4 Pemain AZ Alkmaar yang Hengkang ke Serie A pada Musim Panas 2023

Ada yang sama-sama membela Bologna

AZ Alkmaar mengarungi musim yang tidak terlalu mulus pada 2022/2023. Tim berjuluk Kaaskoppen ini harus puas berada di posisi keempat Eredivisie. Meski begitu, mereka berhasil melaju ke babak fase grup setelah sukses mengikuti kualifikasi Conference League 2023/2024.

Tak berpuas diri, AZ Alkmaar melakukan pembenahan pada musim panas 2023. Selain mendatangkan tenaga baru, mereka harus rela ditinggal oleh beberapa pilar penting. Ada sekitar 4 pemain yang setuju untuk hengkang ke Serie A. Siapa saja pesepak bola yang melanjutkan karier di kasta tertinggi sepak bola Italia tersebut? Yuk, baca tulisan di bawah ini!

1. Tijjani Reijnders langsung dipercaya masuk skuad utama AC Milan

https://www.youtube.com/embed/gve4q25E8b8

AC Milan berhasil mendapatkan jasa Tijjani Reijnders dari AZ Alkmaar pada musim panas 2023. Rossoneri harus menebusnya dengan harga sekitar 20 juta euro atau Rp327 miliar. Gelandang tengah ini dianggap sebagai rekrutan penting sehingga diikat kontrak jangka panjang sampai 2028 untuk bertahan di San Siro.

Pesepak bola 25 tahun ini memiliki portofolio mentereng saat membela AZ Alkmaar. Tijjani Reijnders mampu menjadi bagian penting dalam sistem permainan tim berjuluk Kaaskoppen tersebut. Dirinya bisa memberikan keseimbang di lini tengah dan memiliki visi permainan yang hebat. Pemain kelahiran Zwolle ini sudah berkontribusi dalam 128 laga dengan mengukir 13 gol dan 15 assist di berbagai kompetisi.

Performa impresif tersebut membuatnya direkrut AC Milan. Tak butuh adaptasi lama, Tijjani Reijnders mendapat kepercayaan dari Stefano Pioli sehingga bisa menembus skuad utama Rossoneri. Sejauh ini, dia selalu dipasang menjadi starter dan tampil selama 90 menit. Gelandang asal Belanda ini sudah bermain dalam 3 laga dengan menyumbang 1 assist.

2. Jesper Karlsson mendapat kontrak jangka panjang bersama Bologna

4 Pemain AZ Alkmaar yang Hengkang ke Serie A pada Musim Panas 2023Jesper Karlsson (instagram.com/jesperkarlsson13)

Jesper Karlsson merupakan penyerang sayap yang dibeli Bologna dari AZ Alkmaar pada musim panas 2023. Pemain kelahiran Falkenberg ini diboyong dengan harga sebesar 11 juta euro atau Rp180 milliar. Dia telah menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2028 untuk membela I Rossoblu.

Pemain asal Swedia ini mampu menunjukkan performa luar biasa saat membela AZ Alkmaar. Karlsson menjadi faktor penting permainan di lini depan Kaaskoppen. Selain kecepatan, dirinya mempunyai naluri mencetak gol yang luar biasa. Dia sudah berkontribusi dalam 124 pertandingan dengan menyumbang 46 gol dan 33 assist di berbagai kompetisi.

Penampilan impresif tersebut sukses memikat perhatian Bologna. Jesper Karlsson sudah mendapat kesempatan untuk membela I Rossoblu. Sejauh ini, dia sudah bermain dalam 2 laga Serie A 2023/2024. Kehadirannya juga berpotensi menambah variasi serangan bagi tim asal Italia tersebut.

Baca Juga: 5 Fakta Tijjani Reijnders, Gelandang Anyar AC Milan Berdarah Indonesia

3. Sam Beukema menjadi pilihan utama di lini pertahanan Bologna

4 Pemain AZ Alkmaar yang Hengkang ke Serie A pada Musim Panas 2023Sam Beukema (instagram.com/sambeukema)

Selain Jesper Karlsson, Bologna juga memboyong Sam Beukema dari AZ Alkmaar pada musim panas 2023. Bek tengah 24 tahun ini ditebus dengan harga sebesar 9 juta euro atau Rp 147 milliar dengan durasi kontrak hingga 2027. Dirinya diproyeksikan menjadi tembok kokoh pertahanan I Rossoblu.

Sam Beukema mampu mengemban peran penting saat masih berseragam Bologna. Dia kerap dipercaya menjadi starter dan tampil selama 90 menit bersama tim asal Belanda tersebut. Pemain kelahiran Deventer ini mempunyai ketenangan dan sering membuat keputusan yang tepat untuk mengamankan area pertahanan. Selain itu, postur tubuh yang besar membuatnya tidak ragu berduel dengan penyerang tim lawan. Dia telah bermain dalam 81 laga dengan mengukir 6 gol dan 1 assist.

Kedisiplinan menjaga area lini belakang AZ Alkmaar sukses membuatnya masuk radar transfer Bologna. Benar saja, Sam Beukeman langsung menjadi pilihan utama di area pertahanan I Rossoblu. Dirinya sudah dipercaya tampil dalam 4 pertandingan di berbagai kompetisi.

4. Pantelis Hatzidiakos masih belum debut bersama Cagliari

4 Pemain AZ Alkmaar yang Hengkang ke Serie A pada Musim Panas 2023Pantelis Hatzidiakos (cagliaricalcio.com)

Pantelis Hatzidiakos adalah bek tengah yang didatangkan oleh Cagliari dari AZ Alkmaar pada deadline transfer musim panas 2023. Tim berjuluk Isolani ini harus merogoh kocek sebesar 2 juta euro atau Rp33 miliar demi mendapatkan jasa pemain asal Yunani tersebut. Dirinya juga disodori kontrak hingga 2027 untuk bertahan di Sardegna Arena.

Pantelis Hatzidiakos awalnya kesulitan menembus skuad utama sehingga mendapat menit bermain yang minim saat di AZ Alkmaar. Namun, seiring berjalannya waktu, dia sukses mendapat kepercayaan pelatih dan menjadi andalan lini belakang Kaaskoppen. Dirinya telah mencatatkan 213 penampilan dengan mengukir 6 gol dan 9 assist di berbagai ajang. Sejauh ini, bek tengah 26 tahun tersebut masih belum melakukan debut bersama Cagliari.

Keempat pemain AZ Alkmaar ini memilih hengkang dengan melanjutkan karier ke Serie A pada musim panas 2023. Sebagian besar dari mereka telah melakukan debut bersama tim barunya tersebut. Para pesepak bola di atas berpotensi menjadi faktor pembeda dan membawa klubnya lebih diperhitungkan.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal AZ Alkmaar Sepanjang Masa

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya