4 Pemain Chelsea yang Dipinjamkan pada Musim Dingin 2024

Penuh talenta muda

Berbeda dari sebelumnya, Chelsea malah cenderung pasif melakukan perombakan skuad pada musim dingin 2024. Tim asuhan Mauricio Pochettino ini tidak menghabiskan uang untuk mendaratkan tenaga baru ke Stamford Bridge. Meski begitu, The Blues memilih memanggil kembali beberapa penggawa dari masa peminjaman.

Para pemain yang telah bergabung tentu dituntut untuk menunjukkan kinerja terbaik agar bisa mendapat jaminan tampil secara reguler bersama Chelsea 2023/2024. Namun, penggawa yang dirasa tidak masuk rencana harus menjalani masa peminjaman. Hal ini bertujuan agar mendapat lebih banyak menit bermain serta pengalaman.

Pada musim dingin 2024, ada sekitar empat pemain The Blues yang dipinjamkan kepada tim lain. Siapa saja yang dimaksud tersebut? Berikut pemain Chelsea yang dipinjamkan pada musim dingin 2024.

1. Andrey Santos kesulitan menembus skuad utama saat membela Nottingham Forest

4 Pemain Chelsea yang Dipinjamkan pada Musim Dingin 2024Andrey Santos (instagram.com/andreysantos_5)

Andrey Santos adalah wonderkid yang didapatkan Chelsea dari CR Vasco da Gama pada musim dingin 2023. Gelandang bertahan 19 tahun ini dianggap mempunyai potensi luar biasa sehingga dipagari kontrak jangka panjang sampai 2030. Tak langsung gabung dengan The Blues, dirinya dipinjamkan terlebih dahulu untuk mentas bersama tim berjuluk Gigante da Colina tersebut.

Andrey Santos bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2023. Namun, dirinya langsung dipinjamkan lagi untuk memperkuat Nottingham Forest pada 2023/2024. Pesepak bola kebangsaan Brasil tersebut ternyata kesulitan menembus skuad utama sehingga lebih sering menghabiskan waktu di bangku cadangan. Dia tercatat hanya berkontribusi dalam dua pertandingan di semua kompetisi.

Minim kesempatan bersama Nottingham Forest, Chelsea kemudian membuat keputusan memanggilnya kembali pada musim dingin 2024. Tak bergabung skuad The Blues, Andrey Santos harus menjalani masa peminjaman lagi untuk berseragam RC Strasbourg Alsace sampai Juni 2024. Ini menjadi kesempatan penting menunjukkan performa terbaiknya sehingga berdampak positif bagi Les Bleu et Blanc.

2. David Datro Fofana sudah dipercaya melakukan debut bersama Burnley di EPL 2023/2024

4 Pemain Chelsea yang Dipinjamkan pada Musim Dingin 2024David Datro Fofana (twitter.com/DatroDavid)

David Datro Fofana adalah penyerang muda berbakat yang berhasil diboyong Chelsea dari Molde FK pada musim dingin 2023. Pesepak bola kebangsaan Pantai Gading ini disodori kontrak jangka panjang sampai 2029 demi mentas di Stamford Bridge. Dia ternyata kesulitan menjadi pilihan utama karena ketatnya persaingan di lini depan The Blues.

Penyerang 21 tahun ini kemudian dipinjamkan Chelsea kepada Union Berlin pada musim panas 2023. David Datro Fofana cukup sering diturunkan sebagai starter Die Eisernen di berbagai kompetisi. Pemain kelahiran Ouragahio ini mencatatkan penampilan sebanyak 17 pertandingan dengan menorehkan 2 gol dan 1 assist.

Tak sampai setahun membela Union Berlin, Chelsea memilih memanggil David Datro Fofana pada musim dingin 2024. Talenta muda ini ternyata langsung dipinjamkan lagi untuk membela Burnley hingga Juni 2024. Hal tersebut sangat penting agar ia lebih mengenal atmosfer kompetisi tertinggi Liga Inggris. Dia sudah dipercaya melakukan debut bersama The Clarets pada pekan ke-22 English Premier League.

Baca Juga: Leo Castledine, Wonderkid Chelsea yang Siap Gantikan Mason Mount

3. Ian Maatsen langsung menjadi bek kiri utama Borussia Dortmund pada 2023/2024

4 Pemain Chelsea yang Dipinjamkan pada Musim Dingin 2024Ian Maatsen (instagram.com/maatsen_)

Ian Maatsen adalah bek kiri jebolan akademi sepak bola dari Chelsea. Dirinya sudah merasakan tampil di berbagai kelompok umur. Kariernya tak langsung mulus, dia sempat dipinjamkan kepada beberapa tim untuk membuat performanya matang. Pemain asal Belanda ini lalu mendapat kesempatan promosi ke skuad senior The Blues pada musim panas 2023.

Ian Maatsen ternyata kesulitan mendapat kesempatan bersama Chelsea pada 2023/2024. Mauricio Pochettino selaku pelatih sering menjadikannya pelapis sehingga minim kontribusi untuk The Blues. Selain bek kiri, dirinya beberapa kali diplot sebagai penyerang sayap kiri dan gelandang kiri tergantung kebutuhan tim. Maatsen mencatatkan penampilan dalam 16 pertandingan di semua ajang.

Sebelum pergi, pesepak bola kelahiran Vlaardingen ini menandatangani perpanjangan kontrak sampai 2026 bersama Chelsea. Selepas itu, The Blues meminjamkannya kepada Borussia Dortmund pada musim dingin 2024. Ian Maatsen rencananya akan mentas di Signal Iduna Park hingga Juni 2024. Keputusannya tepat, dia langsung diplot jadi bek kiri utama Die Borussen. Sampai pekan ke-19, talenta 21 tahun tersebut sudah diturunkan dalam 3 pertandingan dengan menyumbang 1 assist di Bundesliga Jerman 2023/2024.

4. Armando Broja berpotensi jadi penyerang utama karena Raul Jimenez tengah cedera

4 Pemain Chelsea yang Dipinjamkan pada Musim Dingin 2024Armando Broja (fulhamfc.com)

Armando Broja adalah penyerang tengah yang pernah mengenyam pendidikan di akademi sepak bola Chelsea. Dia juga sudah tampil berbagai kategori umur. Selain itu, pemain kebangsaan Albania ini pernah dipinjamkan kepada Vitesse Arnhem dan Southampton agar performanya makin berkembang. Broja lantas mendapat promosi ke skuad senior The Blues pada 2022. Dirinya saat ini masih menyisakan kontrak sampai 2028 bersama tim London Barat tersebut.

Kariernya bersama Chelsea tidak terlalu mulus karena sempat menderita cedera anterior cruciate ligament (ACL). Hal tersebut membuatnya harus absen dalam waktu panjang. Pada 2023/2024, dia kalah bersaing dengan Nicolas Jackson sebagai ujung tombak utama. Dirinya bahkan sempat diplot untuk mengisi posisi penyerang sayap. Broja sendiri berkontribusi sebanyak 23 pertandingan dengan mengukir 8 gol dan 2 assist di berbagai ajang.

Sulit mendapat posisi utama, Armando Broja sepakat untuk pergi dari Chelsea dengan status pinjaman kepada Fulham pada musim dingin 2024. Pemain kelahiran Slough ini rencananya akan bertahan di Craven Cottage hingga Juni 2024. Dirinya berpotensi jadi pilihan utama karena saat ini Raul Jimenez tengah berkutat dengan cedera hamstring.

Keempat pemain Chelsea tersebut dipinjamkan kepada tim lain pada musim dingin 2024. Mereka menjalani masa peminjaman tanpa opsi pembelian karena berpotensi jadi fondasi kekuatan The Blues pada masa mendatang. Menurutmu, siapakah yang mampu tampil mengesankan pada sisa musim 2023/2024?

Baca Juga: 3 Klub yang Pernah Diperkuat Kai Havertz, Ada Chelsea!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya