Kara Kartallar. Onana sendiri tercatat baru tampil dalam 10 pertandingan dengan membuat 1 assist pada paruh 2023/2024.

Besiktas lantas membuat keputusan untuk meminjamkan Jean Onana kepada Olympique Marseille pada musim dingin 2024. Gelandang bertahan kebangsaan Kamerun ini akan berseragam Les Phoceens sampai Juni 2024 dengan opsi pembelian. Meski masih berstatus pinjaman, Onana kerap dipilih masuk skuad utama. Hingga pekan ke-21 pada 2023/2024, dirinya sudah berkontribusi dalam lima laga di semua ajang.

Keempat pemain anyar tersebut didatangkan Olympique Marseille pada musim dingin 2024. Para penggawa di atas juga menjadi rekrutan awal Gennaro Gattuso setelah dipercaya menangani Les Phoceens pada September 2023. Tim asal Prancis tersebut juga masih menjaga asa untuk memenangkan trofi karena berhasil lolos ke babak 16 besar Europa League 2023/2024.

Baca Juga: 4 Pemain Prancis yang Memperkuat Olympique Marseille pada 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya