4 Pemain Aktif Borussia Dortmund yang Pernah Memperkuat Bayern Munich

Marcel Sabitzer jadi rekrutan baru Borussia Dortmund

Bayern Munich resmi melepas Marcel Sabitzer ke Borussia Dortmund pada musim panas 2023. Meski masih menyisakan kontrak hingga 2024, pemain kelahiran Wels ini sudah tersisih dari skuad The Bavarians. Dirinya ditebus oleh Die Borussen dengan harga 19 juta euro atau sekitar Rp315 miliar.

Kehadiran Marcel Sabitzer ternyata menambah daftar pemain aktif skuad Borussia Dortmund yang pernah membela Bayern Munich. Termasuk gelandang asal Austria ini, ada empat penggawa Die Borussen yang sudah berkarier dengan The Bavarians. Siapa saja pesepak bola yang dimaksud tersebut? Mari baca tulisan di bawah ini, ya!

1. Marcel Sabitzer

https://www.youtube.com/embed/glnV9OSTSkY

Marcel Sabitzer merupakan gelandang tengah yang pernah membela Bayern Munich setelah didatangkan dari RB Leipzig pada musim panas 2021. Pemain asal Austria ini mengikuti Julian Nagelsmann yang saat itu diplot sebagai pelatih The Bavarians. Kehadirannya untuk menambah kedalaman lini tengah tim asal Jerman tersebut.

Marcel Sabitzer ternyata lebih sering berperan sebagai pelapis di lini tengah Bayern Munich. Ini membuatnya mendapat menit bermain yang sedikit. Perlahan posisinya mulai tersisih, pemain 29 tahun ini lantas dipinjamkan ke Manchester United pada musim dingin 2023.

Gelandang tengah ini kembali dari masa peminjamannya dan bergabung dengan skuad Bayern Munich pada musim panas 2023. Sabitzer sudah tampil dalam 54 laga dengan menyumbang 2 gol dan 2 assist. Dirinya ternyata tidak masuk dalam rencana jangka panjang sehingga harus dijual ke Borussia Dortmund. Dia langsung menandatangani kontrak sampai 2027 bersama Die Borussen.

2. Niklas Sule

4 Pemain Aktif Borussia Dortmund yang Pernah Memperkuat Bayern MunichNiklas Sule (twitter.com/FCBayernEN)

Niklas Sule adalah bek tengah yang pernah berkarier dengan Bayern Munich setelah dibeli dari TSG Hoffenheim pada musim panas 2017. Pesepak bola kelahiran Frankfurt am Main ini dianggap sebagai rekrutan penting sehingga mendapat kontrak selama lima tahun. Dirinya diproyeksikan menjadi tembok kokoh pertahanan The Bavarians.

Tak butuh waktu lama, Niklas Sule langsung jadi pilihan utama di lini pertahanan Bayern Munich. Dirinya sukses menjelma sebagai salah satu instrumen penting permainan The Bavarians. Namun, bek tengah ini mengalami cedera sehingga harus absen lama. Ini membuat kontribusinya menjadi kurang maksimal.

Niklas Sule sudah tampil dalam 171 pertandingan dengan mengukir 7 gol dan 5 assist di berbagai ajang. Bayern Munich kemudian memilih untuk melepasnya secara gratis pada musim panas 2022. Tak sampai lama menganggur, dirinya menerima pinangan dari Borussia Dortmund dengan durasi kontrak sampai 2026.

Baca Juga: Cari Pengganti Niklas Süle, 5 Bek Ini Masuk Radar Bayern Munich

3. Mats Hummels

4 Pemain Aktif Borussia Dortmund yang Pernah Memperkuat Bayern MunichMats Hummels (twitter.com/matshummels)

Mats Hummels adalah bek tengah jebolan akademi Bayern Munich. Dirinya mampu menunjukkan performa yang impresif sehingga mendapat promosi ke skuad utama. Hanya bertahan singkat, dia dipinjamkan ke Borussia Dortmund pada musim dingin 2008.

Pemain kelahiran Bergisch Gladbach bisa menunjukkan performa yang menjanjikan sehingga dipermanenkan oleh Borussia Dortmund pada musim panas 2009. Mats Hummels menjelma jadi tembok kokoh pertahanan tim. Ini membuat namanya makin diperhitungkan.

Bayern Munich kemudian mendatangkannya lagi pada musim panas 2016. Dirinya menunjukkan kematangan dalam menjaga pertahanan The Bavarians. Bek 34 tahun ini sudah mempersembahkan berbagai gelar domestik. Dia total sudah tampil dalam 118 laga dengan menyumbang 8 gol dan 9 assist bersama tim asal Jerman tersebut.

Tim berjuluk The Bavarian ini kemudian memilih melepasnya pada musim panas 2019. Pemain veteran ini kembali menerima tawaran dari Borussia Dortmund. Dirinya saat ini masih menyisakan kontrak sampai 2024 bersama Die Borussen.

4. Emre Can

4 Pemain Aktif Borussia Dortmund yang Pernah Memperkuat Bayern MunichEmre Can (twitter.com/FCBayern)

Emre Can merupakan gelandang bertahan yang pernah merasakan menimba ilmu di akademi milik Bayern Munich. Dirinya sudah tampil di berbagai kategori umur bersama The Bavarian. Pemain kelahiran Frankfurt am Main ini bisa menunjukkan performa menawan sehingga dipromosikan ke skuad utama pada 2012.

Emre Can kesulitan menembus skuad utama Bayern Munich yang dipenuhi oleh banyak bintang. Ini makin diperparah karena dirinya harus menderita cedera engkel. Gelandang ini bermain dalam 7 pertandingan dengan mengukir 1 gol di berbagai ajang. Hanya bertahan singkat, pemain 29 tahun ini lantas dilepas permanen ke Bayer Leverkusen pada musim panas 2013.

Keempat penggawa aktif Borussia Dortmund tersebut pernah merasakan berkarier dengan Bayern Munich. Marcel Sabitzer menjadi yang paling baru setelah bergabung pada musim panas 2023. Kehadirannya berpotensi membuat Die Borussen makin kompetitif dan diperhitungkan pada 2023/2024.

Baca Juga: 10 Potret Mats Hummels, Bek Borussia Dortmund yang Menawan Abis

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya